10th Apr, 2008

Training singkat

Pertanyaan : Salam kenal Pak pengasuh, mau tanya apakah ada training singkat masalah peternakan di perusahaan bapak mengenai masalah produksi, manajemen dan apa ada biayanya? karena saya tertarik dengan peternakan, tapi dengan modal pas-pasan apa bisa memulai usaha? alamatnya Malang daerah mana pak? terima kasih atas jawabannya.

Jawab : Salam kenal juga Pak Syaifudin. Kami memang berencana membuka pelatihan atau training mengenai IB pada domba dan sapi, dan juga training tentang penyusunan ransum untuk unggas dan ruminansia. Tapi untuk 2 bulan ke depan kami belum ada jadwal karena sudah ada training di Malang mengenai penyusunan ransum metode brill feed yang di adakan oleh fakultas peternakan Universitas Brawijaya Malang dan training IB yang diadakan oleh BBIB Singosari. Padahal pemateri pelatihan tersebut juga yang kemungkinan akan memberi training yang akan di adakan oleh sentralternak.

Untuk training tentang produksi dan manajemen peternakan kami belum mengarah ke sana karena kami rasa dinas peternakan setempat sudah pernah melaksanakannya. Dan untuk training-training yang akan di adakan oleh sentralternak masih di kenakan biaya. Kami minta do’anya pada Pak Syaifudin agar suatu saat sentralternak dapat mengadakan training secara gratis.

Untuk memulai usaha tidak perlu bermodal besar. Malah lebih baik kita memulai dengan modal yang keci-kecil dulu. Lebih baik sebelum Bapak terjun pada usaha yang baru, Bapak mencari pengalaman dulu baik dengan banyak membaca buku-buku, datang ke peternak yang sudah berhasil atau sering-seringlah Bapak untuk bertanya untuk hal-hal yang masih mengganjal. Ada pelanggan-pelanggan kami yang mencoba usaha dengan produksi yang kecil-kecil dulu, seperti membeli DOC kampung 100 atau 200 ekor, membeli mesin tetas yang kapasitas 30 butir untuk uji coba. Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat*(SPt)

Responses

Mohon info mengenai diklat inseminasi buatan dan pembuatan ransum ruminansia. Terima Kasih

Selamat Sore Pak Pengasuh Rubrik Pembaca,

Pada minggu ke-2 oktober 2009 ini saya akan dikirim ke jawa utuk mengikuti training minimal 3 hari untuk budidaya ternak itik petelur.Masalahnya saya harus cari informasi dimana tempat pelatihan yang bisa menerima saya. Mohon dibantu infonya mas sekaligus berapa biayanya termasuk penginapan dan makan selama mengikuti training.

kalau bisa training nya masih di bogor atau bandung dan paling jauh tegal. Tapi kalau harus ke Jatim ya gak apalah nanti saya akan lapor ke perusahaan saya dimana saya bekerja.

Salam,
Ruslan

Sentral Teknik…
Apa Ada Alat Pembuatan Pakan Sendiri skala kecil untuk itik dan ayam ?
mohon infonya…..

Mohon maaf, kami belum ada produk tersebut. trims

Saya berniat memulai ternak itik di Jakarta. Mohon informasi mengenai :
1.System kandangnya.
2.Mana yang lebih baik mulai dari DOD atau itik siap bertelur?
3. Apakah kita harus ada ijin dari dinas Peternakan setempat
4.Informasi harga itik baik DOD maupun Siap bertelur sampai di jakarta,
Terima kasih.

1. Masalah kandang pada usaha ternak itik biasanya hanya dibedakan menjadi dua yaitu kandang bok lengkap dengan pemanas buatan (umur 1-3 minggu) dan kandang ren (umur 4-bertelur). Model kandang ren adalah kandang yang masih terdapat pelataran/halaman untuk bermain.
2. Coba lihat artikel kami kembali dengan judul “menimbang beli DOD atau itik siap telur”
3. Izin memang perlu untuk mengetahui master plan tata ruang wilayah, jangan sampai usaha ternak itik kita sudah berjalan akan tetapi mendapat protes dari warga sekitar dan juga untuk mendapatkan kekuatan hukum.
4. Untuk informasi harga telah kami kirimkan via email. trims

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories