16th Feb, 2008

Penggunaan Parasetamol Dan Lama Memandikan Ayam Terhadap Produksi Telur Ayam Buras

Usaha beternak ayam kampung sudah banyak diminati oleh beberapa kalangan. Hal itu disebabkan nilai atau harga komoditinya yang relatif stabil bila dibandingkan dengan produk unggas jenis lain. Namun ada satu kendala yang dirasakan oleh peternak cukup menghambat dan belum ada jalan keluar daripadanya yaitu bagaimana mengatasi tingkat produktivitas ayam kampung yang masih rendah???

Mulai dari pertumbuhannya yang lambat, Pertambahan Berat Badan (PBB) yang rendah, produksi telur yang juga masih rendah, pemeliharaannya yang masih asal-asalan, di tambah lagi terbuangnya waktu untuk mengeram dan mengasuh anak bagi induk. Oleh karena itu sengaja kami menurunkan artikel ini guna untuk berbagi pengalaman sehingga usaha melestarikan unggas lokal kita yang tercinta ini dapat kita wujudkan.

Telah dilakukan penelitian oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di dusun Jetis Desa Mulyoagung, Kec. Dau, Kab. Malang pada tahun 2003 dengan judul Pengaruh Penggunaan Parasetamol dan Lama Memandikan Ayam Terhadap Temperatul Rektal, Selang Waktu Bertelur dan Produksi Telur Ayam Buras.

Kegunaan yang dapat diperoleh adalah bisa mengatur masa mengeram ayam supaya lebih pendek sehingga akan mempercepat masa kembali bertelur dan meningkatkan produksi telur serta populasi ayam buras.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin sering ayam dimandikan di awal mengeram maka semakin rendah penurunan temperature tubuh, semakin pendek selang waktu bertelur dan semakin tinggi produksi telur per periode bertelur.

Akan tetapi kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan penelitian ini atau yang telah kami teliti di buku-buku lain adalah bahwa lama memandikan ayam dan pemberian parasetamol di awal mengeram memberikan pengaruh nyata terhadap temperatul rektal dan terhadap produksi telur per periode bertelur.

Untuk itu disarankan kepada peternak ayam kampung terutama yang berorientasi menghasilkan telur tetas untuk memperpendek selang waktu bertelur sehingga peningkatan produksi ayam buras dapat dicapai. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan cara memandikan ayam setiap hari sekali selama 6-7 hari di awal mengeram disertai dengan pemberian parasetamol dengan dosis 65 mg/kg berat badan. Akhirnya kami ucapkan kepada anda selamat mencoba dan sukses selalu untuk peternakan anda.*(SPt)

Silahkan mengcopy artikel ini dengan menyebutkan sumber : www.sentralternak.com

Responses

bagaimana parasetamol dapat mengempukkan daging?

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories