18th Feb, 2008

Ternak Kelinci

www.sentralternak.com, Ternak kelinci adalah salah satu komoditas peternakan yang dapat menghasilkan daging berkualitas tinggi dengan kandungan protein hewani yang tinggi pula. Di samping sebagai penunjang pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, ternak kelinci merupakan ternak multi guna. Ternak kelinci dipakai sebagai bahan atau obyek penelitian untuk perkembangan dunia kedokteran dan farmasi. Kelinci juga dipelihara sebagai hewan hias atau kesenangan karena bentuk tubuhnya yang lucu dan juga warna bulu yang beraneka ragam macamnya. Pernahkah terbayang oleh anda bagaimana rasanya melihat kerapan kelici? Kami yakin anda akan terhibur.

Komoditas dari ternak kelinci dapat dijelaskan sebagai berikut :

Produksi Daging
Seekor induk kelinci mampu melahirkan anaknya 5-7 kali dalam setahun dengan rata-rata jumlah anak per kelahiran antara 5-8 ekor (rata-rata 6 ekor). Apabila terdapat 5 ekor induk kelinci yang bunting bersamaan dan dalam setahun melahirkan bersamaan pula, maka akan dihasilkan jumlah daging yang lebih besar daripada rata-rata produksi tahunan dari ternak potong. Nggak percaya ?
Jika seekor kelinci mampu melahirkan 5-7 kali dalam setahun maka akan diperoleh jumlah anak sebanyak 30-42 ekor anak. Sehingga kalau terdapat 5 ekor induk maka jumlah anak yang dihasilkan sebanyak 150-210 ekor. Sedangkan pada ternak potong dalam waktu setahun akan diperoleh anak satu ekor untuk ternak sapi dan 2-3 ekor untuk ternak kambing atau domba.

Produksi dan Hasil Ikutan
Hampir semua produk dari ternak kelinci termasuk hasil ikutannya dapat dimanfaatkan baik secara langsung maupun melalui suatu proses. Hal ini berarti masih terbuka kesempatan kerja bagi perorangan sebagai home industri atau secara besar-besaran. Berikut rincian produk dan hasil ikutannya dari ternak kelinci:
• Karkas : daging yang dihasilkan berkualitas tinggi, sebagai sumber gizi keluarga. Tak heran di tahun-tahun terakhir ini banyak bermunculan hotplate sate kelinci, bakso kelinci, dan lain sebagainya. Tulang kelinci juga dapat dibuat tepung tulang sebagai bahan pakan ternak.
• Kulit dan kaki : kulit kelinci dapat dipakai sebagai bahan pembuatan topi, jaket, hiasan dinding, tas, sepatu, alas, gantungan kunci dan pelapis perabot rumah tangga.
• Kepala : dapat dibuat sebagai bahan pakan hewan seperti anjing, kucing, dan yang sejenisnya. Sedangkan otaknya dapat dipakai sebagai bahan pembuat vaksin bagi perusahaan farmasi
• Kotoran dan urin : sebagai bahan pembuatan gas methane, media untuk pertumbuhan jamur, sebagai bahan pembuat kompos, dan urin kelinci dapat dimanfaatkan sebagai pupuk bunga anggrek.

Tinjauan Ekonomi
1. Jumlah rata-rata anak yang dilahirkan per induk per tahun adalah 36 ekor, kalau diasumsikan mortalitas (jumlah kematian) sebesar 30% maka jumlah yang hidup sebanyak 25 ekor.
2. Dari jumlah yang hidup dilakukan seleksi sebagai ternak pengganti (replacement) sebanyak 5-10% (2 ekor), sehingga jumlah anak yang dapat dijual sebanyak 23 ekor. Anak yang dijual dibagi menjadi dua kategori, yaitu dijual sebagai ternak bibit dan ternak potong. Apabila pada saat dijual berat rata-rata mencapai 2 kg, maka :
- jual bibit = 10 ekor x Rp 40.000 = 400.000,-
- jual potong = 26 kg x Rp 10.000 = 260.000,-
sehingga diperoleh jumlah total dari penjualan sebesar Rp 660.000,-
3. Jumlah konsentrat (campuran polard, ampas tahu, dedak halus) yang dihabiskan untuk induk dan anak l.k 300 kg dengan harga per kg Rp 1.500,- maka jumlah pengeluaran untuk pakan sebesar Rp 450.000,-
4. Sehingga nilai keuntungan yang didapat dari seekor induk kelinci per tahun adalah (Rp 660.000 – Rp 450.000) = Rp 210.000 (belum termasuk penjualan hasil sampingan).
Kalau kita melihat keuntungan yang diperoleh, maka kalau kita memiliki 40 ekor induk saja kita bisa meraup keuntungan Rp 8.400.000,- per tahun dan ini berarti keuntungan per bulan (Rp 8.400.000/ 12 bl = Rp 700.000) yang diperoleh sudah atau setara dengan gaji Upah Minimum Regional (UMR) yang ada. Dan yang perlu menjadi perhatian bagi yang berminat usaha ini, usaha ini bukanlah usaha pokok akan tetapi usaha sampingan karena waktu yang kita keluarkan untuk mengurusnya adalah sangat sedikit.

Oleh karena itu kami menyarankan kepada anda yang memiliki modal berlebih, atau yang bingung mau usaha apa, atau yang ingin memberi pekerjaan kepada saudaranya maka tak ada salahnya mencoba usaha ini. Silahkan Anda menghubungi paguyuban atau kelompok ternak kelinci yang ada di daerah anda, KUD setempat atau bisa melalui kami untuk mendapatkan Bibit atau penjelasan lebih lanjut. Selamat mencoba dan semoga kesuksesan selalu menyertai anda.*(SPt)

Silahkan mengcopy artikel ini dengan menyebutkan sumber : www.sentralternak.com

Sentral ternak juga melayani pesanan kelinci umur 1 bulan, kelinci bibit atau induk, bagi yang berminat silahkan Hubungi : Agus Harianto S.Pt
Phone : (0341) 9127374

Responses

saya memerlukan bibit kelinci jenis rexdan kemana menjual hasil ternaknya

apa breed kelinci pedaging yg bagus+tidak mudah sakit?bagaimana pangsa pasar kelinci pedaging di sekitar wilayah anda?(kediri,blitar, tulungagung, jombang)

pak numpang nanya kalo cari anakan rex dan naggora dmana?harga berapa?kalo indukannya berapa?

saya tertarik dengan usaha ternak kelinci daging/potong.Tempat tinggal saya di Malang, Jawa Timur (dekat Batu). Saya mulai membaca buku tentang pemeliharaan kelinci potong. Sekarang saya ingin membeli bibit kelinci potong. Dimana sebaiknya saya membeli bibit kelinci potong yang baik, di malang atau daerah sekitar (di Jatim atau Jateng)?
Terima Kasih banyak atas jawabannya!

saya tidak merespon materi, namun mencari penyuplai daging kelinci, adakah yang bisa

jadi tertarik nih mau coba ternak kelinci….thanks atas informasinya

Harga bibit kelinci sekarang berapa pak???

saya sudah melakukan usaha ternak kelinci, tapi saya kekurangan biaya untuk meneruskan usaha ternak kelinci. bagaimana caranya mendapatkan investor dalam bidang ini? terimaksih

saya mau tanya harga induk kelinci jenis flam brp? kalau bibit umur 2 bln brp? apakah bpk juga menerima hasil ternaknya?

salam kenal
ane mao ternak, ada lahan kosong seluas kira2 150 m2, di jakarta dimana beli bibit dan berapa harganya , tolong di email ke email ane

saya pengen tanya..
saya pengen sekali memulai usaha ternak kelinci
kecil2an tapi sy kurang mengerti jenis kelinci apa yang bagus.
tlng di beri informasi donk tentang jenis kelinci,harganya sekalian tempat penjualan kelinci unggul
kebetulan saya juga tinggal di Malang
makasih atas infonya

Butuh info nih.. Sebaiknya berapa kali dalam sehari kelinci diberi makan? Kalo malam perlu diberi makan juga nggak? thank’s jawabannya ya..

mikum,,,
saya kepengem ternak kelinci tapi saya bingung dimana saya harus membeli bibit ny. tolong yach….

Butuh info… saya pingin mencoba menjadi penyuplai daging dan kulit kelinci, di mana bisa menjual kulit kelinci dan berapa rata2 harga 1kg daging kelinci

Balasan telah kami kirimkan via email

Butuh info…saya tinggal di Yogyakarta, aku pingin menjadi penyuplai daging dan kulit kelinci, di mana ya pak kalau mau menyetor kulit kelinci dan berapa harga rata2 1kg daging kelinci? dan kalo rekan2 ada yang tahu, mohon informasinya dan kerjasamanya, trims

Kalau ingin memasarkan daging bapak bisa mencari warung penyedia masakan kelinci seperti warung sate, bakso, dan steak kelinci. Harga karkas (kelinci setelah dipotong di buang kepala, kulit, kaki, jeroan + isi perut) Rp 35-40rb/kg, berat hidup Rp 18-20rb/kg. Dan untuk kulit bapak bisa mencari pengepul kulit terutama untuk handricraft (kerajinan tangan) kalau tidak salah harga per lembar Rp 5.000. semoga bermanfaat

Numpang tanya bagaimana mengatasi kelinci yang sakit kembung dan apa penyebanya, haturnuhun

Pak saya ternak kelinci jenis rex didaerah blitar kemana saya bisa menjual indukan & anakannya? u/ infonya bisa dihub nmr 085735066656

Pak saya mau menawarkan urine kelinci curah, stock banyak, harga 2000/lt, kemasan 35 lt, lokasi di Cianjur-Jawa Barat. Bisa hubungi kami di No 081802145041

Pak Mau nanya alamatnya di mana? terima kasih. saya baru mw usaha..di Karangploso jl Jengglong.

Balasan informasi telah kami kirimkan via email. trims

Saya mencari kelinci flemish giant dan english spot dengan berat minimal 6 kg. Terima kasih. (joGiant rabbit : 085643733325)

Ternak kelinci PEDAGING jenis FLAMS di BOYOLALI JATENG, yg berminat hub : 085725024005

Mau tanya pak, tanda-tanda kelinci hamil yang mudah?

Maaf mau meluruskan istilah dulu, lebih baik menggunakan istilah bunting daripada hamil. Berikut di antara tanda-tanda kelinci yang bunting :
1. Agak sedikit galak
2. Bila didekatkan dengan kelinci jantan biasanya tidak mau kawin kecuali kalau induk mempunyai sifat birahi diam (silent heat).
3. Bila diraba pada bagian perut (tanduk uterus) akan terasa ada benjolan-benjolan kecil sebesar kelereng dengan posisi berderet tergantung jumlah bakal embrio yang dikandung induk. Semoga bermanfaat

Askum pak agus, saya memiliki usaha kelinci, apa ada kemungkinan bisa bekerja sama, karena saat ini saya kesulitan memasarkan, khususnya kelinci pedaging. sekian terima kasih.

Silahkan mengunjungi kolom BURSA TERNAK dan juga Jejaring Peternak Kelinci di Beberapa Kota Besar. Semoga bermanfaat

Pak mau tanya lagi, coz saya baru menjalankan bisnis ini. Tanda2 kalau kawin kelinci tersebut berhasil. trima kasih. artikel nya bagus n jawabnya sangat memuaskan.

Di antara tanda-tanda perkawinan kelinci yang berhasil antara lain : setelah kawin pejantan akan terpelanting sambil mengeluarkan suara, dan si betina kalau didekatkan kembali ke pejantan akan menolak pejantan tersebut. trims

HARLANZ KELINCI BOYOLALI ternak kelinci pedaging jenis flam, hub : 085725024005

jika ada yang mw jual daging kelinci ke saya aza bisa lewat email atau telp ke 081387543299/021-92192642
bang_fikar@yahoo.co.id

mas saya tertarik dengan kelinci jenis Flams umur 8 bulanan,harga & ongkos kirim nyampe Bandung sepasang,kirimnya lewat pesawat brp & pake kereta brp….?? terimakasih

Apa ada yg tau informasi kalau mau jual karkas di daerah malang,trims

Mohon dijelaskan mengenai spsifikasi kandang untuk kelinci potong dan kelinci hias…. saya tinggal di temanggung. kira-kira kelinci jenis aoa yang cocok untuk daerah saya…mohon dibalas ke email saya…
terma kasih.

Hampir semua kelinci cocok diternakkan di mana saja, yang penting kandang yang kita sediakan nyaman. Untuk ukuran kandang kelinci sangat fleksibel, patokannya adalah panjang dari ujung kaki depan sampai ujung kaki belakang ketika kelinci tidur. bisa pakai ukuran 90×60x60cm. trims

Bagi teman2 diwilayah SOLO dan sekitarnya yg membutuhkan kelinci pedaging jenis flam, hub kami di 085725024005. Dan kunjungi blog kami http://sotrex27kelincirex.blogspot.com

Salam rabbit, untuk teman-teman di kawasan Kediri dan sekitarnya yang saat ini membutuhkan bibit atau anakan kelinci jenis lokal, troli, troli unggul, rex dan giant bisa menghubungi saya di 0856 4662 8929 atau 0354 7076033 bisa juga lewat email di boomsatriyo@yahoo.com. harga sangat murah dari 10rb sampai 100rb untuk giant dari indukan super diatas 6kg.

pak apakah kelinci dapat diberi pakan berupa silase (karena rumput sudah susah dicari) terus bagaimana cara membuatnya? Dan apakah diberi pakan silase akan mempengaruhi usia kelinci?
selain silase adakah pakan arternatif yang murah? Oh ya bagaimana pembuatan pelet dari hijauan? Terimakasih

untuk yg butuh bibit flam-NZ bisa datang ke “Peternakan Kelinci Klinter Kertosono” gg margo rukun kinter- kertosono-nganjuk-jawa timur.

d mana saya bisa mendapatkan bibit kelinci yg ukuran besar di sekitaran wilayah singosari, berapa harganya?

Di mana sy bs mbeli bi2t kelnci hias dan ke mana jualnya.Sy diam di majalengka jabar.Mhn infonya,trims

klo ngirim indukan kelinci k sampit kalteng bisa engga? trus brapa harga indukan dg pejantannya?

sy baru akan memulai usaha kecil dengan bahan baku kelinci,insa alloh tiga bulan lg akan berjalan.. adakah yang bisa mensuplai bahan bakunya? sy tinggal di jakarta (pasar minggu)

slamat malam…
Bisa info in ke saya pengepul urin kelinci dan kelinci pedaging di lampung. saya dan teman-teman di pesawaran lampung ada stoknya. tolong info ke saya di 085768188760 E-mail : oong_otnielariwibowo@yahoo.com.
terima kasih.

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories