5th Apr, 2008

Seputar Penetasan dan Mesin Penetas Telur

1) Apa bisa untuk menetaskan telur angsa?
Pertanyaan : Selamat siang pak, penetas telur C-200 apa bisa untuk menetaskan telur angsa? 08131470xxxx

Jawab : kalau untuk menetaskan bisa, tapi rak telurnya mesti diganti dulu dan pemutaran telurnya jadi manual (dibalik satu-satu) karena rak telur nanti akan terlalu miring dan ukuran telir terlalu besar sehingga telur bisa menggelinding dan jatuh. Kalau untuk menetaskan telur itik atau bebek rak telur masih sesuai dan tidak perlu menggantinya. Semoga bermanfaat dan menjadi lebih jelas. *(SPt)

2) Apa bisa untuk menetaskan dua jenis telur dalam waktu bersamaan
Pertanyaan : Apakah bisa, menetaskan dua jenis telur dalam 1(satu) alat penetas dalam waktu yang bersamaan, misalnya telur ìtik dan telur ayam (Hidayat)

Jawab : Bisa pak, akan tetapi untuk mencapai hasil yang maksimal sebaiknya satu jenis telur saja dengan umur yang sama. Mengapa? Sebagai contoh kalau bapak ingin menetaskan telur itik dengan telur ayam. Lama penetasan kedua telur tersebut berbeda sekitar 7 hari, kelembaban yang dibutuhkan telur itik juga lebih besar. Mungkin masih bisa ditolelir kalau bapak menetaskan satu jenis telur (ayam) meskipun berbeda umur. Tapi tidak mengapa bapak mencobanya sebagai pengalaman baru, tapi jumlah telurnya jangan banyak-banyak. semoga bermanfaat* (SPt)

3) Bergaransikah mesin penetas telur anda
Pertanyaan : Apakah produk yang anda jual (mesin penetas telur) bergaransi? Aldi bahrodin

Jawab : Produk kami (mesin penetas telur) bergaransi satu bulan terhitung sejak tanggal pembelian. Garansi kami berikan untuk kerusakan suku cadang seperti thermostat (kapsul dan switch), bak air dan thermometer. Akan tetapi sepanjang pengetahuan dan pengamatan kami kerusakan sangat jarang terjadi. Karena sebelum barang terkirim, kami telah memeriksanya terlebih dulu (quality control). Semoga bermanfaat*(SPt)

4) Suhu di dalam mesin penetas telur?
Pertanyaan : Suhu di dalam mesin penetas telur elektrik berapa derajat? Selama sehari berapa kali harus membalik telurnya? Apa mesti tiap kali membalikkan telurnya harus dilap basah (telurnya)? Bapak Januar - Pondokgede

Jawab : Suhu di dalam mesin tetas berkisar antara 38-40º C. Pembalikan secara teratur dan berulang akan menghasilkan daya tetas yang baik. Telur dibalik 3-4 kali dalam 24 jam. Telur di dalam mesin penetas telur tidak perlu dilap setiap kali pembalikan karena kelembaban di dalam mesin sudah tercukupi dengan adanya air di dalam mesin penetas telur (metode basah). Semoga bermanfaat*(SPt)

Pertanyaan berikut berasal dari Bapak Aryo,
Mohon maaf Pak Aryo, pertanyaan Bapak kami singkat. Saya tertarik dengan mesin penetas telur C-200, saya mohon penjelasan produk tersebut lebih detail tentang perawatannya, spare partnya bagaimana mendapatkannya, pengatur kelembabannya dan pemanasnya pakai apa?

5) Perawatan mesin penetas telur?
Perawatan mesin penetas telur tidaklah sulit. Mesin penetas telur setelah digunakan (proses penetasan selesai) dibersihkan, lebih baik lagi menggunakan desinfektan. Jenis desinfektan yang biasa digunakan adalah campuran KMNO4 (Kalium Permanganat) dan Formalin 40% atau jenis desinfektan lainnya.

6) Spare part mesin penetas telur?
Spare part mesin penetas telur mudah di dapat. Inti spare part mesin penetas telur kami adalah thermostat (switch dan kapsul). Mesin penetas telur sebelumnya menggunakan termoregulator atau kawat nikelin sebagai komponen utama dan memang agak sulit untuk mendapatkannya. Akan tetapi komponen thermostat bisa di jumpai di toko-toko elektronik atau PS (poultry shop) terdekat. Kalau tidak mendapatkannya maka memesan pada kami juga bisa (kami melayani pembelian spare part eceran khususnya pengguna produk-produk kami). Masalah harga spare part menurut kami tidak mahal* (SPt)

7) Pengaturan kelembaban di dalam mesin penetas telur?
Alat pengatur (pengukur) kelembaban pada mesin penetas telur kami belum ada. Berdasarkan pengalaman kami, pengisian air 1/2 atau 3/4 dari volume total sudah mencukupi dari kelembaban yang dibutuhkan. Air dalam bak selang 3-5 hari diperiksa, apabila terjadi penyusutan maka perlu di tambahkan ulang. Akan tetapi untuk memperoleh keakuratan pengukuran memang diperlukan hygrometer tersendiri dan kami juga menawarkannya pada situs kami. Semoga bermanfaat*(SPt)

8) Pemanas cadangan mesin penetas telur
Karena Bapak bertanya pemanas mesin penetas telur ST (C-200) kami menggunakan lampu pijar (bolam) berdaya 5 watt berjumlah 8 buah (total 40 watt). Apabila ada pemadaman listrik kami telah menyiapkan cadangan pemanas berupa plat seng di bawah mesin sehingga bisa menggantinya dengan lampu semprong, lampu templok (minyak tanah). Semoga bermanfaat*(SPt)

9) Pengoperasian mesin penetas telur
Saya ingin mencoba mesin penetas telur yang tipe C-200, apa bisa dikirim ke Banjarmasin, dan apa mudah penggunaannya? Makasih (Setiadi, Banjarmasin)

Jawab : pengoperasian mesin penetas telur kami sangat mudah pak karena menggunakan sistem rak putar, sehingga Bapak tidak perlu membalik telur satu per satu dengan tangan akan tetapi cukup menggerakkan handle yang berada di luar mesin, telur akan berputar/bergoyang sendiri. Di samping itu juga kami juga menyertakan buku panduan penggunaan mesin penetas telur tersebut. Dan yang tak kalah pentingnya adalah kami akan memandu langsung apabila Bapak masih mengalami kesulitan dalam mengoperasikan mesin sebagaimana konsumen kami yang lain. Insyaallah kami bisa mengirimnya ke Banjarmasin. Untuk info harga barang dan ongkos pengiriman Bapak bisa SMS atau kontak langsung di (0341) 9127374 atau 081.555.640.540. Trims

Responses

yth bapak/ibu

tolong dijelaskan bagaimana merawat anak- anak itik, karena anak itik yang baru menetas kan rawan sekali terhadap kematian. tolong diberi penjelasan juga mengenai langkah- langkahnya, jenis kandang yang baik untuk anak itik, pakan dan cara pemeleliharaanya.

makasih
dody

Pak. Apa bisa saya beli bibit itik(baya). 100 ekor dan dod 500 ekor. Apa bisa sekali kirim. Ke bengkulu berapa ongkos kirimnya

Sebelumnya orang tua saya pernah memakai mesin tetas dengan buat sendiri dengn bahn triplek..tp saya ingin pesan dari bapak tp saya ada di medan .bisakah dikirim? Yg berkapasitas -/+ 50 butir. Dan berapa harga dan biaya kirim nya?

Berapa harga mesin penetes, berapa banyak butir telur yang dimuat, bisa tidak kalo mesan di bawah ke daerah Makassar kab. bulukumba.

Pagi PAk, saya mau tanya, berapa harga DOC sekarang dan kalo saya mau pesan 500 ekor dan di kirim ke kerinci jambi , berapa biaya semuanya. trmksh

Pagi pak saya mau tanya berapa harga mesin penetas telur itu ? dan sekalian telornya 100 butir, saya dari tulungagung apa bisa kirim, dan berapa biayanya. trimakasih…

Jawaban telah kami kirimkan pada tanggal yang sama.

Dengan hormat,
Kami ingin membeli bibit itik petelur bayah sejumlah 250 ekor untuk di kirim ke Jambi. Mohon informasi harga dan biaya kirim sampai di Jambi. Tolong reply ke email saya! terimakasih.

Balasan telah kami kirimkan

Saya ingin beli itik petelur siap telur sekitar 200 ekor di kirim ke Kudus (Jawa Tengah). Mohon informasi harga dan biaya kirim. thx

Harga bayah per Mei 2009 Rp 45.000/ekor. Untuk ongkos kirim kami telah mengirimkannya via email.

Pak minta info tentang itik, cepat ea… karena mau buka usaha… from Palembang

Balasan telah kami kirimkan via email.

Untuk pemesanan alat dngan kapasitas 1000 butir dan ongkos kirimnya berapa?
Kalau sekalian pesan telur yang siap di tetaskan bisa gak?

Pertanyaan saya sama dg DODY yg d kirim pd tgl 22 okt 2008 jam 14.26.
Mohon penjelasanya

Saya mau tanya kalau mau usaha penetasan telur bebek, profit market yang baik sekarang ini jenis itik / bebek apa? dan saya mau tanya di mana untuk bisa mendapatkan pasokan telurnya

Sebenarnya market yang peluangnya bagus adalah itik persilangan seperti itik hibrida raja (persilangan itik mojosari dan alabio) dan tiktok (persilangan itik dan enthok). Tapi sayang untuk pasokan telur belum ada padahal permintaan cukup tinggi. Mengenai pemasok telur, Bapak bisa bekerja sama dengan peternak setempat saja. Untuk menghasilkan telur tetas yang bagus harus diperhatikan umur dan sex ratio induknya. Umur bibit minimal di atas 8 bulan dan sex ratio jantan dan betina adalah 1 : 6-8 (1 pejantan mengawini 6-8 ekor). semoga bermanfaat*(SPt)

Saya berminat sekali dengan mesin baru ini, soalnya punya saya masih tradisional,,, berapa ongkos kirimnya bila saya pesan yang kapasitas 200 san ke bandung dan berapa lama dari pembayaran…..

Balasan informasi telah kami kirimkan via email

Pertanyaan saya juga sama dengan pak dody..
Usaha yang saya tekuni saat ini membuat poultry shop di kota saya. Terkadang ada yang pesan dari saya DOD ke toko, terkadang sering saya tolak dikarenakan saya sangat kurang paham menangani awal pasca kedatangan DOD yang saya datangkan dari luar kota dengan menempuh waktu untuk tiba ke tempat saya butuh sekitar 12 jam… Tolong kami di bantu tips and trik agar DOD saya tersebut tidak banyak mati lagi..
terimakasih..

Bapak bisa membuka jawaban kami di commentar untuk Bapak Sibarani pada artikel profile itik mojosari. Keterangan tambahan juga telah kami kirimkan via email. trims dan semoga bermanfaat

ass. pak saya mau tanya,
Kira-kira apa ya pak yang menyebabkan itik mati dalam cangkangnya pada saat proses penetasan menggunakan mesin.
Itiknya sudah jadi, tapi tidak bisa menetas karena mati di dalam. Saya mohon bapak bisa menjelaskan apa penyebabnya.
terima kasih.
wassallam…….

Kejadian tersebut bisa disebabkan oleh dehidrasi yang berlebih (penguapan tinggi tidak diimbangi dengan kelembaban) sehingga menyebabkan lemahnya embrio yang ada di dalam cangkang yang berakibat ketidakmampuan untuk memecahkan kulit telur. Atau bisa juga karena umur telur yang terlalu lama disimpan dan tingkat kelembaban yang tinggi disaat awal penetasan. trims dan semoga bermanfaat

Pak saya mau beternak itik tapi belum paham betul masalah pakan dan obat2nya, saya minta trik2 yang jitu dari bapak. berapa suhu dalam mesin tetas telur tank

Silahkan telusuri lagi situs kami untuk masalah pakan itik, perawatan DOD atau lainnya. Suhu dalam mesin tetas berkisar antara 37-39°C. semoga bermanfaat

slamat siang pa agus,saya memerlukan telur ayam kampung tetas dan bebek,kira-kira bisa melakukan pengiriman ke batam,berapa biaya dan minimal pemesanan?sekalian juga pa untuk harga telur ayam dan bebek konsumsi?trimakasih pa dan slamat siang

Pak, saya berminat untuk usaha penetasan telur bebek, apakah usaha ini bisa menguntungkan? di mana saya bisa membeli mesin penetas telur otomatis, telur bebeknya dan ke mana saya nanti bisa jual hasil tetasannya (DOD) untuk wilayan Cirebon dan sekitarnya. Terima kasih sebelumnya.

Insyaallah untuk usaha penetasan telur itik/bebek masih memberikan keuntungan. Kami hanya ada mesin penetas semi otomatis (pembalikan telur dengan sekali handle, tidak membalik telur satu-satu). Daerah Cirebon banyak peternak itik cuma kami belum mengetahui lokasi nya sehingga mudah untuk mendapatkan telur tetas atau menjual hasil tetasan nantinya. trims

Pak,mau tanya kalau mesin tetas dengan kapasitas 200butir harganya berapa?

Pak, mohon informasi dimana mendapatkan DOC peranakan ayam pelung dan kedu, saya domisili di makasar, terima kasih

Pak…saya tertarik untuk usaha penetasan telor bebek…, mesin jenis apa yang harus saya gunakan untuk kapasitas 1000 butir telor, dimana saya harus membelinya dan berapa harganya…tolong informasinya pak…terimakasih

Mesin penetas telur dapat memesannya pada kami, harga mesin penetas telur C-1000 Rp 2.800.000. Harga tersebut belum termasuk biaya kirim. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami atau SMS di 081555640540. trims

pak saya tertarik dengan mesin penetas telur. bisakah saya tahu cara kerja dan model mesin tersebut.. karena saya melihat ada peluang yg besar dsana. terima kasih

Tolong kirim kan saya contoh /gambar broder kapasitas 500 ekor,trims

Balasan informasi dan penawaran harga untuk pemanas (brooder) kap. 500 ekor telah kami kirimkan via email. trims

sy pesen doc ayam kampung ke Brebes ready stoknya kapan mas? trims.

Pak tolong kirimi saya cara membuat mesin tetas telur (Unggas, Puyuh).
terima kasih banyak sebelumnya ….

Siang pak, kalo sentralternak posisinya sebelah mana pasar Dinoyo? tanks infonya

Dari pasar Dinoyo ke arah selatan l.k 500 meter. Sebelah kanan jalan di blok N2. trims

Mulai dari mesin ,sampai ke kepenetasan telur sudah Bp.jelaskan, mohon penjelasa tentang ukuran kandang, bahan dan makanannya apabila hasil penetasan telur ayam sebanyak 100 ekor. terimakasih ( harlis kotabumi lampung utara )

Silahkan masuk pada kolom artikel ternak ayam> kandang pembesaran untuk ayam kampung pedaging. trims

Pak, anak itik saya banyak yang mati ketika akan keluar dari cangkangnya, kira-kira penyebabnya apa? tolong jawabannya ya pak. trima kasih.

Kejadian tersebut lebih dominan di sebabkan karena hilangnya keseimbangan cairan di dalam telur (dehidrasi) yang disebabkan oleh tingkat kelembaban dalam ruangan mesin tetas yang rendah. Kami menyarankan untuk menambah tingkat kelembaban pada 1 minggu terakhir sebelum telur menetas. trims dan semoga bermanfaat

pagi pak! telur itik udah 28 hari gak netas juga, tapi diteropong masih ada denyut, tapi sangat lemah, apa perlu saya bantu buka cangkangnya? trims.

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories