8th Aug, 2008

Dari Mana Memulai Usaha Ternak Itik?

beternakitik, DOD, Bayahwww.sentralternak.com, Beternak itik bagi sebagian orang terasa lebih menjanjikan daripada beternak unggas jenis lainnya. Pertama, produk yang dihasilkan yaitu telur terasa lebih ‘dihargai’ sebab penjualannya dihitung bijian bukan kiloan sebagaimana halnya telur ayam ras. Ke dua, cara pemeliharaan dan perawatan yang relatif mudah serta lebih tahan terhadap penyakit. Ke tiga jumlah permintaan telur yang terus naik dari tahun ke tahun. dan Ke empat yaitu permintaan akan daging konsumsi juga tinggi.

Dari gambaran di atas sebenarnya masih ada ruang atau kesempatan yang sangat luas untuk memulai usaha ini. Akan tetapi timbul masalah bagi pemula yaitu dari mana memulai usaha ternak itik? Apa sebaiknya beternak itik untuk menghasilkan telur saja, apa beternak itik untuk menghasilkan DOD, atau usaha pembesaran DOD, atau penetasan? Nah berikut gambaran singkat tentang beberapa pilihan usaha dalam menjalankan bisnis ini.

Ada beberapa pilihan dalam menentukan langkah memulai usaha :
1. Mengkususkan usaha untuk menghasilkan telur tetas. Untuk menghasilkan telur tetas yang baik ratio jantan dan betina adalah 3-5 pejantan untuk 50-100 ekor itik betina. Di sarankan terdapat kolam di dalam kandang untuk aktifitas berenang itik agar terjadi proses kawin secara alami. Telur itik yang sudah terkumpul di tetaskan dengan bantuan mesin penetas karena naluri mengeram itik sangat rendah atau bahkan tidak ada. Bisa juga dengan bantuan jasa menthok, akan tetapi hal ini akan menambah biaya lagi untuk pemeliharannya. Lama penetasan baik dengan mesin penetas atau menthok ± 28 hari. Lama penyimpanan telur tetas yang baik adalah kurang dari 7 hari.

2. Usaha penetasan, yaitu menetaskan telur itik menjadi DOD (Day Old Duck). Karena lama penetasan yang lebih panjang dari pada telur ayam maka perlu pertimbangan lagi untuk memulai usaha ini. Ada dua hal yang penting dalam memulai usaha ini yaitu bagaimana cara mendapatkan telur tetas yang baik dan memilih mesin penetas. Anda bisa membuka artikel kami lainnya untuk penjelasan ke dua hal tersebut. Keuntungan dalam usaha ini akan berlipat apabila begitu DOD menetas langsung dapat terjual, kalau tidak maka perlu biaya tambahan untuk memelihara DOD untuk beberapa jangka waktu beberapa hari. Kami menyarankan bagi peternak pemula untuk mencari relasi yang dapat dipercaya sebagai penyuplai telur tetas karena menyangkut nama baik usaha yang akan kita rintis. Sekali citra usaha kita buruk maka agak sulit untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Lebih aman kalau kita memiliki pembibitan (breeding) sendiri untuk menjaga kualitas dan kontuinitas usaha.

3. Pembesaran DOD untuk dijadikan pedaging. Beberapa tahun terakhir usaha ini sudah banyak mendapat perhatian dari para investor. Pada umumnya DOD yang dijadikan sebagai pedaging adalah DOD jantan. Kenapa? Di samping harga bibitnya lebih murah juga kelebihan tingkat pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang lebih cepat jika dibandingkan dengan betina. Masa pemeliharaan yang relatif singkat yaitu sekitar 2 – 3 bulan juga menjadi daya tarik tersendiri. Untuk para pemula yang akan terjun dalam bisnis ini harus pandai-pandai berhitung soal pakan karena fluktuasi harganya yang gampang berubah.

4. Usaha pembesaran DOD sampai menjelang bertelur (bayah). Bayah adalah sebuatan itik betina siap bertelur yang berumur kira-kira 4-5 bulan. Biasanya system pemeliharaan bayah lebih banyak digembalakan karena di samping untuk lebih menekan biaya pakan juga untuk memberi kesempatan itik untuk berburu pakan alami kesenangannya seperti cacing, ikan-ikan kecil dan juga sebagai sarana exercise agar tubuh tidak kegemukan sehingga dapat menghambat produksi nantinya. Setelah itik sudah menandakan tanda-tanda akan bertelur maka itik bisa ditawarkan kepada calon pembeli. Ada satu trik saat menjual bayah yaitu usahakan menjual bayah ketika itik sudah mulai bertelur dan itu akan membawa ke harga jual yang lebih yang tinggi. Kita bisa menaikkan harga sampai Rp 500,- per ekor dan kita bisa bayangkan kalau bayah yang kita jual per minggu ada 100 ekor???

5. Usaha beternak itik untuk di ambil telurnya. Usaha ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Peternak bisa memeliharanya dari semenjak DOD atau langsung membeli itik siap bertelur (bayah). Keuntungan kalau kita memelihara sejak DOD adalah kita tahu tingkah laku ternak yang kita perlihara sehingga kita lebih paham akan kondisi ternak. Akan tetapi ada juga sisi kelemahannya yaitu butuh kesabaran waktu dan modal karena kita terus mengeluarkan uang sejak DOD sampai itik-itik tersebut mulai bertelur. Adapaun sisi kelebihan kalau kita membeli langsung dari bayah adalah kita akan langsung dapat memetik hasilnya dalam waktu dekat. Sisi kelemahannya yaitu butuh modal yang besar, dan juga kesiapan mental untuk menghadapi stress yang tinggi karena perpindahan lokasi dan juga perbedaan penanganan ternak.

Bagaimana untuk orang yang belum mengetahui sama sekali dunia itik dan ingin terjun dalam bisnis ini? Kami menyarankan bagi pemula untuk memulai usaha ternak itik yang menghasilkan telur saja. Sebab kalkukasi perhitungan usaha lebih mudah jika dibandingkan dengan lainnya. Dari usaha ini akan di dapat pengalaman cara beternak yang baik dan benar sehingga kalau kita akan melangkah lebih jauh untuk perluasan usaha atau diversifikasi usaha tidak akan banyak mengalami kesulitan. Jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan bibit baik DOD atau bayah bisa menghubungi sentralternak.com yang berlokasi di Malang via phone atau SMS di (0341) 9127374/ 081.555.640.540. Semoga bermanfaat *(SPt)

Silahkan mengcopy isi artikel ini sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com

Responses

di daerah saya dibekasi banyak peternak itik, tetapi belum ada yang menetaskan menggunakan mesin penetas, saya tertarik dengan penggunaan mesin tetas, ada rencana untuk memesan mesin jenis ST(C-200)sebanyak 1 unit untuk memulai usaha ini.tolong di informasikan biaya pengiriman alat tersebut hingga ke tempat saya, trims

Halo…. saya ingin mengetahui apakah budidaya bebek MENTHOK/ENTHOK pedaging di indonesia ini sudah berjalan??? Apakah sama halnya pelakuannya dengan itik dalam hal ini??? Mohon bantuan untuk informasi tentang budidaya menthok, terimakasih…

ass, wr,wb…

mohon infomasi harga dan bs didpkan dmn :
1. Harga mesin tetas telur kapasitas dibwh 100 butir.
2. Brp harga DOC itik petelur

terimakasih.

Tolong kirim cara budidaya ternak itik yg bagus. Trims

Berapa haraga DOD dan itik siap telur + ongkos kirim jika sampai ke tempat saya di Palembang. Serta berapa banyak minimal pemesanan.

Saya peternak pemula pengin membeli dod ìtik petelur unggul. Ada yg bisa kasih tau alamat dan no telp/hp nya

Saya ingin merintis ternak pembesaran entok/ tiktok. Rmh sy di jogja. Apa saya bs mendapatkan bibit nya. Tlng kasih info.Trima kasih

Assalamu’alaikum.

Mohon bantuan dan informasinya, minta alamat kantor terdekat untuk PNPM atau Perusahaan yang bisa sistem kemitraan untuk budidaya Bebek di daerah Ciparay, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Terimakasih.

Bapak bisa coba datang atau menghubungi Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat yang ada di Jl. Ir. Juanda. Insyaallah di sana bisa didapatkan informasi untuk hal itu. semoga bermanfaat.

Maaf pak saya tinggal di Cilacap yang suhu udaranya relatif lebih panas dibanding wilayah lain karena wilayahnya yang berdekatan dengan pantai apakah baik jika budi daya itik? Saya baru akan mulai mencoba merintis ternak itik kira-kira berapa harga anakan itik sampai cilacap dan berapa lama hingga umur untuk konsumsi? Rencana saya akan gunakan untuk konsumsi atau baiknya gimana?
terimakasih

Balasan telah kami kirimkan via email

Saya ingin usaha bebek petelur, bagaimana caranya?
mohon penjelasanya

Setelah mempertimbangkan lingkungan sosial kemasyarakatan, Bapak bisa membeli bibitnya baik yang masih DOD atau yang sudah siap bertelur (bayah). Ada sisi positif dan negatif baik membeli DOD maupun bayah. Akan tetapi sebelum melangkah ke sana alangkah baiknya Bapak Adi menambah pengetahuan akan beternak dengan cara mengunjungi peternakan yang sudah ada dan bertanya-tanya perihal ternak itik petelur, mengikuti pelatihan/training atau dengan memperbanyak membaca buku. semoga bermanfaat

saya ingin ternak itik, tapi saya bingung beli dimana?
rencana saya ingin beli 250ekor itik siap telur, apakah saya bisa pesan dan diantar sampai tempat, paling tidak tempat paling dekat dg lokasi saya, lokasi di tanggerang rajeg,

Mohon bantuan dan informasinya, minta alamat kantor terdekat untuk PNPM atau perusahaan yang bisa sistim kemitraan untuk budidaya (beternak=admin) bebek di daerah Guyung kec Gerih kab. Ngawi Jawa Timur.

Untuk pengunjung yang mempunyai informasi perusahaan yang bisa menjadi INTI di daerah Ngawi dan sekitarnya bisa mengirimkannya ke email : sentralternak@yahoo.com.

Pak, saya ingin beternak entok,,
untuk skala rumah tangga bagaimana prosedurnya pak?
Saya punya lahan 5×7m, bisa untuk berapa ekor?
Kontruksi kandang yg bagus gimana pak dengan lahan segitu? Trims
kalau ada artikel tentang ternak entok secara lengkap saya mau pak. Trims

Saya mau tanya harga telur tetas berapa. minimal pesan berapa ratus, ongkos kirim sampai Bekasi berapa. trims

balasan telah kami kirimkan via email

Apakah usaha ternak itik jantan menguntungkan kalau tidak digembalakan (sistem kandang)?

Sepanjang pengetahuan kami, permintaan akan DOD itik jantan semakin meningkat sehingga harganyapun jadi melambung tinggi. Hal ini menandakan bahwa prospek usaha ini masih layak diusahakan dan cukup menjanjikan. Dengan pemeliharaan sekitar 40-50 hari itik muda sudah bisa dijual dengan harga sekitar Rp 12.500 - 13.000/ekor. Dengan modal sekitar Rp 900.000 - 1.000.000/100 ekor (pemeliharaan sistem intensif sistem sistem dikandangkan) untuk biaya bibit dan pakan, maka masih ada keuntungan yang lumayan besar untuk kategori usaha sampingan. Mohon maaf, balasan via email pak Andi mengalami kegagalan. Trims dan semoga bermanfaat

Saya tertarik dengan budidaya bebek,,,bagaimana cara berternak yang baik,,, saya dari Cikarang-Bekasi, di mana saya dapat membeli bibit, dan pelatihan ditempat saya tinggal,,, trim’s

balasan telah kami kirimkan via email

Infonya menarik, kebetulan saya mau tanya info mesin tetas terbaru dan harganya sekalian, tolong dibalas via email aja thanx..

Informasi harga mesin tetas terbaru telah kami kirimkan via email.

Saya tertarik untuk merintis usaha penetasan entok, tolong kirim info alat untuk menunjang usaha saya tersebut. Tolong kirim juga cara perawatan anak entok yang baru menetas agar tidak mudah mati dan tetap sehat

Cara perawatan anak enthok yang baru menetas (tentunya dengan mesin penetas) antara lain :
1. Ambil anak dari mesin tetas dalam keadaan setengah kering kemudian letakkan di kardus atau box yang dibawahnya telah di beri alas jerami (hangat) sampai umur satu hari atau bulu anak enthok benar-benar kering
2. Kalau tidak segera dijual maka perlu menyiapkan kandang open (kandang dengan pemanas lampu) yang sebelumnya perlu disemprot dengan desinfektan. Lampu pemanas perlu dinyalakan terus sampai umur 2 minggu dan lihat penyebaran anak di bawah lampu pemanas.
3. Tidak lupa sekeliling kadang perlu ditutup dengan tirai plastik untuk menghindari angin yang masuk. Tirai plastik sebaiknya di buka pada siang hari dan ditutup pada malam hari, dilakukan mulai hari ke tiga atau ke empat. Dan pada umur 2 minggu tirai sudah bisa di buka semuanya dan anak sudah dapat di pindah ke kandang bawah (tanah)
4. Jangan lupa untuk memberi makan dan minum, minuman yang di anjurkan adalah berupa vitamin (seperti rhodivit atau vitachick) dan antibiotik, dan untuk pakan sebaiknya menggunakan pakan starter untuk ayam. semoga bermanfaat*(SPt)

Saya memiliki itik 200 ekor, itik tersebut berumur 6 bulan dan sedang bertelur. Pada bulan pertama dari 200 itik perhari bertelur sebanyak 120-150 butir telur. kenapa setelah satu bulan bertelur produksi telur itik saya menurun drastis? Saya ingin menanyakan juga formulasi pakan itik yang cukup kandungan protein, gizi dan mineralnya dari bahan-bahan yang bisa didapatkan dari lingkungan sekitar kita. Saya Juga ingin menanyakan mengenai harga mesin penetas dan bagaimana cara membuatnya?
Mohon bantuannya.

Kalau menurun drastis mungkin ada perlakuan yang berbeda setelah masa puncak bertelur. Mungkin Bapak pernah mengganti komposisi pakan atau lainnya. Kalau melihat catatan produksinya, bulan pertama produksi itik sebesar 60-75% kemudian mengalami penurunan. Kalau penurunan jumlah produksi masih di atas 50% maka sangat wajar, tetapi kalau sampai di bawah 50% maka hal itu tidak wajar. Komposisi pakan yang biasa di pakai untuk itik yang sedang bertelur adalah konsentrat 144 : dedak dengan perbandingan 1:4 (1 kg konsentrat + 4 kg dedak) kemudian bisa di tambahkan mineral dan hijauan. semoga bermanfaat

berepakah harga itik yang siap bertelur?apa jaminannya kalau dalam waktu sampai satu minggu tidak bertelur.terima kasih

Komposisi pakan yang biasa di pakai untuk itik yang sedang bertelur adalah konsentrat 144 : dedak dengan perbandingan 1:4 (1 kg konsentrat + 4 kg dedak).itu untuk jumlah itik perberapa ekor pak?

Pak mohon dikirm cara merawat anak enthok sampe besar. Makasih

Cara merawat anak enthok sama halnya dengan merawat anak itik/bebek. Jadi Bapak bisa melakukan studi literatur pada buku-buku seri peternakan terutama yang membahas tentang cara merawat anak enthok/itik. Untuk saat kami belum menulis artikel khusus tentang enthok karena kami masih mempelajari ternak tersebut, semoga kami dapat segera merealisasikannya. trims

Pak, bagaimana supaya bisa langganan posting dari website Bapak ini..?? Saya tertarik berusaha ternak itik pak. atas perkenannya saya ucapkan terima kasih

Silahkan di link website kami, trims

DH,
Mohon informasi untuk kemitraan ternak bebek kami berad di wilayah bogor
thank

Saia mencari pembeli entok,mungkin bpak bsa bantu

Ass
Pak, minta cara /teknik mengelola itik yang baik, kemudian lahan yang bagus seperti apa? suhu dengan kelembapan udara berpengaruh tidak? berapa jumlah itik yang bisa ditempatkan dalam lahan 1 meter?

Kami menyarankan agar Bapak memiliki salah satu buku pedoman (teknik atau cara) beternak itik karena untuk menjawab pertanyaan ini setidaknya kami harus mengupas banyak sisi dan membutuhkan waktu yang cukup lama tentunya. Kepadatan kandang yang dianjurkan untuk 1 m2 sebanyak 4-5 ekor itik dewasa. semoga bermanfaat

Pak…saya…tertarik untuk berternak itik dari mulai penetasan sampai bertelur yang saya tanyakan :
1. Berapa biaya alat untuk menetaskan telor itik? dan di mana saya bisa membelinya alat tsb
2. Telor yang bagaimana yang bisa di tetaskan?

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

Saya tertarik ternak itik tapi saya tidak mengerti tentang itik sama sekali dan tidaktahu harus memulai dari mana?

Memperbanyak informasi dan membulatkan tekad adalah bekal yang cukup untuk memulai usaha baru. Memang memulai usaha baru tak semudah membalikkan kedua telapak tangan, akan tetapi dengan modal di atas insyaallah dapat teratasi. trims

Kami mau beli 200 DOD itik berapa harga per ekornya? trims

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

Pak saya minat untuk pesan dod dan itik siap nelur kira2 umur 5 bulan.. Berapa harganyn kalau d kirim ke Bengkulu? Dan juga kalau mesin tetas telur itik kapasitas 200 brapa hargay+ongkos kirimnya?

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

Pak, nama saya Hubby, saya akan merintis usaha ternak itik petelur, kira kira berapa kisaran modal yg saya perlukan untuk 200 ekor itik siap telur. dan dimana saya bisa memperoleh bibit itik dlm jumlah besar, sedangkan saya berada di Lampung. trimakasih sebelumnya.

Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai ternak itik petelur 200 ekor sebesar 9-10jt (itik, tempat pakan dan minum) dan kisaran modal tersebut sangat tergantung harga itik siap telur di Lampung. Mohon maaf kami kurang mengetahui info penyedia itik siap telur untuk wilayah Lampung

saya mencoba ternak itik, sekarang baru 55 ekor, tapi sudah satu bulan bertelur, hasilnya masih rendah, cuma 20 butir saja telurnya, kadang 17, 18..apa masalahnya pak?………..

085274805434

Harga alat tetas kapasitas 200 berapa ya mas agus?

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

mohon info:
- berapa harga bayah per ekor?
- berapa ekor pemesanan minimum?
trims.

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

mu nanya? kalo pengiriman DOD ke Kendari Sulawesi Tenggara, DOD itik Petelur Berapa Ongkos Dengan Harga DODnya?

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

tolong kasih tau caranya menanggulangiu agar menthok2 tidak mudah mati soalnya didaerah saya banyak yang mati…….. trim

pak saya baru beternak bebek, saya beli bebek siap telur(yg belum pernah nelur) dan sampai hari ini sudah berjalan 2minggu(14hari) tapi masih belum brtelur, kenapa ya pak?
pakan saya dedak dan kepala udang
mohon balasan nya

makanan apa yg baik untuk itik petelur ??? apakah cukup baik apabila itik di kandang saja ???

bagaimana cara yang baik beternak itik

Saya mencoba ternak itik, rata rata berumur 8 bulan. sekarang baru 138 ekor, tapi sudah satu bulan bertelur, hasilnya masih rendah, cuma 70 butir saja telurnya, kadang 69, 48…yang lebih parah nya lagi, bulan ini hanya 15butir setiap harinya bahkan pernah bertelur cuma 6 butir selama 1 minggu. pakannya saya beri;Dedak,jagung dan konsentrat dengan perbandingan:40.40.30
apa masalahnya pak?………..
Tolong balasannya pak… trimakasih sebelumnya.

Sedikit solusi masalah Bapak Edo telah kami kirimkan via email. semoga bermanfaat

Berapa harga mesin tetas dan cara pemesanan,…? saya sangat tertarik tantang budi daya itik…. oia kira-kira berapa biaya untuk memulaiy usaha ini.? mohon komentarnya… terima kasih

Balasan informasi telah kami kirimkan via emai. trims

Saya adalah peternak itik petelur pemula. Itik saya hanya bisa bertelur 30%. Saya memelihara secara intensif (terkurung). bagaimana supaya produksi telur meningkat? terima kasih

Mohon maaf, kami tidak bisa memberikan analisa karena data pendukung tidak ada. Data pendukung yang kami maksud adalah : jumlah dan komposisi pakan yang diberikan, umur itik, tatalaksana pemeliharaan terakhir. trims

saya ingin mencoba untuk beternak itik petelur , dimana saya dapat memperoleh pelatihan ??

Dinas Peternakan atau dinas Pertanian biasanya ada program pelatihan untuk peternak, silahkan kontak atau mengunjungi dinas tersebut di dekat tempat tinggal bapak. Kami juga sebenarnya bisa mengadakan pelatihan akan tetapi via on-line. trims

dimn tptnya pemasaran hasil itik pedaging/telur di palembang

saya tertarik dgn mesin tetas itik…brapa harga mesin tetes itik kapasitas 200 butir telor.

saya ketua koperasi mitra nanggroe, di kota Langsa. mau tanya bagaimana mendapatkan DOD itik?

Saya sekarang tinggal di Bekasi dan berencana beternak itik di daerah Tuban Jawa Timur, saya perlu panduan mulai dari Modal, Lokasi, Kandang, Bibit, Pakan, Pemeliharaan dan Pasar. Dimana saya bisa mendapatkannya? apakah Bapak bisa bantu?
Terimakasih

Untuk ulasan permasalahan itu semua Bapak bisa membacanya pada buku seri ternak itik, banyak dijual di toko buku gramedia atau lainnya. Kalau kesulitan bisa memesannya pada kami. Atau Bapak bisa juga mengunjungi situs kami lainnya : http://www.itikmojosari.blogspot.com. trims

Salam,
saya tinggal Di Aceh, saya tertarik untuk memulai usaha ternak itik, khususnya untuk itik daging dan telur. Dimana saya bisa belajar untuk bisa memulai usaha ini. Sungguh berharap ada yang bisa membantu.
Terimakasih

Belajar tidak mesti datang langsung ke lokasi peternakan. Belajar bisa dengan membaca buku-buku referensi peternakan, majalah peternakan, atau artikel-artikel yang ada di internet. Atau bisa juga dengan mengikuti training/pelatihan yang diadakan oleh LSM atau instansi terkait di sekitar tempat tinggal bapak. trims dan semoga bermanfaat

Saya ingin membeli 100 ekor itik DOD berapa harganya dan ongkos kirim, tinggal saya di Tuban. Terima kasih perhatiannya.

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

salam,
saya ingin membeli 300 DOD petelur berapa yah kira2 dan berapa ongkos kirimnya ke Bandung, terima kasih

Saya tertarik dengan budidaya bebek/entok. Bagaimana cara berternak yang baik,,, saya dari Bogor, di mana saya dapat membeli bibit, dan pelatihan ditempat saya tinggal,,, trim’s

asslmkm. Menarik sekali dari artikel tentang ternak itik ini. Dan kalo boleh saya juga minat untuk usaha ini bisa ngga bapak kirim ke email saya. Untuk ternak itik bagi pemula baik untuk itik penelur ataupun pendaging. Makasih sebelumnya.

Saya sangat tertarik untuk beternak itik pedaging & ingin membeli 200 ekor itik DOD berapa harga dan ongkos kirim nya, saya tinggal di Bandung. Terima kasih perhatiannya.

Berapa puncak produksi telur bebek n campuran antara dedak,kosentrat,jagung yg terbaik brp pak..??

salam sukses,
boleh yah saya bergabung di situsnya, saya juga rencana mau usaha ternak itik, mesin tetas yang paling kecil kapasitas berapa, dan harganya berapa.

asalamualaikum,saya sangat berminat menjadi peternak itik bertelur, mohon info mendapatkan itik bertelur daerahnya yang dekat dengan daerah cikijing_majalengka

Ass..
Dh,
Pa saya seorg krywn muda yg bru sja terjun dlm dunia kerja,sya ingin dan tertarik untuk memulai bisnis ini,selain untuk menambah pnghasilan jg untuk pglmn dan mdh2n bs berwira usaha sendr,,,untuk artikel d atas hal yang baik untuk d jalankan pemula sperti sya yaitu dgan memulai pada ternak bayah,untuk perkiraan rincian dan biaya nya kira2 brp pa?apkh ternak tersebut akan bs sya jlnkan dgn kondisi sya yg msh berstatus kryawn,dgn jam kerja 8jam/6hari?
bagaimana jika saya menjalankan ternak penetasan?mna yg lebih byak memperlukan pengawasan antara kedua nya pa..ou y,saya jg mempunyai halaman sekitr 14×4 m pa,bagaimana menurut bapa agar saya bisa maksimal dlam usaha tersebut,mna yg lebih baik..jika ada kesempatan mohon d jawab,dan untuk teman2 yang telah memulai usaha ini lebih dahulu dan ingin memberi masukan kepada saya yang pemula,silahkan email k v_qroud@yahoo.co.id

Atas atensi dan perhatian nya saya ucapkan banyak terima kasih…
Salam sukses!!!

sya ingin mengetahui informasi tentang ternak itik petelut dan pedaging :
-cara mendapatkan bibit
-pemasaran hasil ternak

Menerima itik apkir dngn berat 1,5 kg.
di jemput ke kandang,langsung bayar
(bandung) 02292498670

Saya mau tanya, jika itik petelur saya beri daging bekicot segar tanpa diolah, pisang muda umbi2an dimasak, apa ada resiko negatifnya?

Yang kami ketahui bahwa daging bekicot segar dan umbi-umbian yang dimasak/ cukup disiram air panas tidak ada masalah ketika diberikan pada itik petelur. Akan tetapi perlu banyak percobaan akan komposisi yang pas karena kalau komposisinya terlalu tinggi dalam ransum akan menimbulkan sedikit efek negatif terutama umbi-umbian. Kelebihan kandungan karbohidrat pada umbi-umbian bisa menyebabkan kegemukan dan ini kurang baik untuk jenis itik petelur. Sedangkan untuk bahan pakan pisang muda kami belum mempunyai informasi. trims

saya saiful samsudin dari manado Sulawesi Utara,,kebetulan di rumah ada bebek sekitar 20 ekor,,saya berencana pengen membudidayakan bebek tersebut,soalnya saya lihat lokasi rumah saya yang strategis untuk membudidayakan bebek,,,jadi saya pengen tanya,kalau saya mau beli bibit yang unggu,,apakah bisa di kirim ke manado??,,n apa yang yang haru saya lakukan terlebih dahulu untuk memulai usaha ini,,,terimaka kasih ya,,,,

oh ya,,,saya mau tanya,,,kalau saya mau beli mesin ternak,,,apakah bisa di kirim???

mohon bantuannya
1. luas lahan 8*5, idealnya berapa ekor itik usia bayah?
2. brp kisaran hrg itik usia bayah dan DOD?,
3. daerah banjir jika hujan deras (sebatas mata kaki) bermasalahkah?
4. info pengadaan itik (usia bayah) daerah TARAKAN KAL-TIM

saya berada di kebumen dan ada lahan untuk beternak itik,mohon daftar harga “bayah” dan minimal pembelian untuk bisa dikirim serta ogkos kirimnya berapa?

terima kasih

Saya mau tanya, jika saya ingin memesan DOD itik mojosari jantan. berapa minimal harus pesan? dan ongkos kirim pengiriman ke Lampung berapa ya?
Mohon penjelasannya untuk hitung-hitungannya.

Asmkm.mohon bantuanya
1.mhn informasi komposisi pakan itik bertelur , oh ya sbg informasi ,sekarang pakan itik saya, dedak, ikan kering/(di giling ), dan ampas tahu.untuk 10 ekor perhari.
2. apakah itik perlu di beri sayur,kalau ia berapa komposisi nya 10 ekor/hari.
3 Kalau di beri pakan tambahan keong mas/ keong murbai ? dan berapa banyak
Terima kasih atas informasinya.

Saya baru mau mulai usaha, gimana cara pemasaran, dan jumlah itik yang perlu saya pelihara ? terima kasih

Untuk pemasaran itik bisa di lihat pada artikel kami yang berjudul strategi pemasaran itik jantan potong. Sedangkan untuk jumlah itik yang akan di ternakkan sangat tergantung dari tujuan usaha itu sendiri, apakah usaha itik sebagai usaha sampingan, usaha pokok dan lain sebagainya. trims

salam.. sya mahmud brtmpat tnggl dijambi.. insyaallah brniat utk mnggeluti usaha bebek telur.. pd saat in sy sdikit kbingungn utk mncari baya yg siap brtelur.. lntran dijambi sdikt susah utk mncari bayah..
mohon infrmsiny : utk 1000 ekor bayah, brapa biaya yg hrus disiapkan..? dan bagaimana prosfec itik petelur bila berada didlm kndang brtingkat..? dikarnakn kkurangn lahan, saya brkeinginan mmbuat kandang itik secara brtingkt, sprti kndang puyuh..

and tolong informshny pmbuatan kandang bertingkat utk itik petelur..? trimaksh.. wslm…

pak,kl harga bayah sekarang berapa?kl misalnya sampai purworejo(jateng) min order berapa?mhn infonya.makasih

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories