15th Mar, 2008

Mari Beternak Kelinci

kelinci.jpgSelamat datang di sentralternak.com, kali ini kami akan menurunkan artikel tentang bagaimana cara beternak kelinci untuk tujuan komersial atau bisnis. Karena selama ini yang ada adalah ternak kelinci dipelihara sebagai ternak hias atau kesenangan sehingga pemeliharaannya ala kadarnya. Kita tidak tahu di balik ternak tersebut terdapat potensi yang kalau kita bisa memanfaatkannya kami yakin segi positiflah yang akan kita dapat.

Mengapa memilih beternak kelinci? pertanyaan yang wajar bagi orang yang belum mengenal lika-liku bisnis beternak kelinci. Oleh karena itu kami akan berbagi pengalaman tentang beternak kelinci dengan orientasi bisnis. Kami sendiri pernah menjalin kerjasama dengan penduduk untuk beternak kelinci. kami selaku penanam modal (investor) dan tenaga ahli. Ya, itung-itung untuk mengaplikasikan ilmu yang kami dapatkan di bangku kuliah fakultas peternakan. Maka dari itu kami bisa memberikan beberapa alasan agar anda tidak ragu lagi untuk mencoba usaha ini dan semakin mantap bagi yang telah menekuni bidang ini. Di antara alasan mengapa memilih beternak kelinci adalah sebagai berikut :
1. Pemeliharaan dan perawatannya mudah
2. Tidak membutuhkan lahan yang luas
3. Biaya produksi relatif murah sehingga tidak membutuhkan modal besar
4. Ternak penghasil daging berkualitas dengan kadar lemak rendah
5. Ketersediaan pakan yang melimpah, karena mampu memanfaatkan pakan dari sisa dapur dan hasil sampingan produk pertanian
6. Termasuk ternak yang prolific, yaitu ternak yang mampu beranak banyak per kelahiran
7. Hasil sampingannya pun masih bisa dimanfaatkan

Berikut beberapa hal yang harus mendapat perhatian sebelum anda memulai beternak kelinci :

Pemilihan lokasi
Pemilihan lokasi ternak kelinci banyak dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya :
• Lokasi sebaiknya dekat dengan sumber pakan (areal tanaman sayur, pasar sayur, atau pasar–pasar secara umum)
• Lokasi dekat dengan daerah pemasaran. Namun hal ini tidak berlaku bagi peternak yang sudah punya komunitas atau paguyuban
• Temperatur atau suhu ideal antara 15-25C
• Sebisa mungkin diusahakan lokasi kandang dekat dengan aliran sungai dan jauh dari permukiman penduduk
• Lokasi aman dari binatang buas atau pencuri

Memilih bibit
Kriteria berikut bisa dijadikan pedoman untuk memilih bibit kelinci :
• Induk diketahui tetuanya atau dengan kata lain calon induk mempunyai catatan produksi (jumlah anak perkelahiran, daya tumbuh, dll) dan catatan reproduksi (servis per conception, fertilitas, keadaan alat reproduksi dll)
• Induk mempunyai putting susu lebih dari 8 buah
• Tingkah laku tidak nervous dan mempunyai cukup bulu untuk membuat sarang
• Kondisi fisik yang normal seperti badan sehat, mata bersinar, bulu yang bersih dan tidak kusut, telinga tegak tidak pepleh, dan lain sebagainya

Pakan
Banyak jenis tanaman dan sayuran yang bisa diberikan kepada kelinci. Ynag penting adalah makanan tersebut mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci yang harapannya adalah ternak tersebut mampu tumbuh dan berkembang dengan baik dan menampilkan catatan produksi yang baik sehingga memberi keuntungan pada kita. Di antara komposisi ransum ternak kelinci yang bisa dipakai acuan adalah pakan terdiri dari konsentrat 50 gram untuk kelinci pertumbuhan dan penggemukan, 70 gram untuk induk bunting, 150-200 gram untuk induk menyusui, sedang rumput diberikan secara ad libitum (tak terbatas).

Reproduksi
Aspek reproduksi memegang peranan penting dalam rangka pertambahan jumlah populasi. Ternak kelinci termasuk dalah satu jenis ternak prolific artinya mampu beranak banyak per kelahiran. Ada beberapa kiat agar ternak kelinci mempunyai catatan reproduksi yang baik :
• Umur pertama kali dikawinkan berkisar antara 5-6 bulan
• Memilih waktu kawin pagi hari atau sore hari
• Imbangan sex ratio adalah 1:10, artinya seekor pejantan melayani 10 ekor induk
• Perkawinan kembali setelah beranak. Apabila yang diharapkan dari ternak kelinci adalah bakalan maka induk bisa dikawinkan 7-10 hari setelah beranak. Tapi apabila yang diinginkan nnatinya adalah sebagai ternak pengganti (stock replacement) maka sebaiknya induk dikawinkan kembali 40-45 hari setelah beranak atau setelah anak-anak lepas sapih

Kandang
Berfungsi untuk melindungi kelinci dari pengaruh luar seperti cuaca buruk, binatang buas dan pencuri. Ternak kelinci bisa dipelihara secara koloni dan individual. Namun menurut pengalaman dan pengamatan bahwa kelinci-kelinci yang dikandangkan akan lebih mudah pengawasan, dan penanganannya. Memang tidak ada standar baku dalam membuat kandang kelinci. Intinya adalah kelinci tersebut merasa nyaman tinggal didalamnya sehingga akan menampilkan produksi terbaiknya. Tapi perlu diingat pula tentang biaya pembuatannya, jangan sampai modal nanti habis hanya untuk membuat kandang. Tetapi tidak salah kalau anda mencoba ukuran yang sering digunakan orang yaitu dengan ukuran PxLxT = 90×60x60 cm. apabila dalam sarang tersebut akan diletakkan sarang maka ukuran sarang berkisar PxLxT = 40×30x30cm.

Apabila ada yang kurang jelas tentang cara beternak hewan ini silahkan layangkan pertanyaan kepada kami di sentralternak@yahoo.com

Silahkan mengcopy artikel ini dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com

Responses

Bos mo nanya ni, gimana si caranya tuk kita ngawinkan kelinci itu? Apakah harus di satukan satu kandang terus-menerus/dipisah dahulu baru disatukan lagi. Makasih ya bos atas pertanyaan ini, harap maklum wassalam

Saya beternak/memelihara kelici hias berawal dari hobby sih. Yang saya mau tanyakan, di mana ya distributor pelet untuk kelinci. Karena kalau hanya hoby sih gak masalah dengan pakan yg relatif mahal tapi kalau kelinci sudah ada yg dijual rata2 pembeli keberatan dgn harga pakannya dan dr segi produksi harga pakan membuat harga kelinci melambung.

terima kasih

Artikelnya bagus ..tapi kurang pembahasan yg detail dan rinci
terima kasih

Bos yang bagusnya gimana ni? pejantan-betina digabung terus dalam satu kandang terus, apa dipisah sementara waktu.

tambah lagi donk informasi ke saya tentang penyakit dan obat kelinci

Judul dan Isi dari artikel ini sangat memotivasi pembaca untuk segera beternak kelinci dengan harapan bisa memperoleh penghasilan yang lumayan. Bagi pemula yang berminat dengan bisnis ternak kelinci ini, agar berhasil atau paling tidak tidak rugi terlalu besar, saya ada beberapa saran sebagai berikut :
1. Perhatikan benar petunjuk dan arahan para trainer dan penulis di website sentralternak ini
2. Bicara bisnis, dasarnya adalah ketersediaan pasar yang nyata. Bila anda tidak mampu masuk ke pasar kelinci ini ataupun tidak mendapat jaminan tertulis atas pasar kelinci ini, jangan pernah memelihara kelinci dengan tujuan bisnis.
3. Sekedar berbagi pengalaman, banyak tulisan tentang beternak kelinci seakan dapat memberikan penghasilan yang sangat menjanjikan, namun dalam prakteknya tidak sesederhana tulisan tersebut.
4. Cara terbaik adalah dengan melakukan survey lapangan untuk melihat kondisi NYATA dunia bisnis peternakan kelinci itu sendiri

Tulisan ini ditujukan kepada para pemula ternak kelinci yang berniat untuk bisnis agar lebih berhati-hati dalam membuat keputusan investasinya. Memang ada “potensi” besar dalam bisnis kelinci ini, namun perlu diingat, arti “potensi” bukanlah “pasar yang siap saji”

Demikian mudah-mudahan bermanfaat

Ary Andromeda
aryandromeda@yahoo.com
http://www.aryandromeda.com
0818 868 727

salam kenal cemuaa.. mw tanya mas khususnya bwt kelinci.. perkawinan sedarah itu bagus ga’ ci, kelebihan dan kekuranganya ap??? truz untuk mengatasi panting dikasih apa?? tolong dijelaskan yaa..thakz..

Maaf bos, gimana cara pemasarannya dan harus ke mana? posisi sy ada di Bandung tepatnya di Kab. Bandung. Kali aja ada yang bisa bantu. makasih sebelumnya

Saya pemula, bagaimana mengenali jenis kelamin kelinci yang masih kecil, terima kasih

Saya mempunyai beberapa anak kelinci, tapi sampai sekarang banyak yg mati. Mohon bantuan menjelaskan cara mengurus anak kelinci yang baik dan bisa menghasilkan

terima kasih

Saya memiliki lahan lebih kurang 4 ha milik sendiri, yang saya perkirakan cocok untuk usaha ternak kelinci di Kabupaten lampung Utara, bagaimana kalau saya mengajak investor untuk kerjasama dalam mengusakan ternak kelinci tsb, bagaimana caranya?

untuk investor yg berminat serius, dpt menghubungi saya di E-mail :salim_dulu@yahoo.com HP. 081379530867

Udah bagus kq artikelx… Tp analisis usahax kyax juga perlu ditambah tuch :)

Bisa minta tolong dijelaskan macam2 atau jenis dari kelinci?
Jenis kelinci apa yang cocok untuk dijadikan peliharaan / Jual ?

Terimakasih…

Mohon impormasinya saya punya kelinci kira 45 ekor induk, masalahnya ialah setiap anak berumur 1,2 bln pasti kena penyakit kembung dan mencret, sampai saat ini saya belum menemukan obat tersebut, kalu ada yg tau mohon imformasinya dgn obat tsb, harus di mana saya beli obat kembung dan mencret??? makasih atas imformasinya.

Gmana ya!
Masih kurang detail, c0z g da itung2anya untung, dari pembelian (bibit), pakan, bikin kandang, dan penjulan dalam beternak klinci. Apalagi waktu yg dibtuhkan untuk panen, dan pemasarannya kemana belum di jelaskan. trims

Saya mempunyai peternakan kelinci di Tegal Jawa Teng, bertanya:
1. Pakan kelinci yg baik hrs mempunyai kandungan serat, protein, karbohidrat dan mineral berapa persen?
2. Apakah ada teknologi tepat guna yg sederhana untuk membuat pelet kelinci?
3. Bagaimana cara membuat pelet kelinci yg baik dan tepat?
Mohon jawaban dapat diemail ke: yudhistira2007@yahoo.co.id
terima kasih

BOS, inyong mau piara kelinci modale banyak ga???? kira dengan modal yang seimprit bisa ga ngasilin yang buuuanyak? trims

Besarnya modal tergantung dari jumlah ternak yang akan dipelihara. Seekor kelinci induk jenis Australia sekarang berkisar antara 125rb-175rb, rex antara 250rb-400rb, lokal antara 75rb-100rb, flam antara 300rb-450rb. Insyaallah kalau kita tekun dan selalu ingin maju, modal yang saimprit akan menghasilkan keuntungan yang banyak. Bapak bisa bayangkan satu ekor kelinci mampu menghasilkan anak sekitar 4-8 ekor perkelahiran yang hanya butuh waktu l.k 2 bulan. Kalau induk tersebut tetap subur dan produktif maka seekor kelinci akan mampu menghasilkan anak antara 25-50 ekor per tahun belum ditambahkan jumlah anak induk yang sudah beranak. Bukankah akan terbukti modal saimprit dapat untung yang bbuuaannyyaakk???

Pak mo tanya tanaman apa sih yang punya protein tinggi untuk kelinci sebagai pengganti pelet.

Tanaman yang bisa di berikan kepada kelinci antara lain kangkung, daun kol (brongkol putih), selada air, daun wortel. Tapi perlu dihindari pemberian sayuran yang masih segar karena dikhawatirkan kandungan air dan pestisidanya masih tinggi. Perlu pelayuan barang 1 hari baru bisa diberikan kepada ternak. Semoga bermanfaat

Pak mo tanya. untuk 1 kandang bisa ditaruh berapa kelinci?
jantannya berapa trus betinanya berapa?
Trus interval beranaknya setiap berapa bulan sekali?
kelincinya bisa dijual pas umur brapa?
makasih. mohon jawabannya.

Satu kandang bisa diisi satu ekor saja kalau sistem battery. Satu ekor pejantan bisa melayani 10-15 ekor betina. Cara mengawinkannya : kelinci betina dimasukkan ke dalam kandang pejantan. Dalam sehari seekor pejantan hanya boleh melayani maksimal 2 betina untuk di kawini. Interval beranak kelinci bisa 2-3 bulan (30 hari bunting, 30 hari mengasuh anak). Kelinci bisa dijual pada saat lepas sapih sekitar umur 1 bulan. semoga bermanfaat

Salam kelinci wat semua. Saya minta cara bikin pellet kelincinya juga dong. Saya Sam di kawasan timur Cilacap. Udah puluhan ekor yang mati neeh gara2 mencret salah ngasi makan. Mohon pencerahanya trims…

Trims pak Sam atas kunjungannya. Mencret atau kembung disebabkan oleh pemberian pakan yang kurang benar seperti pakan masih basah atau pakan sudah mulai membusuk. Akan tetapi solusi untuk itu bukanlah dengan membuat pellet karena untuk membuat pellet butuh biaya besar dan kami yakin akan mempertinggi biaya produksi. Untuk pakan konsentrat bapak bisa memberinya dengan pollard (kulit gandum) yang direndam dengan air panas. Untuk pemeliharaan sewaktu kecil sebelum lepas sapih, usahakan untuk memperhatikan kualitas pakan induk. semoga bermanfaat

Saya punya kelinci umur 1-2 bulanan sekitar 20 ekor, jualnya ke mana yah? Berapa harganya? Alamat gedebage, Bandung.

Tempat rekreasi, warung sate, pasar burung atau pasar minggu (pagi) bisa sebagai alternatif untuk menjual anakan kelinci. Atau kepada pengunjung yang berlokasi di sekitar Bandung dan membutuhkan anakan kelinci bisa menghubungi Bapak Lucky di alamat email : dlfirmansyah@yahoo.com

Om, nanya dong cara membesarkan bayi kelinci tuh gimana?
jawab om yach.!!!!!!!!

Untuk membesarkan kelinci (kami anggap dari mulai lahir karena tidak ada keterangan dari Bapak), biasanya masih dipelihara bersama induknya sampai umur sapih l.k satu bulan. Kemudian ketika anak kelinci sudah bisa makan sendiri (hijauan dan konsentrat) bisa dipisah dari induknya untuk dipelihara di kandang terpisah. Untuk makanan tambahan, Bapak bisa memberikannya polard (kulit gandum) yang bisa dibeli di toko pakan ternak. Jangan memberikan makanan yang masih segar/basah karena bisa mengakibatkan kembung perut. semoga bermanfaat

Mas gimana cara ngatasin penyakit kulitnya? trims

Bapak bisa menyuntiknya secara sub cutan dengan obat kulit seperti ivomex atau lainnya. trims

Mas, saya mulai dengan sepasang kelinci.
Bagaimana jika kelinci hanya diberi pakan hijauan seperti daun singkong, petai cina, dan daun pepaya? Apa kebutuhan nutrisi mencukupi?

Perlu diketahui bersama bahwa pakan untuk ternak kelinci dapat dibedakan menjadi dua yaitu pakan untuk produksi dan pakan untuk hidup pokok. Mungkin kalau untuk tujuan hidup pokok, pemberian hijauan saja sudah cukup akan tetapi untuk tujuan produksi perlu penambahan pakan penguat seperti konsentrat. Hijauan yang Bapak sebutkan di atas menurut kami jarang di gunakan oleh peternak kelinci lainnya karena masih ada kandungan racun di dalamnya. Hijauan yang biasa diberikan antara lain : rumput lapangan, daun wortel, daun brongkol, kangkung, selada air, dll. semoga bermanfaat

Maaf bos mau nanya nich …..
Kalau mo mulai ternak kelinci di mana ya yang banyak bibit (kelinci) tapi untuk pedaging.
trim ya infonya

Coba Bapak tanya ke Dinas peternakan, siapa tahu punya data peternak kelinci wilayah setempat. Atau biasanya ada penjual kelinci di pasar burung, pameran-pameran/expo, taman rekreasi. Atau kepada pengunjung yang punya produk tersebut bisa menawarkan produknya kepada bapak Turino di alamat E-mail : rino_st_hnf@yahoo.com

Boz inyong nyari kelinci dalam jumlah min 20 ekor/minggu untuk dipotong, berapa harga/kg ?

Kesempatan bagi pengunjung sekalian yang punya produk tersebut untuk menghubungi bapak Parminto di E-mail : thole_junior22@plasa.com. Kalau di Malang bisa tembus harga Rp 18.000-21.000/kg. trims

Trims mas atas infony,
sy seorang mhasiswa mau mulai bternak kelinci,
kira2 brapa indukan yg saya butuhkan untuk mulai jalan dngn target komersil.
Apa tdk ada pkan alternatif untuk penguat sbagai pngganti konsentrat,
trims

ass. bos
tujuan menekan biaya pakan, sekitar rumah banyak tanaman hijau dan buah2an, mana yang memungkinkan baik buat pakan : daun singkong, rumput, daun pisang, daun pepaya, pisang, pepaya muda, pepaya tua. konsentrat (daun gandum) sulit di dapat, penggantinya apa? txs

Hijauan yang biasa diberikan pada kelinci antara lain rumput, kangkung, selada air, daun kol, dan daun wortel. Untuk hijauan seperti daun singkong dan daun pepaya masih mengandung racun di dalamnya dan belum pernah kami mencoba memberikannya pada kelinci. Kalau susah untuk mendapatkan konsentrat, mungkin campuran dedak dengan nasi kering (karak, aking) bisa diberikan. semoga bermanfaat

Saya mau nanya bagaimana caranya mengurus anak kelinci yang masih rawan (kematian = admin)?

Sifat induk yang baik dan erat hubungannya dengan daya hidup anak (viabilitas) di antaranya adalah merontokkan bulu ketika mau beranak dan jumlah produksi susu induk. Merontokkan bulu ketika mau beranak manfaatnya adalah untuk melindungi anak-anaknya dari udara dingin. Jumlah produksi susu induk sangat dipengaruhi oleh faktor makanan. Nah sekarang kita tahu akar permasalahan, kalau kelinci tersebut rawan kematian pada saat sebelum di sapih maka perlu kita perhatikan dua faktor di atas (sifat merontokkan bulu dan jumlah produksi induk). Tapi kalau anak-anak kelinci tersebut banyak yang mati setelah umur sapih maka kemungkinan yang terbesar adalah penyakit seperti kembung yang disebabkan oleh anak kelinci mengkonsumsi pakan yang masih banyak mengandung air baik karena embun atau hujan. semoga bermanfaat

salam sejahtera untuk kita semua…
setelah membaca artikelnya..menjadi semakin semangat untuk berusaha mengembangkan budidaya kelinci, setelah membaca bagaimana mengidentifikasi bibit yang baik..hal ini saya mau minta informasi (1) apakah bibit yang ada merupakan bibit inpor atau bukan?(2)harganya berapa dan tempat bibitnya dimana? saya diwilayah kebumen jateng. trims

Ass.
Mas, gimana cara membedakan jenis kelamin kelinci, soalnya saya melihat alat kelamin yang betina sangat mirip dengan yang jantan, cuma ketika ditekan maaf (penis) nya tidak keluar, apakah ada ciri fisik yang mencolok mengenai perbedaan kelinci jantan dan betina? Saya sudah berulang kali mencoba mengawinkan kelinci saya, tapi yang betina tidak mau nungging (maaf), jadi sperma jantan tidak masuk ke vagina, kenapa betina saya yang berumur 5 bulan belum juga estrus/birahi, apa ada ransum atau hijauan perangsang birahi u/ ternak?
Trims, maaf mas kalau pertanyaan saya terlalu banyak, maklum saya masih newbie. Trims

1) jenis kelamin kelinci dapat dilihat dari ada tidak nya testis, terletak di dekat anus, berjumlah dua buah dan menggelantung. Ukurannya bertambah besar seiring dengan bertambahnya umur
2) Kelinci setelah kawin biasanya akan diam sejenak, hal itu sudah cukup untuk menahan sperma supaya tidak keluar lagi.
3) Kelinci yang belum juga menandakan oestrus pada umur 5 bulan sangat wajar, dilihat dulu kelinci jenis apa?
4) Mohon maaf, kami belum mengetahui jenis hijauan perangsang oestrus (birahi).
trims dan semoga bermanfaat

Adakah peternak kelinci asal lampung?
Boleh lah kita smua sharing n kopdar..

thank for information

Mau tanya gimana caranya menangani kelinci yang sakit bubul di kaki dan telinganya?>

Bapak bisa melakukan pengerokan bubul yang ada pada telinga atau kaki, kemudian olesi dengan campuran 1 sendok teh minyak sayur dan 3 tetes yodium. Lakukan pengolesan minimal 2 hari sekali. semoga bermanfaat*(SPt)

bang klau mau jual kelinci d mana??
di sini stok bnyak

salam kenal,
terimaksih artikelnya. Saya jadi berminat untuk mencobanya..ya sambil buat hiburan. Tapi di mana saya bisa mendapatkan bibit yg bagus?harga berkisar berapa? thans infonya,
wass

pemberian konsentrat (pellet) bagusnya tiap hari atau gmn?
mengawinkan kelinci berapa lama? kita tahunya hamil dari mana?
ngasih makan bagusnya sehari brp kali? tiap ekornya kadarnya seberapa?
klo bikin sarang dalam kandang seperti apa (bahan)?
apakah betul kata temen saya kelinci tidak pipis n boker sembarang tmpt, hanya tempat tertentu? trus klo sarang dalm kandang apa juga di pipis/bokerin?
makasih byk sebelumnya..

Mau nanya pemberian pakan kulit jagung (klobot) untuk kelinci direkomendasikan apa tidak untuk tumbuh kembang kelinci. masalahnya aku liat di pasar ternak surabaya makanannya cuman kulit jagung

Pemberian kulit jagung hendaknya sedikit saja jumlahnya karena kandungan serat kasar yang tinggi karena kelinci bukan termasuk ternak ruminansia atau ternak monogastrik (berlambung satu), jadi lebih baik pemberian pakannya seimbang antara hijauan dan pakan penguat seperti konsentrat dll. trims dan semoga bermanfaat.

BAGI YANG MEMBUTUHKAN ANAKAN KELINCI JENIS REX dan FLAM, saya ternak kelinci di BOYOLALi. hub : 085725024005 atau email : harlanzz@yahoo.com

Saya mempunyai sepasang kelinci rex, setiap yang jantan mendekati betina, si betinanya pasti selalu mengerang/mendengkur….ada apa ya pak kalau begitu? mohon atas informasinya!
terima kasih.

Kejadian tersebut bisa terjadi karena dua hal, yaitu kelinci betina sedang bunting atau si betina tidak suka terhadap pejantan tersebut. Silahkan coba dengan pemeliharaan kandang terpisah, dan kalau mau mengawinkan masukkan kelinci betina ke dalam kandang kelinci jantan. trims dan semoga bermanfaat

salam,
1. Kenapa ya tiba2 telinga kelinci saya jenis rex yang satu turun ke bawah dan telinga satunya tetap berdiri tegak, umur +- 2-3 bln, apa bisa pulih kembali.
2. Beternak di daerah Surabaya bisa gak ya. mohon informasinya. thks

1. Telinga yang tidak simetris pada kelinci biasanya menunjukkan gejala tidak sehat pada kelinci tersebut, dan keadaan seperti itu insyaallah bisa pulih kembali setelah kelinci tersebut sehat kembali.
2. Beternak di Surabaya bisa isyaallah asalkan kita berusaha menciptakan kondisi lingkungan yang sesuai dengan tingkah laku kelinci seperti masalah pakan dan perkandangannya.
Trims dan semoga bermanfaat.

Ada saran kenapa kelinci betina saya sering keguguran?? sudah sering bunting tapi selalu nggak jadi. please ditunggu advisnyal!

Keguguran biasanya disebabkan oleh perkawinan ulang atau juga karena faktor pakan. Atau yang dimaksud bukan keguguran tapi bunting semu (false pregnancy)? Yaitu sifat induk kelinci yang menandakan kebuntingan dengan membuat sarang atau memproduksi susu tetapi tidak melahirkan anak-anaknya. Kalau demikian keadaanya penyebabnya adalah induk terlalu lama tidak dikawinkan setelah beranak. trims dan semoga bermanfaat

Apakah kelinci tidak perlu diberi minum?

Suatu waktu perlu kiranya kelinci diberi minum seperti dalam keadaan pakan kelinci tidak banyak mengandung air atau pada waktu beranak. trims

Ass, mau tanya boz gimana caranya ngerawat kelinci dan anaknya yang baru melahirkan. Apa perlu saya ikut campur dalam merawat/memindahkan supaya tidak mati. Coz sebelumya mati coz tidak saya pisahkan dengan pejantannya. Tolong dijawab dan terima kasih.

Induk kelinci yang baik akan berusaha merawat dan menjaga anak-anaknya yang baru lahir seperti membuatkan sarang, memproduksi susu dengan jumlah lebih banyak dan lainnya. Untuk itu usaha kita adalah membantu si induk merawat anaknya seperti membuatkan sarang buatan kalau induk tidak membuat sarang (berfungsi agar anak kelinci yang baru lahir tidak kedinginan), menambah jumlah pakan konsentrat agar susu yang dihasilkan banyak dan mengatur waktu penyusuan anak kalau jumlah anak melebihi jumlah puting susu induk. trims dan semoga bermanfaat

Mas kenapa yah kelinci saya udah beranak, sudah dua bulan beranak enga mau kawin lagi… mohon petunjuknya?

Kelinci yang tidak mau kawin lagi setelah beranak biasanya disebabkan oleh jarak yang terlalu panjang antara waktu beranak dengan kawin kembali. Sebenarnya masa ‘nifas’ kelinci sangat pendek sehingga seekor induk sudah dapat dikawinkan kembali 3 hari setelah beranak. Untuk mengatasinya hal di atas coba Bapak mengganti pejantannya dan mengatur waktu perkawinan kembali. Yang perlu diperhatikan adalah cara perkawinannya yaitu dengan memasukkan kelinci betina ke dalam kandang jantan. semoga bermanfaat

Bos kenapa kelinci saya anaknya sendiri dimakan olek emaknya… jawabannya di tunggu?

Anak kelinci di makan oleh induknya? itu adalah hal yang bisa terjadi ketika sang induk sedang beranak (melahirkan) atau karena memang suhu kandang terlalu panas sehingga tidak bisa ditoleransi oleh induk. Tidak ada jalan lain untuk tetap membuat nyaman induk kecuali dengan memakan anaknya. Untuk itu hal yang perlu kita lakukan untuk menghindari kejadian tersebut antara lain : menyiapkan air minum ketika induk menandakan akan melahirkan, menjaga suhu kandang, dan menambah jumlah pakan hijauan. semoga bermanfaat

Selamat pagi. Saya mau tanya harga kelinci jenis flam? apakah kelinci jenis flam sama dengan jenis giant?

Harga induk kelinci jenis Flemish sekitar 350-450 rb. Kelinci jenis Flemish sama dengan Giant dan untuk penyebutan warna abu-abu atau coklat dengan Flemish Giant. trims

Bos mau nanya nih………

1. Bagaimana caranya mencari bibit kelinci yang bagus untuk peternakan?????
2. Bagaimana perawatan kelinci yang baik????
karena dari pengalaman yang saya alami saya selalu mengalami kendala kelinci itu sering mati walau sudah diperhatikan dengan baik.
3. Apa ciri-ciri dari kelinci yang sakit, dan apa tindakan yang bagus saya ambil????
4. Makanan atau sayuran apa yang tidak boleh diberikan kepada kelinci???
5. Bagaimana perawatan kandang yang baik????

terimakasih boss sebelumnya, dan mohon e-mail saya ini di tanggapi.

Mungkin bisa melihat artikel kami yang berjudul “Bagaimana Beternak Kelinci Berorientasi Bisnis”. trims dan semoga bermanfaat

Pak saya peternak kelinci baru yang berada di Kulonprogo (Jogjakarta), sudah hampir 2 tahun. kami punya kelinci, tapi kami belum dapat pangsa pasar yang bagus.. kelinci kami bagus2, dimana kami bisa memasarkan kelinci kami.. terima kasih buat para peminat kelinci dapat memesan kelinci pada kami melalui email : kusdian89@yahoo.com atao menghubungi 085292801141
bravo kelinci !

Coba bapak tawarkan ke Sentra kelinci Jogja (08886946228), pak Muhayat (0274-7455535) atau bisa juga ke pasar burung, tempat rekreasi dan pasar malam (expo). semoga bermanfaat

Maw tanya pak, setelah anak kelinci umur brapa induk bisa dikawinkan lagi dan kelinci saya sudah beranak dua kali tapi tiap ber anak cuma 2 dan 2 lagi, apa saja penyebabnya?? apa cz pejantan to cz apa. trima kasih sebelumnya.saya tunggu balasannya.

Induk kelinci bisa dikawinkan kembali 3-7 hari setelah beranak. Kalau jumlah litter size (jumlah anak per kelahiran) rendah bisa jadi dari faktor genetik atau juga faktor perkawinan yang kurang berhasil. Bapak bisa mencoba untuk mengawinkan induk tersebut dengan pejantan lebih dari satu dalam satu waktu. Semoga bermanfaat

Bagaimana kalau betina lbh bsar dari pejantanya?cz btina ktrunan england yg bulune pnjang2 trus pejantan e jawa,bgaimana ngatasinya?trus kalau ank klinci umur 2 mngu,bsa dikwin kan indukya,trus nasib anaknya?mahon dijwb,secepatnya.terima kash.

Salam kenal, bagaimana cara beternak kelinci untuk pemula dan untuk memilih bibit bagusnya dari anakan atau sudah dewasa?. Trimks Johanest Palembang

Untuk peternak pemula sebaiknya memperkaya cara beternak dengan banyak membaca referensi atau study lapang ke peternak yang sudah berpengalaman. Untuk masalah memilih bibit menurut kami sebaiknya dengan membeli langsung kelinci yang siap kawin dan lebih baik lagi kelinci yang sudah pernah beranak (1x) karena sudah diketahui sifat dari sang induk (mothering behaviour). Di samping itu juga membeli kelinci dewasa akan lebih cepat dalam hal memperoleh keuntungan dan balik modalnya. trims dan semoga bermanfaat.

Cara ngerawat bunny gimana dong? tunjukin dong friends! cari tau nih !

Anda bisa membuka artikel kami “Cara Beternak Kelinci Berorientasi Bisnis”. trims

Gmn cara mengetahui kalau kelinci hamil?jelaskan dengan se rinci mungkn.trima kasih

Saya irvan,gimana mengetahui jenis klnci btna atau perempuan?

Boz???Knpa lum dijwb

ass..
Pemeliharaan secara alami (di umbar) bagus ga???

Bagus-bagus saja pak, akan tetapi kalau untuk tujuan komersial/bisnis rasanya tidak mungkin.

Boz aku punya kelinci betina baru pertama kali melahirkan terus gak sampai seminggu anaknya mati semua karena gak disusui oleh indukannya. apakah betul indukannya itu bodoh dan seterusnya akan seperti itu???

Pertama, tidak selayaknya kita mengatakan ‘Bodoh’ walaupun kepada hewan sekalipun, cukup mengatakan kurang mempunyai sifat induk yang baik. Tidak semua kelinci yang berperilaku demikian akan selamanya demikian. Induk tidak mau menyusui anaknya bisa juga disebabkan oleh asupan pakan yang kurang baik dari segi kualitas atau kuantitas. Kalau diketahui sifat itu muncul sebaiknya kita melakukan tindakan fostering (menitipkan anak pada induk yang lain). trims dan semoga bermanfaat.

Mau nanya, klau ternak dalam partai besar cara penjualannya ke mana. sedangkan saya d Jawa Tengah. thank’s

Silahkan masuk dalam Jejaring Peternak Kelinci di Beberapa Kota Besar (lihat artikel kami terbaru). semoga bermanfaat

wah bagus banget…saya mungkin bisa terus ikutin pembahasan ini…terimakasih atas info2nya…

Boz apakah betul kalao kelinci bunting gak boleh diberikan injeksi coz kelinciku kena penyakit gatal..takutnya telat penanganannya…trims

Insyaallah tidak mengapa melakukan injeksi pada kelinci yang bunting, asal dengan perlakuan yang lembut.

Mau tanya, gimana cara ngawinkan kelinci yang efisien? dan berapa kali kawin kelinci bisa positif bunting?

Cara mengawinkan kelinci adalah dengan memasukkan kelinci betina ke dalam kandang pejantan, kelinci bisa dikawinkan 1-2 kali dalam satu waktu bisa dengan pejantan yang sama atau dengan pejantan yang berbeda. trims

boz apakah betul klo indukan lg bunting g boleh di kumpulkan ma anak anak nya?..trims

saya punya rencana untuk ternak kelinci, ada yang bisa bantu gg? please

Berapa kali saya harus memberi susu pada bayi kelinci dalam sehari, karena induknya mati…terima kasih

Mungkin cara fostering (menitipkan anak pada induk lain yang menyusui) adalah lebih mudah dan efektif daripada harus memberikan susu pada anak kelinci yang ditinggal mati induknya. Caranya fostering adalah beri sedikit olesan pada hidung induk yang akan dititipi anak kelinci tersebut dan juga pada sebagian besar pada tubuh anak kelinci yang akan dititipkan dengan minyak kayu putih atau lainnya. Setelah dititipkan jangan langsung ditinggal, coba amati beberapa saat, kalau induk mau menyusui anak yang dititipkan alhamdulillah dan kalau belum mau maka perlu mencari cara lain. trims dan semoga bermanfaat.

BAGI YG MEMBUTUHKAN KELINCI PEDAGING JENIS FLAME, kami ternak kelinci di BOYOLALI JAWA TENGAH. Hub : 085725024005 atau kunjungi http://sotrex27kelincirex.blogspot.com

bagus jg komentar n artikelnya.saya jd bersemangant beternak lagi.cm modal masih kurang nih.pdhl pasar di solo dsktrnya bagus. thanks..
maju peternakan di bumi indonesia

Bagus bgt bos artikel ini.saya dah punya 10 indukan dari berbagai jenis.cuma dah 2 kali ini indukan rex mati pas mau ngelahirin. kira2 solusinya gimana ya

Coba bapak sediakan air minum sore hari ketika sudah ada tanda-tanda mau melahirkan karena bisa jadi kelinci tersebut kehausan sangat (suhu tubuh panas) dan tidak ada yang diminum. Bisa juga janin kelinci terlalu besar sehingga tidak mampu untuk dikeluarkan

Gimana sih bos. biar kelinci cepat berkembang biak. tolong juga kami di kasih bibit yang unggul

Kuncinya pada ketelatenan saja; telaten dalam memilih induk, telaten dalam mengawinkan, telaten dalam pemberian pakan, telaten dalam merawat, dan telaten dalam menjaga kesehatan ternak atau kontrol penyakit. Untuk masalah bibit silahkan masuk ke jejaring peternak kelinci di situs kami. semoga bermanfaat

saya mau tanya.. setiap jam brapa dikasi air?? Setiap hari pa gak?? Dan bagaimana caranya biar gak banyak yang mati?

Kelinci tidak perlu di beri air kalau hijauan yang diberikan sudah cukup banyak mengandung air, kalau hijauannya kurang mengandung air cukup diberikan sesekali saja mungkin sehari 1 kali. Biar anak kelinci tidak banyak yang mati pakan untuk induk bisa ditambah dari porsi biasanya begitu juga kualitasnya biar menghasilkan air susu yang banyak. Memilih induk juga diperhatikan karena induk yang merontokkan bulunya ketika melahirkan anaknya lebih tahan hidup daripada induk yang tidak merontokkan bulunya ketika melahirkan. Trims dan semoga bermanfaat.

Aslkm.
Jenis kelinci apa yang cocok untuk peternakan kelinci pedaging?

Kelinci yang cocok untuk tipe pedaging antara lain flamish giant, australia, spot dan kelinci persilangan. trims dan semoga bermanfaat

BRP HARGA MESIN BUAT PELET KELINCI KAPASITAS KECIL SAMPAI MENENGAH,DIMANA BELINYA

mas, saya sebenernya mahasiswa komputer. tapi saya sangat tertarik sekali di dunia ternak, khususnya kelinci. ada yang mau saya tanya nih. saya pengen dapet bbit kelinci yang produktifitasnya baikm kira2 dimana ya….?

Silahkan masuk ke kolom daftar jejaring peternak kelinci di beberapa kota besar Indonesia. Ada di situs http://www.sentralternak.com, kolom artikel. trims dan semoga bermanfaat

saya pernah ternak kelinci tp semuanya mati mendadak setelah di pindah kandang.apa itu penyebabnya?

Aslmkm.Pang nanya mas!!…klu dibogor atw jkrta yg jual indukan pedaging ky flemish atw giant dmn ya?? and harganya brp?,,biasanya berat indukan brp kg?…thks mas

terimakasih saudara atas artikelnya…. semoga usaha saudara semakin sukses. ……….

Asalamualaikum Bapak,…begini pak sy mau nanya kelinci sy salah satu kuping turun/lunglai,nafsu makan ada,tapi selang beberapa minggu perkembangan badan kurus dan pernah drastis hingga sekarat dan mati, kenapa ya Pak? dan bagaimana penanggulangannya biar kuping tetap berdiri sehat juga krena gejala apa? dan mohon mugkin obat/pencegahannya…..thks bgt Bapak!

Artikelnya sangat memotivasi bagi saya. Boz saya mau mulai ternak kelinci. Saya tinggal di SErang -Banten yang udaranya cukup panas, sedang kelinci tumbuh optimal pada suhu 15 - 20oC, gaimana nih solusinya?

Bagi teman2 pecinta kelinci wilayah Jateng Magelang kususnya kami sedia anakan jenis australi&flam:Bisa menghubungi di no:08179446445.

Hi…
Saya suka dgn artikel2 yg ada di sini. Saya jg pecinta kelinci. Beberapa jenis sdh saya kembangkan. Saya ingin bergabung dgn komunitas pecinta kelinci. Mungkin kita bisa saling berbagi informasi sekitar kelinci. My phone 081325744781.
Thank You

Kelinci saya tiba2 mati, tidak mencret, tidak kembung penyebabnya apa?

Bisa jadi keracunan pakan atau sebelumnya kelinci tersebut sudah ada penyakit dan kita tidak perhatian terhadap penyakit tersebut. trims

BAGI YG MEMBUTUHKAN KELINCI PEDAGING JENIS FLAM WILAYAH BOYOLALI-SOLO DAN SEKITARNYA, hub kami di 085725024005

Salam suksek untuk para peternak kelinci…..mau tanya, tanda2 kelinci hamil apa om? kelinci saya dikawinkan malah berani ma jantannya penyebabnya apa? tanda2 kelinci mengalami keguguran? maksh mga sukes selalu

Di antara tanda kelinci bunting (maaf istilah hamil untuk manusia) adalah dia akan menolak kalau dikawini pejantan, dan ada sebagian tingkahlakunya yang sedikit lebih bengis/garang. Kalau kelinci betina berani sama jantannya ketika dikawinkan mungkin mas salah memasukkan. Dalam mengawinkan kelinci, kelinci betina yang dimasukkan ke dalam kandang jantan bukan sebaliknya. Di antara tanda-tanda kelinci keguguran adalah bersedia di kawini kembali oleh pejantan (kebanyakan). semoga bermanfaat

Respon terbaik adalah dari Ary Andromeda. Sangat bagus sekali. Soal ternak kelinci itu mudah, asal kita punya semangat. Semangat mencintai binatang, semangat belajar. Masih sulit memelihara istri, saya punya dua saja setengah mati. Belum kalau mereka tawuran. Pusiiiiiinnnnggggg. Saya yakin lebih enak pelihara kelinci. Kalau mau pelihara kelinci banyak, biar tidak repot pemasarannya, sekalian buka warung sate gule kelinci. Betul nih.

salam kenal mas,

mas nie aq pnya sepasang kelinci kok ga bunting2 ya, padahal udah aq campurin jadi satu lho!!!!, kok sampai skrng ga bunting2. tolong bantuanya ya mas, gmna cara mengatasinya???

Buat Joko. Jantan dipisah kandangnya dengan betina, biar kangen, kalau dikumpulkan bosan. Kasih makanan yang bagus, rumput atau kangkung atau wortel dan katul dan kedelai atau jagung yang direndam dulu biar empuk. Setelah seminggu yang betina masukkan kandang jantan, nanti akan dikawini, lihat saja. Setelah selesai ambil betinanya. Ulangi setiap setengah jam, lakukan tiga kali. Setelah itu pisahkan. Hamil sudah. Tunggu 35 hari, lahir sudah.

INFO = BAGI YG MEMBUTUHKAN KELINCI PEDAGING & BIBIT JENIS FLAM WILAYAH JABODETABEK DAN SEKITARNYA, hub kami KELINCI CENTER di 081387121000

Pembahasan disini sangat menarik, dan sngt bermanfaat. Tanya nih : ‘ apakah pemberian konsentrat itu jenisnya sm dg konsentrat buat ayam dsb itu..trima kasih atas penjelasannya..

Konsentrat kelinci berbeda dengan konsentrat ayam, karena kandungan atau bahan penyusun ransum juga beda. Konsentrat kelinci biasanya banyak ditemukan di pasar burung atau toko pakan ternak tertentu. trims

Pak, kelinci saya yg biasanya lincah, kok tiba2 pendiam, bulunya kayak layu,tp tetep masih mau makan, kira2 kenapa ya..apa masuk angin..minta saran untuk mengatasinya..terima kasih banyak atas saran anda..

Saya telah mncoba mengawinkan kelinci betina ke kandang si jantan, lalu kawin..namun saya belum bs mengetahui apakah kawinnya berhasil atau tidak..yg saya liat si jantan kawin,sampai akhirnya seperti setengah berdiri dan roboh,dan kemudian si jantan menghentak2an kaki belakang ke alas kandang, apakah itu tandanya dia berhasil pak dlm mengawini betina..?? terima kasih, dan maaf kl saya terlalu bnyak tny…trims..

Assalamualaikum…
saya mau tanya:
1. bagaimana cara mengetahui umur kehamilan kelinci?
2. sebaiknya kelinci betina tetap digabung dgn pejantan atau dipisah ketika akan melahirkan?
terimakasih,

Untuk mengetahui umur kebuntingan kelinci bisa dengan meraba perkembangan embrio pada perut bagian bawah, nanti akan terasa seperti kita memegang kelereng dan saling berurutan. Pemeliharaan kelinci yang baik adalah dipisah jantan-betina baik ketika sebelum kawin atau sesudah kawin. Kelinci dicampur ketika akan mengawinkan saja yaitu dengan cara kelinci betina di masukkan ke kandang jantan, setelah itu kelinci dipisah lagi. trims dan semoga bermanfaat.

Assalamu ‘alaikum wr. wb
Buat temen-temen semua yang seneng kelinci; obat-obatan, kandang, bibit indukan, tempat makan-minum dll, please cekidot http://kelincihias-semarang.com

Saya newbie disini, mohon pencerahannya. Kemarin saya ditawari kelinci ama temen ini fotonya http://i55.tinypic.com/2rdg176.jpg
Yang saya tanyakan, itu kelinci jenis apa dan berapa harga pasarannya. Makasih sebelumnya

Coba saya minta info untuk bibit kelinci dengan segala jenis……trms Edi ph 081220587112

Silahkan menghubungi salah satu peternak di kolom Jejaring Peternak Kelinci di Beberapa Kota Besar. trims

artikelnya bagus pada umumnya sama seperti buku2 ternak kelinci yg saya punya sebanyak 10 buah dari berbagai pengarang. satu aja pertanyaan saya peltihan ternak kelinci yang dekat dengan wilayah saya di bekasi dimana mas terima kasih

ass….
bos saya mo tanya,,
saya punya kelinci satu pasang.sekarang kayanya udah mulai dewasa.apa tidak bermasalah kalo kandangnya tetap berbarengan?
apa kelincinya masi mau kawin walau sebelumnya kandangnya berbarengan? mohon jawabanya!! saya kebingungan.

Sebaiknya kandang dipisah antara jantan dan betina, karena disamping untuk meningkatkan nafsu birahi pada masing-masing kelinci juga untuk menghindari bunting semu. Cara perkawinan : kelinci betina di masukkan ke dalam kandang kelinci jantan. trims

KAMI UDAH BERULANG KALI BELI KELINCI UNTUK MENCOBA MEMELIHARA YANG BISA MENDATANGKAN HASIL YANG MAKSIMAL UTAMANYA UNTUK HIBURAN DAN BISNIS DIKEMUDIAN HARINYA NAMUN DALAM SEKIAN KALINYA ITU PULA KAMI SELALU GAGAL KEGAGALAN ITU DISEBABKAN KELINCINYA MENCRET DAN MATI OLEH KARENA ITU KAMI MENGHARAPKAN SARAN DAN PENDAPAT KALAU ADA AGAR KAMI BISA BERHASIL MEMELIHARA KELINCI TERIMA KASIH

biasanya mencret itu terjadi ada “kesalahan” dalam pakan. Mgk terlalu basah ato bisa jadi stress. Coba anda membeli buku ttg panduan kelinci, disitu mgk akan dijelaskan lebih detail

Asslmlkm…
Mau tanya nie. Kalo mau beternak kelinci pedaging, lebih baik pake kelinci jenis apa?agar bisa cepet panen.
Trims
wslmlkm.

Mas saya mau tanya, kelinci saya yang satu beranak 11 lalu 9 tapi yang satu koq cuma 1 ya siang hari lagi keluarnya. Apa betul kelinci itu sudah tua soalnya saya denger kalo kelinci udah tua beranaknya sedikit. Gimana cara mengetehui umur kelinci. Makasih ya

Untuk kelinci pedaging biasanya pake new zeland (NZ) tapi Anda harus cari NZ yg bener2 NZ. Karena saat ini kelinci NZ yg ada di pasaran udah gak asli lagi

aq lg cari partner trnak di daerah Boyolali & Klaten utk “kulakan” bibit unggul smua jnis kelinci.
Siapapun yg brsedia tlg hubngi no ini:
085728400572
(rifai)

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories