29th Mar, 2008

Mengatur kipas dalam kandang

kipas, van, kandang ayam close housewww.sentralternak.com Fungsi utama dari kipas adalah untuk mengatur pertukaran udara dalam kandang seoptimal mungkin. Baik dari segi efisien waktu pertukaran udaranya maupun jumlah udara yang berganti tiap menit. Pertukaran udara tersebut bermanfaat dalam meminimalkan berbagai gas yang berbahaya bagi kesehatan ayam terutama gas amonia. Sehingga keberadaan kipas dalam kandang sangat esensial bagi kelangsungan hidup ayam terlebih jika menggunkan system kandang tertutup (close house).

Kipas dalam kandang dapat difungsikan juga untuk mengatur kelembaban udara dan temperatur. Mengapa? Karena uap air dan panas dapat dikeluarkan dari dalam kandang bersamaan dengan pengeluaran udara yang menjadi media penghantarnya. Karenanya sangat logis apabila terjadi pertukaran udara dalam kandang akan mengakibatkab perubahan kelembaban dan temperatur karena udara sebagai media penghantar bagi kedua hal tersebut.

Pengaturan pertukaran udara dalam kandang atau ventilasi sebenarnya ada dua system yaitu system ventilasi minimum dan system ventilasi maksimum. System ventilasi minimum diterapkan apabila temperatur di dalam kandang di bawah atau lebih rendah dari temperature normal. Biasanya hal ini terjadi di daerah dingin dengan model kandang terbuka. Sedangkan system ventilasi maksimum diterapkan untuk mengurangi stress panas dan menurunkan temperatur serta mengeluarkan udara jenuh dalam kandang secara cepat. Biasanya hal ini terjadi di daerah panas seperti negara kita sehingga yang kita pakai untuk acuan dalam menerapkan pengaturan system ventilasi udara adalah system ventilasi maksimum.

Dalam mengatur kipas di dalam kandang ada dua aspek yang perlu untuk mendapat perhatian agar tindakan tersebut bisa efisien. Dua hal tersebut adalah :
1) Menghitung kebutuhan kipas
Mengapa kipas perlu dihitung? Jawabnya, kenapa ketika udara panas kemudian kita kegerahan (sumuk, ongkep = jawa) dan kita perlu kipas angin maka kita hanya butuh satu kipas angin. Kemudian kita pilih tingkat kecepatan putarnya yang sesuai dengan kehendak kita. Kenapa kita tidak mengambil sepuluh kipas angin kemudian dinyalakan dengan kecepatan angin tercepat semuanya? Ya, ketidak efisienan dan pemborosan yang akan terjadi, di samping juga akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti masuk angin dan sebagainya.
2) Menentukan waktu operasional kipas.
Merupakan tata aturan atau prosedur menjalankan kipas secara optimal dari sejumlah kipas yang telah ditetapkan sebelumnya. Waktu operasional kipas yang rasional diharapkan akan dapat membantu efisien pengeluaran atau pertukaran udara sekaligus menghemat penggunaan energi listrik serta masa penggunaan kipas (keawetan)

Untuk mengetahui hal tersebut di atas memang perlu penghitungan dan yang lainnya. Kami menawarkan kepada anda salah satu bentuk kipas yang dapat dipergunakan.
Spesifikasi Alat :

Ukuran : 1,4 x 1,4 x 0,45 [m]
Bahan : Stainless Steel Blade
Daya tiup : ± 40 [m],
Flow rate : 45.000 [m3/h],
Motor : 1,5 [HP] / 1,1 [KW],
Voltase : 220/380 [V], 3 [phase],
Berat : 96 [Kg]

Segera hubungi bag. Pemasaran :
Sentralternak
Jl Mertojoyo Blok N-2 Malang 65144
Phone : (0341) 9127374 atau 081.555.640.540
Rek. BCA No. 1840101092 a.n Agus Harianto
Email : sentralternak@yahoo.com

Responses

mohon tanya tentang harga kipas yang ada pada artikel……..
kondisi kipas tersebut mampu untuk berapa ekor ayam?
saya juga berada di malang kota…..ingin usaha ayam potong dengan system close house……
terima kasih atas info nya

saya tanya :

Bagaimana cara menghitung kapasitas kipas, misalnya dg diamerter 140 cm kapasitasnya 20000 cfm. bagaimana caranya?

Salam kenal,
Saya Evendi dari Mojokerto, saya sudah mencoba beternak ayam kampung 1000 ekor. sekarang sudah berumur 2 bln. Saya kesulitan mencari DOC nya lagi. Mohon konfirmasinya berapa harga DOC ayam kampung incluude pengiriman sampai Mojokerto.
Thank

Salam,
saya mau tanya kalau ayam kedu punya sifat kanibal?
terima kasih

Setiap ayam mempunyai potensi untuk kanibal karena sifat kanibal ada yang keturunan (genetis) dan ada yang karena pengaruh faktor lingkungan. trims

mao tanyak bahan pengganti pakan pabrikan itu apa saja yg bagus bwt ayam kampung?maaf sy baru pemula soalnya.mks

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories