15th Mar, 2008

Tertarik dengan C-200 dan kandang battery

Pertanyaan : maaf pak Aryo, pertanyaan Anda kami singkat. saya tertarik dengan penetas telur C-200, saya mohon penjelasan produk tersebut lebih detail tentang perawatannya, spare partnya bagaimana mendapatkannya, pengatur kelembabannya dan pemanasnya pakai apa dan harga tersebut (Rp 390.000,-) apa sudah termasuk ongkos kirim? Kemudian kandang battery, saya sudah punya tatanan kandang battery. Saya bermaksud memesan 5 ton. Tapi saya khawatir akan merusak tatanan kandang yang sudah ada. Tolong dijabarkan bentuk kandang yang anda tawarkan?

Salam, AR

Jawab :

Sekilas tentang produk mesin tetas C-200 kami :
Bahan : Multiplek
Kapasitas : maks. 224 butir telur ayam kampung
Ukuran : 90 x 40 x 32 (PxLxT) dalam satuan cm
Daya Listrik :40 watt
Berat : ± 19 kg

Masalah 1 :
Perawatan mesin tidaklah sulit. Mesin tetas setelah digunakan (proses penetasan) dibersihkan, lebih baik lagi menggunakan desinfektan. Jenis desinfektan yang biasa digunakan adalah campuran KMNO4 (Kalium Permanganat) dan Formalin 40% atau jenis desinfektan lainnya.

Masalah 2 :
Spare part mesin tetas mudah di dapat. Inti spare part mesin tetas kami adalah thermostat. Mesin tetas dulu menggunakan termoregulator atau kawat nikelin sebagai komponen utama dan memang agak sulit untuk mendapatkannya. Akan tetapi thermostat bisa di jumpai di toko-toko elektronika atau PS (poultry shop) terdekat. Kalau tidak mendapatkannya maka memesan pada kami juga bisa (kami melayani pembelian spare part eceran khususnya pengguna produk-produk kami). Masalah harga spare part menurut kami tidak mahal.

Masalah 3 :
Pengatur Kelembaban pada mesin tetas kami belum ada. Berdasarkan pengalaman kami, pengisian volume bak air ½ dari volume total sudah mencukupi dari kelembaban yang dibutuhkan. Air dalam bak selang 3-5 hari diperiksa, apabila terjadi penyusutan maka perlu di tambah ulang. Akan tetapi untuk memperoleh keakuratan pengukuran memang diperlukan hygrometer tersendiri dan kami juga menawarkannya pada web kami.

Masalah 4 :
Pemanas mesin tetas (C-200) kami menggunakan lampu pijar (bolam) berdaya 5 watt berjumlah 8 buah. Apabila ada pemadaman listrik kami telah menyiapkan cadangan pemanas berupa plat seng di bawah mesin sehingga bisa menggantinya dengan lampu semprong (minyak tanah).

Masalah 5 :
Harga mesin tetas C-200 adalah 390.000,- belum termasuk ongkos kirim. Ongkos kirim ke Lampung sebesar Rp 125.000,- dengan estimasi sampai sekitar 5-7 hari.

Masalah 6 :
Kandang battery terbuat dari kawat dengan diameter sekitar 3 mm (tergantung pesanan, bisa pakai BWG 10 atau BWG 12). Tinggi bag. depan ± 37 cm dan tinggi bag. belakang ± 30 cm. Lebar kandang ± 41 cm dengan panjang per pad ± 15 -16 cm. Bentuk kandang biasanya sama antar produsen, perbedaannya biasanya terletak pada bahan yang digunakan karena berkaitan dengan kekuatan kandang itu sendiri. Kalau Bapak ingin memesan sebanyak 5 ton itu berarti pullet yang sudah Bapak persiapkan sebanyak 6000 an ekor. Harga franco Malang per kilogramnya Rp. 12.500,- (up to date per maret 2008)

network-xxx@telkom.net

Responses

sedikit koreksi, kebutuhan pakan ayam arab yang sedang berperproduksi tidak mungkin melampaui 100 gram per ekor per hari. jika terjadi hal yang demikian adalah pemborosan dan dapat mengakibatkan over weight yang berdampak pada penurunan produksi. Haraga pakan untuk masing2 daerah berbeda2, namun haraga telur terpaut tidak terlalu jauh. Dan akan lebih hemat lagi jika peternak memulai usaha dengan memelihara sejak doc. Sebab sejak doc hingga bertelur, ayam arab hanya memerlukan kurang dari 6kg pakan saja. Kira2 bagaimana cara saya mendapatkan software untuk mixing pakan secara gratis? Dan tentu kita ketahui bersama, adalah harga dan ketersediaan bahan baku pakan untuk tiap daerah adalah berbeda2. Bahkan untuk keseragaman kandungan gizinya pun berbeda2, walau jenisnya sama. Terimakasih, Viva agribisnis. Goen.

Saya ingin mengetahui harga termostat dan no TLP bapak?

Saya mau tanya, apa ada obat untuk merangsang itik agar bertelur? terima kasih

Para peternak biasanya menggunakan egg stimulant untuk memulai merangsang peneluran. Akan tetapi perlu bapak pertimbangkan efek dari peneluran dini. trims

Dear admin,
Maaf saya pemula. Salam kenal pak. Saya tertarik dengan penjelasan kandang battery. Menyambung jawaban bapak terhadap pertanyaan pak Aryo, ingin keterangan lebih detail lagi jawaban Bapak. Pak Aryo ingin pesan 5 ton, maksudnya tlg dijelaskan dan hitungan pak dapat angka 6000 ekor dari mana pak. Thank’s sebelumnya atas penjelasannya
Salam
Darma- Bandung

kandang battery dengan panjang 1,2 meter beratnya sekitar 6,7-7 kg dan mampu menampung 8 ekor ayam petelur type sedang per unitnya. Maka angka 5 ton (5000 kg) : 7 kg = 714 unit kandang battery. Sehingga akan didapat perhitungan 714 unit battery x 8 ekor per unitnya = 5712 ekor. Kalau berat yang dipakai adalah 6,7 kg per unitnya maka akan di dapat jumlah kandang battery 746 unit dan 5968 ekor (pembulatan menjadi 6000 ekor). trims

dear admin, maaf saya pemula saya berternak bebek bertelor,yang saya mau tanyakan berapa lama masa aktif bebek bertelor? yang ke dua apakah bebek yang sudah siap btelor harus di jauh kan dari tempat yang becek dan polamakan yang harus berkulitas seperti konsentrat dll? terimakasih atas bantuanya dan penjelasanya
salam Estu

Berikut informasi yang dapat kami berikan :
1. Masa aktif itik petelur bisa sampai 2 tahun dengan menerapkan program seleksi dan culling
2. Itik yang siap bertelur tidak mesti harus dijauhkan dari tempat yang becek (basah) karena bergantung tujuan pemeliharaan. Kalau tujuan pemeliharaannya untuk menghasilkan telur itik konsumsi maka sebaiknya memakai kandang kering (jumlah air sedikit) sedang kalau tujuan pemeliharaan adalah untuk menghasilkan telur tetas maka biasanya yang cocok adalah kandang basah (terdapat kolam/bak air untuk membantu proses perkawinan)
3. Pola makan itik petelur mesti teratur dan terpenuhi untuk kualitas dan kuantitasnya. Sebagian peternak biasanya menggunakan pakan dengan komposisi konsentrat dan dedak dengan perbandingan 1:4.

tks tas jawabannya, saya ada beberapa pertanyaan lagi yang pertama berapa perbandingan antara jantan dan betina untuk bebek yang telurnya untuk di tetaskan?
yang kedua apakah pembuatan kandang yang di panggung atau di atas permukaan tanah baik untuk bebek petelur sebab di bawah kandang saya pakai untuk pelihara lele/ tumpang sari lele& bebek?
makasih

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories