24th Jun, 2008

Telur Asin Rasa Bawang?

Telur asin merupakan lauk yang cukup akrab dan ekonomis bagi kebanyakan orang. Apalagi di saat sekarang, di mana harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi sehingga telur asin menjadi salah satu lauk alternatif bagi sebagian orang. Mengapa? karena harganya yang terjangkau, bergizi dan praktis sebab tidak perlu memasaknya lagi. Oleh karena itu membuat telur asin bisa menjadi alternatif bagi kita untuk memulai berwirausaha sendiri.

Sebagaimana yang kita ketahui, telur asin adalah telur bebek yang rasanya asin. Tetapi, telur asin rasa bawang mungkin baru kali pertama anda dengar. Nah, dengan inovasi ini diharapkan orang menjadi tertarik kepada produk telur asin yang tidak biasa ini. Sebenarnya cara pembuatan telur asin rasa bawang sangat sederhana dan sama dengan membuat telur asin biasa, bedanya hanya adanya penambahan parutan bawang putih ke media rendaman telur selain garam.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat telur asin rasa bawang :

 

Telur bebek …………..10 butir
Bubuk bata atau abu …. 1,5 kg
Garam kasar ………….. 300 gr
Bawang putih ………… 50 gr
Air ……………….. …. secukupnya

Proses pembuatan :

Berikut ini cara pembuatan telur asin bawang :

  1. Cucilah telur agar bersih dari kotoran bebek
  2. Campurkan bubuk bata atau abu dengan garam dan parutan bawang putih hingga tercampur rata sebagai media telur. Untuk penambahan parutan bawang putih, makin banyak jumlah yang ditambahkan makin berasa bawang putihnya kelak
  3. Tambahkan air secukupnya pada media hingga jika media ditempelkan pada telur bisa menempel dengan baik
  4. Rendamlah semua telur dalam media hingga tertutup rata atau balutlah tiap telur dengan media paling tidak selama 7 hari, karena lama perendaman berpengaruh terhadap rasa asin telur, makin lama direndam makin asin rasa telurnya.
  5. Setelah melalui proses perendaman, cucilah telur dari media hingga bersih kemudian rebuslah telur asin hingga matang. Setelah itu telur asin rasa bawang siap dipasarkan

 

Tips : Sebagiknya telur asin rasa bawang yang dipasarkan diberi stempel yang bertuliskan merk dagang dan alamat produksi untuk memudahkan orang menghubungi anda jika ada yang tertarik dengan telur produksi anda. Selamat mencoba, semoga sukses dalam berwirausaha.

Sumber : Majalah al-Mawaddah, dengan sedikit tambahan dari www.sentralternak.com

 

Responses

Boleh jg infonya. terima kasih

Dear whom it’s my concern

Saya menginginkan adanya teknologi pembuatan telur berbagai rasa dengan waktu yang cepat.
Mohon kiranya saya dikirim via email artikel atau buku tentang hal tersebut. Bila kami harus beli, saya mesti beli ke mana, harga berapa & bagaimana cara pembayarannya. Terima kasih atas perhatian & kerjasamanya.

Suhardi

Terima kasih atas informasinya dan mohon do’a dan dukungan untuk usaha keluarga. Saya mau tanya untuk membuat telur asin bisa tidak waktunya dipersingkat. terima kasih dan Wassalam

Terima kasih atas tips pembuatan telur asin yang telah anda tulis.Semoga bermanfaat bagi kita semua.Sebagai wirausaha pemula info tersebut sangat berharga buat saya.

Infonya keren banget,
tapi saya mencari bagaimana membuat telur asin dengan rasa lain tanpa harus menunggu lama….
triMa Kaci… ^^

info yang anda berikan cukup menarik, saya ingin info tentang telor asin aneka rasa, cara pembuatan secara detail. trims.

Informasi yang bagus sebagai salah satu langkah alternatif diversifikasi pangan.

Info yang menarik telur asin rasa bawang, mohon info agar kulit telur asin matang bisa mengkilat?. trims

Mohon maaf, kami belum mempunyai informasi akan hal itu. trims

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories