12th Jul, 2008

Bagaimana Cara Beternak Kelinci Berorientasi Bisnis

Berikut adalah hasil Conferensi Training On-Line Gratis yang diselenggarakan oleh sentralternak Pada tanggal 5 Juli 2007 pada pukul 13.00-14.30 WIB dengan Pemateri Bapak Agus Harianto S.Pt, semoga bermanfaat.

Sentralternak.com adalah usaha yang bergerak di bidang distributor peralatan ternak, bibit ternak, training dan konsultasi. Untuk tahun pertama kami menfokuskan pada usaha ternak unggas dan aneka ternak termasuk kelinci di dalamnya. Alhamdulillah ada di antara para penanya yang sudah praktek langsung dengan bantuan kami dan hasilnya cukup memuaskan. Kami senang mendengarnya sehingga kami ingin ada lebih banyak lagi yang akan berhasil nantinya. Insyaallah.

Dalil bahwa daging kelinci adalah halal :

Mungkin bagi sebagian orang memakan daging kelinci adalah syubhat (samar) karena perbedaan pandangan/pendapat. Ada yang berpendapat halal dan ada juga yang berpendapat haram. (ada di antara peserta yang nyletuk : kan makannya rumput bos). Berikut akan kami nukilkan sebuah hadits shahih (insyaallah) mengenai hukum makan daging kelinci.
Anas bin Malik r.a berkata : Kami kejutkan binatang kelinci (arnab) di Marridh Dhahran lalu kawan-kawan kamipun memburunya dan merekapun lelah. Kemudian aku mendapatkannya lalu aku menangkapnya dan aku membawanya kepada abu Thalhah, maka beliaupun menyembelihnya dan beliau mengirim daging di atas paha atau dua pahanya kepada Rasulullahsaw menerimanya dan memakannya (HR Bukhari, Muslim)

Potensi dan tujuan beternak kelinci :
Penghasil daging, bisa sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi keluarga. Di antara jenis kelinci penghasi daging adalah : Vlaams, New Zealand, White England dll
Penghasil anakan atau bibit, ditujukan untuk mendapatkan ternak pengganti (replacement stock) dan juga ternak hias. Jenis kelinci yang banyak diminati untuk ternak hias antara lain : angora, lion, dan rex totol
Penghasil bulu dan bahan industri, sebagai contoh adalah kelinci jenis angora. Dalam setahun seekor kelinci angora mampu menghasilkan 100-200 gram wool dengan 4 kali pemotongan. Tetapi di Negara kita belum ada yang mengusahakan.
Sebagai bahan percobaan medis atau hewan laboratorium

Sedikit kami singgung tentang panca usaha peternakan :
Panca usaha peternakan
1. Penggunaan bibit unggul
2. perkandangan yang memenuhi syarat
3. pemberian ransum yang tepat (kwantitas dan kualitas)
4. Pencegahan penyakit
5. Pemasaran hasil atau produk

Kiat-kiat memilih kelinci yang baik :
- Pergerakan lincah dan aktif
- Mempunyai nafsu makan yang tinggi
- Performance tubuh seimbang (besar kepala dengan panjang tubuh dll)
- Bermata bulat bercahaya, selaput matanya bersih, mempunyai pandangan yang tajam dan cerah
- Telinganya lebar dan panjang minimal 10 cm
- Bagian-bagian yang berlubang (hidung, mulut, telinga, dubur) terlihat bersih
- Berkaki normal (terlihat kuat, kokoh dan berkuku pendek)
berbadan bulat, berdada lebar, padat dan singset
- Berbulu bersih, licin, halus, mengkilat dan rata
- Ekornya terlihat kecil, tumbuh lurus ke atas dan tampak menempel ke punggung serta bentuknya tidak miring
- tanda lain untuk induk betina adalah mempunyai cukup bulu untuk membuat sarang beranak, mempunyai pinggang yang lebar dan jumlah putting susu paling sedikit 8

Perkandangan

Lokasi :
- sinar matahari yang masuk cukup
- bersuhu sejuk, berkisar antara 15-20°C
- mempunyai ventilasi yang baik untuk pergerakan udara
- tempatnya kering
- lingkungannya tenang dan tak jauh dari rumah, karena berhubungan dengan keamanan ternak
- diusahakan disekitar kandang terdapat naungan

Kandang
- Bahan murah, awet, dan mudah di dapat
- Mampu melindungi ternak dari cuaca buruk
- Mempunyai tempat pembuangan kotoran
- Lantai kandang dapat dibuat dari kawat, bambu dan kayu
- Ukuran kandang bisa flexible, bisa dipakai patokan ukuran pxlxt : 90×60x60 cm, sarang beranak berukuran pxlxt : 40×30x30 cm

Makanan
Makanan kelinci yang baik adalah yang terdiri dari sayuran hijauan, biji-bijian, dan makanan penguat (konsentrat). Makanan hijauan yang diberikan antara lain semacam rumput lapangan, limbah sayuran seperti kangkung, selada air, daun bunga kol, daun wortel, wortel, dan lain-lain. Sayuran hijau yang akan diberikan pada kelinci ini kalau bisa telah dilayukan dan jangan dalam keadaan segar. Proses pelayuan selain untuk mempertinggi kadar serat kasar, juga untuk menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau mencret. Biji-bijian bisa berupa jagung yang digiling halus (hanya untuk campuran konsentrat), konsentrat : polard (kulit gandum), dedak halus, ampas tahu (terbatas).

Jadwal pemberian pakan :
Hijauan dengan jumlah sedikit diberikan sekitar pukul 07.00 atau 08.00 pagi setelah kandang dibersihkan terlebih dulu, kemudian pada pukul 10.00 pagi diberikan konsentrat, dan pada pukul 15.00 diberikan hijauan lagi tapi dalam jumlah yang banyak

Jumlah pakan yang diberikan
Konsentrat untuk Induk bunting sekitar 1 ons/hari, dan untuk induk menyusui : 1,5-2 ons/hari, sedang hijauan diberikan secara bebas. Konversi pakan yang bagus adalah 3:1

Pencegahan penyakit
Penyakit kelinci yang sering timbul adalah kudis (scabies), mencret dan perut kembung. Untuk kudis anda bisa mengobatinya dengan vormectin yang bisa kita beli di poultry shoup terdekat. Mencret disebabkan pola makan yang salah atau makanan yang diberikan sudah basi hijauan banyak mengandung air sedikit serat. Untuk penyakit perut kembung bisa dicegah dengan tidak memberikan pakan yang masih basah atau kandungan airnya cukup tinggi. Cara mengobatinya adalah dengan pemberian obat sulfa seperti norit atau minyak adas.

Pemasaran hasil atau produk
Produk atau hasil dari beternak kelinci adalah sebagai berikut :
1. Daging/karkas
2. Anakan/bibit
3. Bulu/kulit
4. Penelitian
5. Kotoran

Beberapa kiat untuk mendapatkan keuntungan berlebih dari beternak kelinci, mohon maaf, untuk yang satu ini hanya anda bisa dapatkan pada waktu training. Meskipun training gratis tapi tapi banyak yang menganggapnya remeh. Maka kami telah berikan 6 tips beternak kelinci yang berorientasi bisnis. Di antara tips yang telah kami berikan adalah bagaimana kiat untuk mendapatkan kualitas karkas daging yang bagus, bagaimana menciptakan produk unggulan, bagaimana trik menjual produk, tips dalam membeli kelinci, dan tips tentang reproduksi kelinci. Anda bisa mendapatkan trik dan tips tersebut pada peserta yang mengikuti training tersebut.

Pesan kami, jangan remehkan waktu dan ilmu. Kami sampaikan terimakasih kepada peserta yang telah rela meluangkan waktunya untuk mengikuti acara ini dan semoga kita dapat mengambil manfaat*(SPt)

Anda dapat mengcopy artikel ini dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com. Saran dan kritik dapat disampaikan lewat email : sentralternak@yahoo.com

Responses

Makasih… jadi pengen nyoba nih.

Helooo. aq pengen mo memelihara kelinci tapi aq takut. gini, apa kelinci itu ga kayak tikus, kucing, ap ga ada berbahaya. misalny ada virus atau penyakit lainnya gt and makasih atas infonya

Tidak usah takut pak Sando, sepanjang pengetahuan kami belum pernah terdengar penyakit manusia (zoonosis) yang disebabkan oleh kelinci. Jadi insyaallah aman untuk diternakkan dan dijadikan usaha baru atau sampingan. trims dan semoga bermanfaat

Pak mau nanya, gimana cara mengawinkan kelinci yang baik dan benar.

Insyaallah mudah, masukkan betina ke dalam kandang jantan dan tunggu beberapa saat sampai tanda-tanda perkawinan yang berhasil terlihat seperti sang jantan mengeluarkan suara, terpelanting, dan memukul-mukulkan kakinya. semoga bermanfaat

Ok mas mau nanya…
berapa umur kelinci yang baik untuk di kawinkan

Umur kelinci yang baik untuk dikawinkan tergantung dari jenisnya. Untuk jenis lokal rata-rata umur 7 bulanan, untuk kelinci unggul seperti flaams, rex, angora, lion, dutch biasanya umur 6 bulanan. Yang paling aman adalah dengan melihat tanda-tanda birahi pada ternak. semoga bermanfaat

Pak, gimana pemasarannya ya pak ?
Saya mau coba ternak skala kecil di rumah,
suhu sekitar 32C gimana pak?

Kembali kepada tujuan beternak, apakah untuk menghasilkan daging (potong) atau anakan (hias)? Kalau untuk menghasilkan daging Bapak bisa menyuplainya ke warung penyedia masakan dari kelinci seperti sate, bakso, dan steak kelinci. Kalau tujuannya untuk menghasilkan anakan (hias) bapak bisa menjualnya ke pasar burung/hewan, tempat-tempat wisata dan lainnya. Yang lebih aman sebelum memulai usaha memang mencari jalur pemasaran. Cobalah mencari peternak kelinci yang lain dan mungkin bisa ditanyakan ke mana mereka menjual hasil produksinya. Untuk suhu tidak masalah pak, bisa kita siasati nantinya. Semoga bermanfaat

Pagi pak,
Saya mau tanya, dari beberapa species kelinci yang saya punya, khususnya jenis Angora yang saya punya koq akhir-akhir ini dia galak dan sering gigit kenapa ya? (jenis kelamin betina, apakah karena hamil atau gimana?
terima kasih…..

Salam,

Kelinci mempunyai kebiasaan menggigit atau memakan bulunya sendiri (fur eating habbits) atau bahan lain seperti kayu kandangnya dan tempat pakannya. Hal ini biasanya terjadi karena pakan kekurangan serat kasar dan bisa juga karena kandungan protein dalam pakan sangat rendah. Untuk membantu menghilangkan kebiasaan ini dapat diberikan bungkil-bungkilan seperti bungkil kedele atau bungkil kacang tanah. Bisa juga dengan menyediakan potongan kayu atau garam blok di dalam kandang. Akan tetapi perlu diingat cara ini hanya untuk mengalihkan perhatian kelinci bukan untuk menghilangkan kebiasaan. semoga bermanfaat

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Pak yang saya ingin tanya, sampai umur berapa anak kelinci dipisahkan sama induknya?, dan ukuran kandang yang baik untuk kelinci dewasa, dan bahan apa yang baik untuk membuat kandang kelinci?
Trima kasih atas kesempatannya.

wa’alaikumussalam wr.wb, Patokan umur kelinci di sapih adalah apabila anak kelinci tersebut sudah mampu mengkonsumsi hijauan atau pakan penguat sendiri (sudah tidak tergantung pada induknya). Rata-rata umur 1 bulan kelinci sudah dapat disapih dari induknya dan bisa dijual atau dipelihara pada kandang yang terpisah. Ukuran kandang yang baik adalah seukuran kelinci ketika tidur, diukur mulai menjulurnya kaki depan sampai kaki belakang (l.k 60cm) ditambah dengan box beranak (30cm) dengan lebar sekitar 60 cm. Jadi kandang bisa dibuat dengan ukuran pxlxt (90×60x60). Bahan yang selama ini sering dipakai adalah bambu yang agak tebal, dengan bagian kulit berada di bagian dalam dan pada bagian depan (pintu) menggunakan kawat ram. semoga bermanfaat*(SPt)

Aku baru mulai beternak. aku membeli sepasang kelinci. Aku mengalami kesulitan dalam membedakan kelinci jantan dan betina. bisa dibantu untuk membedakannya? Aku juga sempat mendengar kalau rumput liar yang memiliki bau yang menyengat akan membunuh kelinci tersebut. apa benar? dan untuk sarang apa boleh menggunakan rumput kering? kandang kelinci saya PxLxT (90×45x45) dan sudah saya gabung betina dan jantan, skema makanan yang saya berikan pagi dan sore di berikan sayur di susul konsentrat. apa ada yang salah dari kandang dan pemeliharaan saya? Yang terakhir, bisaka kirim foto kandang yang ideal mulai dari sisi lantai, dinding, atap? kalau tidak bisa, tolong beri tahu dimana aku bisa melihat foto kandang ideal tsb(blog atau link, sebagainya). saya sangat berniat berternak kelinci. mohon bantuannya. Terima kasih atas bantuannya.

1- Untuk membedakan jenis kelamin kelinci dapat dilihat ada tidaknya benjolan testis berwarna agak kemerahan yang ada di sekitar lubang pengeluaran kotoran (anus), kalau terdapat benjolan tersebut berarti jantan.
2- Kami belum pernah mencobanya untuk memberikan rumput liar dengan bau yang menyengat, kalau memang itu benar adanya maka ini adalah pengetahuan baru buat kami.
3- Untuk sarang kelinci biasanya sang induk akan membuatnya sendiri dengan merontokkan bulu-bulunya dan ini sekaligus sebagai pertanda bahwa sifat induk tersebut baik. Untuk penambahan rumput kering dalam sarang boleh-boleh saja akan tetapi diusahakan rumput yang bertekstur halus.
4- Untuk kandang peliharaan sebaiknya dipisahkan jantan dan betina. Untuk mengawinkannya masukkan induk betina ke dalam kandang jantan dan jangan sebaliknya
Semoga bermanfaat

haloo…
Pak kelinci saya kira-kira umurnya sudah 4 bulanan, jenis nya anggora. Kira-kira kalo mau saya kawinkan sudah bisa apa nggak ya ? trus mau nanya lagi kelinci saya lepaskan nggak saya taruh dikandang gimana cara ngawinkannya?
thx

Kalau menurut kami belum saatnya kelinci umur segitu untuk dikawinkan, silahkan ditunggu sampai umur 5 - 5,5 bulan saja. Untuk kelinci yang tidak dikandangkan otomatis akan terjadi perkawinan dengan sendirinya asalkan ada pasangannya (jantan). Yang bagus dikandangkan saja, sehingga perkawinan bisa di kontrol dan sangat membantu dalam manajemen pemeliharaan. trims

terimakasih atas responnya.
Untuk membedakan kelinci betina dan jantan kan kalau sadah umur 4 bulan baru nampak benjolan testis. Namun bagaimana kalau yang dibedakan masih berumur 1 bulan?
Kelinciku terserang mencret, aku membeli norit cap lang. bagaimana cara memberikan obat kepada kelinci tsb? berapa dosis yang baik diberikan kpd kelinci tsb? beberapa ekor kelinciku yang terserang mencret mati, semenjak 2 hari yang lalu sampai sekarang mati 5 ekor. yang hari pertama aku memberikan norit 1/4 tablet. mungkin mati overdosis. aku memberikannya dgn cara menumbuk potongan norit 1/4 dan menyuapi paksa. detik-cetik kelinci sebelum mati, kelinci membuka mulutnya lebar-lebar. hari ke-2 tidak aku berikan obat namun tetap mati juga. bagaimana cara mengatasinya? pola makan yang berubah hanya saja aku tidak memberinya konsentrat krn habis stok. apa pengaruh krn tidak makan konsentrat?

Untuk membedakan jenis kelamin kelinci yang berumur satu bulan bisa dengan melihat ada tidaknya penis (alat kelamin) caranya adalah dengan menekan bagian pangkal ekor (posisi kelinci terlentang, nglumah = jawa) sampai terlihat tanda pada yang jantan benjolan/bulatan kecil yang menonjol sedangkan pada yang betina seperti huruf V. Untuk pemberian norit sebaiknya dengan dosis yang rendah dulu 1/8 atau 1/6 tablet. Mencret biasanya disebabkan oleh kandungan uap air yang terlalu banyak pada pakan hijauan, konsentrat atau hijauan yang berjamur. Sedangkan cara untuk mengatasinya adalah dengan mengatur kembali pola makan dan pemberian obat sulfa seperti sulfasuxidine, sulfaquanidine. semoga bermanfaat

Pakan kangkung merupakan Limbah sayur. Apakah terlalu banyak/sering memberikan kangkung mengakibatkan mencret? Menurut info yg aku peroleh, kangkung mengandung banyak air dan getah. Seluruh dinding terbuat dari kawat, apakah kelinci mudah terserang penyakit? Apakah kelinci juga diberikan minum? jika ya, air apa yang ideal untuk kelinci tsb? lahan yang aku miliki tidak luas, berapa kiranya ukuran kandang yang terkecil namun tidak membuat kelinci merasa kesempitan?Aku memberikan dedak halus, namun tidak dimakan oleh kelinci. apakah dedak ini harus diolah terlebih dahulu?

Kelinci saya kemarin beranak 6 ekor, tapi 5 ekor di makan tikus. apa solusi nya? umur berapa anak kelinci dipisah kan dari induk nya? dan berapa hari induk nya dapat dikawinkan lagi? trims

Untuk menghindari kejadian di atas (anakan kelinci di makan tikus) adalah dengan membuat kandang yang rapat dan menyediakan sarang beranak di dalamnya. Anak kelinci dapat dipisahkan dari induknya (sapih) pada umur sekitar 1-1,5 bulan dengan berpatokan pada kemampuan anak kelinci tersebut sudah mampu mengkonsumsi pakan (hijauan dan penguat seperti konsentrat) sendiri. Induk kelinci dapat dikawinkan kembali paling cepat 1 minggu setelah beranak karena kelinci termasuk salah satu jenis hewan yang masa ‘nifas dan haid’ nya pendek. Subhanallah

Saya mau tanya! kandang yang baik langsung tanah apa ada alas lagi! trim’s

Kami menyarankan untuk penggunaan alas kandang berlantai, karena kabersihan kandang lebih terjaga. Yang penting adalah kotoran kelinci (faeces dan urine) bisa langsung jatuh kebawah. semoga bermanfaat

trimakasih atas iaformasinya jadi tambah pengetahuan, cz ku mau belajar berternak kelinci……………………………………..

baru kali ini saya mengetahui bahwa kelinci dapat dijadikan objek bisnis. tapi sulit untuk mengaplikasikannya

Saya mau tanya…
Apakah kelinci yang sedang sakit mencret bisa di obati dengan obat mencret manusia seperti ENTROSTOP?

Bisa diberikan obat semacam itu, bisa juga diberikan norit (bukan promosi) atau secara alami saja seperti daun jambu dan yang lainnya. trims

Mas, saya mau nanya nich, klo suhunya di atas 30 bisa gak?

Insyaallah masih bisa, dan tentunya itu menjadi pertimbangan kita dalam menentukan model kandang yang akan dibangun. trims

Salam kelinci buwat cemua. Mau tanya tanda2 kelinci bunting usia bunting 1 sampe 2 minggu, apa ciri dari luar n dalam? trima kasih

Kelinci tidak akan mau dikawin lagi oleh pejantan, kemudian akan terasa benjolan kecil yang nantinya membesar di bagian perut (jangan terkecoh dengan benjolan kotoran), dan juga biasanya nafsu makan meningkat. trims

Artikel bagus banget, dan Saya mau tanya. salam kelinci buwat semua. Saya punya 4 kelinci. 3 betina 1 jantan. bagaimana mengawinkan kelinci yagg efisien?pa tiap hari 1 betina atau bagaimana? trima kasih. dan saya tunggu jawabannya.

Karena sesuatu hal, mulai 15 Nop-05 Des order bibit unggas, konsultasi ternak dan usaha tutup. mohon maklum

salam sahabat peternak ‘

mautanya suhu kandang saya dibawah 30 sekitar 28 ,. letaknya di cipanas/cianjur puncak .apacocok di jadikan untuk tempat beternak kelinci .

suhu ideal kelinci berapa ?

terimakasi di tunggu jawabanya .

Setelah musim disni brubh kelinci sya lma branake,knpa ya?pa gra2 musim penghujan,to krana apa?

sangat menarik, terima kasih

bagus bet. semoga yang nulis ini semakin bisa sukses dan membantu para calon peternak kelinci

thanks infonya …

salam buat peternak kelinci smua.saya pemula peternak kelinci,saya mau tanya kira kira untuk pemula peternak kelinci berapa pasang ya…

hank you very much ..
I succeeded in Dutch and my rabbit has more than 500 ..

thank you
klo milih kelici awal buat ternak itu gimana? trs caranya bikin makanan konsentrat sndri itu gmn?

Silahkan melihat bahasannya di http://www.sentralternak.com>artikel aneka ternak>…kelinci. Makanan bentuk konsentrat kami rasa belum efisien kalau diberikan kepada kelinci karena jatuhnya masih mahal. Cara membuat konsentrat kelinci sama seperti membuat konsentrat ayam cuma kandungan nutrisi dan komposisi bahan pakannya yang berbeda. trims

saya mau menambah:u pemasaran kelinci sangat mudah.datang saja ke pasar hewan atau burung.tawarkan ke pdgangnya.biasanya dipasar depok solo semua pedagang mau beli.asal hrg cocok pst dibeli.jika anda sdh peternak besar..pasti anda akan dicari para pedagang

saya berminat sekali tapi masih ragu minta disambungkan dengan penepul untuk bermitra

thks..saya tinggal dibogor,mau nanyakan klu training yg dimaksud bapak dimana ya?? ..klu di daerah bogor/jakarta/ yg dekat2 sekitar itu dimana ya pak…mungkin bapak bisa memberikan saran2..thks.

Untuk informasi training Bapak bisa menanyakan kepada dinas peternakan atau dinas pertanian setempat, pihak akademik seperti universitas atau institut, media peternakan dan pertanian seperti trubus, trobos juga sering mengadakan training. semoga bermafaat

gimana dan dimana kalau mau ikut pelatihan beternak kelinci ? tanggal berapa lagi diadakannya ?

pak, saya punya empat ekor kelinci yang terdiri dari 1 jantan dan 3 betina. ada satu kelinci betina yang sudah 2 x beranak, tetapi tidak mau menyusui anaknya sehingga anaknya mati. yang ingin saya tanyakan bagaimana cara agar si induk mau menyusui anaknya? terima kasih.

Kelinci yang tidak mau menyusui anaknya bisa disebabkan sifat genetis dari induk tersebut jelek atau karena kurangnya faktor pendukung penghasil susu. Kalau dikarenakan faktor pertama maka tidak ada jalan lain kecuali dengan mengganti induk tersebut dengan induk baru, kalau karena faktor ke dua maka kita perlu evaluasi terhadap pakan yang kita berikan selama masa menyusui (laktasi). Karena puting susu akan terasa sakit ketika dihisap oleh anak kelinci sedangkan dalam puting susu tersebut tidak terdapat air susu. Trims dan semoga bermanfaat

Pak..saya mau tanya. saya baru beli kelinci umur 2 bulan. beberapa hari kemudian kelinci saya mengalami kelumpuhan kaki. nah kira2 apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya?? selain itu, misal di kandang saya pasang bohlam 25watt,apa itu baik untuk kelinci? terima kasih

Kelumpuhan pada kaki bisa disebabkan oleh kerusakan syaraf pada kaki atau karena kelinci tersebut pernah jatuh atau terjepit. Untuk obat kami kurang mengetahuinya akan tetapi coba diberikan obat nyeri tulang untuk manusia dengan dosis 1/4 nya. semoga bermanfaat.

Wah bgus bgt artikel ini…
Aku jadi kpingin ternak klinci..
pak mw tnya,klu klinci dksi daun kemangi bisa mati ya?klinci saya tak beri daun kemangi,tp malam.nya langsung kejang-kejang..
Saya tunggu info.ny !

Wah kami belum ada pengalaman memberikan daun kemangi kepada kelinci. trims

Halo
saya mau nanya kelinci saya kan melahirkan, 3 hari setelah itu anaknya mati, karna dia tidak menyusui anaknya 1 hari ini, apakah karna waktu kawin si kelinci jantan di masukin ke kandang si betina? Mohon jawabanya, thank’s

Kelinci tidak mau menyusui anaknya bisa jadi memang jumlah asi yang dihasilkan induk kurang atau karena sifat keibuan (mothering) dari induk yang jelek dan bukan karena proses perkawinan. Perkawinan pada kelinci semestinya si betina di masukkan ke kandang pejantan

Hai sya mau nanya, apa mkanan untk kelinci yg sudah melah!rkan agar kelinci dpt mghasilkan asi yg baik bg anaknya??mhon jawbannya.trim’s

Makanan yang cukup baik untuk induk menyusui adalah konsentrat (polard atau lainnya) dan hijauan dengan porsi yang lebih banyak tentunya dari porsi yang diberikan sebelumnya. trims dan semoga bermanfaat

Mas/pak,,
nanya dunk,,?!
Gmn law melihara klinci di alam terbuka?… Antara jantan dan betina di gabung biar kawin sendiri bisa ga??

Bisa saja pak, memang awalnya kelinci hidup secara alami. Akan tetapi untuk meningkatkan produktifitasnya maka manusia memeliharanya secara intensif. trims

ya artikelnya bagus tuk para pemula ternak kelinci
saya harap ini benar

klo klinci mencret” apa obatnya?? truss pnyebabnya apa ya?? makanan yg baik bwt klinci apa aja???

Pengobatan mencret pada kelinci sama halnya pengobatan mencret pada manusia, bisa diberikan tablet norit atau obat khusus mencret pada kelinci (pil warna hitam) yang bisa di beli di toko pakan ternak atau di pasar burung. Pengobatan alami juga bisa dilakukan dengan memberikan daun jambu biji (klutuk) pada kelinci. Penyebab mencret biasanya karena pakan yang sudah mulai busuk (hijauan) atau sudah berjamur (pakan konsentrat/penguat). Makanan yang baik untuk kelinci adalah perpaduan hijauan dan pakan penguat (konsentrat). Hijauan yang bisa diberikan antara lain kangkung, selada air, rumput lapangan, rumput krokot, daun bunga kol putih dan lain sebagainya. trims dan semoga bermanfaat

Mas mau tanya, katanya pelihara kelinci tuh nggak baik untuk kaum perempuan ya…? karena kelinci bisa jadi penyebab Toxoplasma atau si perempuan jadi sulit hamil?? thx

Kami tidak mengetahui secara pasti korelasi antara memelihara kelinci dengan penyakit toxoplasma pada kaum hawa. Kalau ada yang mengatakan bahwa pelihara kelinci menyebabkan kaum hawa sulit hamil, tapi kenyataan di lapangan banyak istri dari peternak kelinci yang mempunyai keturunan. Tapi untuk jelasnya silahkan berkonsultasi dengan ahli medis terdekat. trims dan semoga bermanfaat.

maaf mengganggu om saya mau nanya:
kalau kelinci kita kasi makan pur buat kelinci boleh apa enggak tolong jawabannya

terima kasih

Mas di mana bisa dapatin induk kelinci di Surabaya?? thanks

Silahkan masuk ke kolom artikel aneka ternak> jejaring peternak kelinci di beberapa kota besar. trims

pengen nyoba,,mudah2n berhasil,,,

saya ternak kelinci sudah 2 kali melahirkan tapi mati semua coz yang pertama diserang serangga dan yg ke 2 induk tidak mau menyusui, bagaimana cara beternak yang baik ya..?trims

Asalamualaikum all. Mas saya mau nanya ; kenapa ya anak kelinci saya bisa mati pada saat baru lahir. Induk nya melahirkan 5 ekor anak, 4 mati. Cuma 1 aja yg bertahan hidup sampai skarang. umurnya udah 1 minggu. Thx

Penyebab kematian anak kelinci yang baru lahir rata-rata disebabkan ketidakmampuannya menahan hawa dingin dan suplai makanan tidak mencukupi atau bisa juga posisi induk ketika mengeluarkan anak tidak tidur sehingga anak yang baru lahir mesti jatuh dari atas. trims dan smoga bermanfaat

ah males pelihara kelinci orang ngak nganak2 kok.
bagaimana cranya byar cepet nganak ni master kelinci

Coba evaluasi beberapa hal berikut :
1. Berapa umur kelinci yang Bapak punya sekarang?
2. Apakah pemeliharaan dipisah jantan-betina dan ketika kawin saja dicampur?
3. Apakah Bapak dapat memastikan bahwa perkawinan benar-benar berhasil/sukses?
4. Apakah bisa dipastikan bahwa kelinci induk benar-benar subur dan tidak mandul?

ass. kenapa pak kelinci saya tiba-tiba mati mendadak?

Mohon maaf, mungkin lain kali dalam bertanya baik kepada kami atau kepada orang lain hendaknya memperjelas pertanyaan karena berpengaruh pada jawaban nantinya. Kami yakin anda bertanya kepada siapa saja dengan pertanyaan yang serupa mungkin dianggap main-main atau hanya iseng-iseng saja. Kelinci mati mesti meninggalkan gejala seperti perut kembung atau keluar cairan dari mulutnya. Kalau tidak ada maka kita perlu evaluasi perlakuan kita terhadap kelinci sebelum mati seperti apakah pakan kelinci tidak bermasalah (basah, berjamur atau beracun), atau memang sebelumnya kelinci tersebut menderita penyakit kulit yang akut?. trims

Pak saya mau bertanya biasanya jika induk kelinci sudah mulai bisa beranak, biasanya berapa hari sekali kelinci itu beranak. sebelum dan sudahnya saya bnyk terima kasih atas infonya. blas ke almt emailku (mudhatama@yahoo.co.id) ya pak terimakasih

Kelinci mulai beranak juga dipengaruhi oleh jenis kelinci itu sendiri, rata-rata induk kelinci sudah mulai beranak pada umur 5-6 bulan. Kelinci dapat beranak setiap 2 bulan sekali dan paling cepat setiap 40 hari bergantung berapa lama kelinci tersebut dikawinkan lagi setelah beranak. trims

Pak mau tanya. Saya punya sepasang angora english dan sepasang fuzzy lop. Saya pelihara nya bukan di kandang bambu,tp dr besi seperti kandang kucing. Apa kelinci beranak di kandang seperti itu? Trus kelinci saya tiap sore saya lepas dgn maksud biar sedikit leluasa,tp saat di lepas kelinci suka makan daun2 tanaman hias,apa itu mempengaruhi? Mohon solusi nya.

Insyaallah bisa beranak, akan tetapi sebaiknya kandang kelinci tersebut tertutup dan disediakan sarang beranak di dalamnya. Untuk masalah makan daun-daun tanaman hias juga tidak masalah asalkan kita tahu daun-daun tersebut tidak mengandung zat yang membahayakan kelinci.

ada beberapa yg saya mau tnya lg.
1. Kalau kandang nya ditutup fiber hitam apa bs? Trus sarang yg baik itu trbuat dr apa dan apa prlu ditambahkan isi disarang itu?
2. Pakan apa yg bagus utk prtumbuhan kelinci supaya gemuk dan bulu g rontok. Soalnya angora saya suka rontok bulu nya. Apa ada solusi nya?
3. Apa bs kelinci di mandikan seperti halnya kucing?
4. Knp salah satu telinga kelinci lop saya g turun,malah angora nya turun 1 telinga nya? Apa ada pengaruh krn kandang yg berdekatan?
5. Apa kelinci perlu di jemur di sinar matahari pagi?
Trimakasih

bales ya pak

saya punya sepasang kelinci. tapi, kenapa yang jantan kok kurang bergairah untuk kawin?
bagaimana membuat sijantan menjadi bergairah?
makasih

Terima kasih atas infonya,. saya sangat tertarik sekali berternak kelinci,. kalau boleh saya tahu, u/ trainingnya itu dimana ya pak? dan u/ pembelian bibit kelinci itu perekornya berapa pak, dan bisa dibeli dimana?

apa kelinci boleh dikasih makan alang-alang ??

bagaimana ngurus kelinci yg baik mas?

Ass, pa sya mw tnya ..
Kenapa ya klinci sya mkan kertas ??, pdhl kertas itu untuk melahirkan, apakah tidak apa“ ??, trus ntar klo dh nglhirin apakah hrus di pisah dngn si jntan ??, karena sya mnyatukan klinci itu sekandang .. Tolong di bls pa, sya lg sneng“a ma klinci, hhe .. Mksi sblm.a, mekum

Assalamu’alaikum wr, wb

pak saya mau tanya, saya punya kelinci tapi kelincinya suka bersin-bersin, itu kenapa ya pak?
dan bagaimana cara pengobatannya?
terima kasih.

kapan ada lagi penyuluhan tentang cara beternak kelinci pak???
saya mau mencobanya…
tolong hubungi saya di (021) 33372858

mohon pencerahannya pak.
terima kasih

mas, suhu extrim berpengaruh pd kelinci? antisipasinya gmna? daerah pantai cocok untuk budidaya kelinci? mksh

Mau tanya dunk,,kenapa yah kelinci betina saya gigit si jantan waktu saya kumpulin 1 kandang buat dikawinin???

Di gigit atau memang itu tahapan dalam proses perkawinan kelinci? Coba anda perhatikan saja, setelah digigit tidak terjadi proses perkawinan atau malah terjadi. Kalau terjadi perkawinan tentu tidak masalah, kalau tidak terjadi perkawinan setiap kelinci betina di masukkan ke kandang jantan tentu ini jadi masalah. Saran : masukkan kelinci betina ke dalam kandang jantan jangan sebaliknya, kalau belum berhasil juga proses kawinnya coba ganti kelinci jantannya. trims

mf,mau tanya lagi dunk, kebetulan kelinci btina sy jadi satu kandang sma si jantan,tapi pke pembatas kawat kotak2 ntu,,tu gmana???
sama lagi satu,,kelinci yg siap dikawinin tu ciri2nya gimana,,cz sy gg tau,wktu beli tu mreka umurnya brapa,,
sebelumnya terima kasih,,

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories