1st Nov, 2008

Peluang Usaha Sate Bebek

sate bebek, bebek potong, bebek prestowww.sentralternak.com, Ingin sekali rasanya menyajikan tulisan, pengalaman, atau wacana yang bisa menggugah para pengunjung untuk menciptakan suatu peluang usaha dari komoditi ternak. Nah, artikel berikut yang muncul ketika saya diundang ke Purwokerto dalam rangka demo produk (mesin penetas telur) dan tukar pendapat dengan salah seorang penetas di sana bisa menjadi inspirasi untuk anda dalam memulai usaha. Kali ini saya akan menyajikan sebuah artikel peluang bisnis kuliner dengan komoditi ternak itik. Ya, peluang tersebut adalah sate bebek (itik).

Muncul ketika saya dalam perjalanan pulang dari Purwokerto ke arah Banyumas, Wangon dan seterusnya arah Kebumen. Saya amati banyak orang yang berjualan sate bebek sehingga hal ini menarik perhatian saya di tengah-tengah keramaian penumpang lainnya. Seumur hidup saya belum terlintas dalam benak saya bahwa bebek bisa dibikin sate. Kalau sate ayam, kambing, sapi atau bekicot mungkin sudah akrab ditelinga kita, tapi sate bebek? Tak terbayangkan kan rasanya. Karena menurut penuturan masyarakat, daging bebek identik dengan rasa amis dan kerasnya. Tapi setelah saya cari informasi lewat teman, browsing ternyata sajian menu sate bebek bisa dijadikan peluang usaha baru dalam bisnis kuliner. Bagaimana prospeknya?

Dalam bisnis kuliner hanya berlaku rumus murah dan pas di lidah tanpa meninggalkan prinsip ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Kemudian aspek lain sebagai penunjang dan untuk memenangkan persaingan adalah faktor pemilihan lokasi, penataan ruang, menu andalan, kebersihan dan pelayanan. Anda ingat bisnis kuliner kebab turki, sate kuda, sate kelinci, sate hiu, es oyen, dan jenis lainnya yang popular di luar daerah asalnya? Makanan tersebut sebelumnya sangat asing bagi kita akan tetapi sekarang sudah sangat familiar. Dan ingat, kesibukan manusia semakin padat sehingga membeli makanan adalah alternatif jalan keluarnya. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba memulai bisnis ini sebagai lapangan pekerjaan baru atau pekerjaan sampingan.

Kalo buat orang Jawa Timur seperti saya, pastinya sudah tak asing dengan sajian menu nasi bebek. Nasi bebek cuman berupa daging bebek yang digoreng kering, dimakan dengan nasi hangat plus sambel tomat plus trasi atau lebih enak lagi dengan sambal pencit (mangga muda). Banyak tempat terkenal baik di Surabaya atau Malang untuk bisa menikmati menu ini. Di Surabaya ada beberapa tempat yang terkenal seperti nasi bebek Yudi (di daerah Perak), nasi bebek kayu manis (Bratang), nasi bebek papin (pasar Pecindilan). Malang juga tak kalah terkenalnya, beberapa tempat nasi bebek terkenal seperti nasi bebek Tjohjoyo (Singosari), Lox café (stasiun kota baru), nasi bebek java (Soekarno Hatta) atau juga bebek presto (Sawojajar).

Nah, tidak ada salahnya untuk anda yang selama ini sudah menggeluti usaha kuliner dengan sajian menu utama nasi bebek menambah daftar menu anda. Anda bias menambahkan ke daftar menu tersebut seperti menu sate bebek, bebek kremez, bebek goreng manis, bebek goreng gurih, bebek oven, bebek panggang/bakar, rendang bebek, bebek presto dan sup bebek. Semakin menarik dan menggugah para pembeli untuk mampir kan ke warung anda?

Bebek jenis apa yang cocok dan enak untuk sate bebek

Hampir semua jenis bebek bisa dijadikan menu atau masakan baik itu bebek afkir atau bebek muda yang masih berumur 2-3 bulan. Memang yang lebih terkenal sebagai bebek potong atau pedaging adalah jenis bebek peking yang berukuran besar. Tapi perlu anda ingat bahwa harga bebek ini masih sangat mahal dan biasanya hanya disajikan di hotel-hotel berbintang dan restoran. Tips nya adalah pilih bebek yang masih berumur muda sehingga dagingnya tak keras. Anda bisa mengusahakannya sendiri kalau dalam skala besar dan ingin kontinyu atau mengundang suplyer untuk memenuhi permintaan anda.

Tips agar daging bebek empuk dan tidak amis

Bagi anda pecinta dan penikmat daging atau menu bebek tidak perlu khawatir dan memikirkan rasa amis dan kerasnya. Karena masing-masing pengelola mempunyai cara tersendiri untuk menghilangkan kedua hal tersebut. Anda cukup datang dan pesan setelah itu anda sudah bisa menikmati menunya yang lezat. Untuk anda yang tidak suka jajan di luar dan ingin berkreasi sendiri agar daging bebek tidak amis dan keras ada beberapa tips.

Pertama untuk menghilangkan bau amisnya bisa diberi jeruk nipis, lalu diaduk hingga rata. Setelah itu diamkan kira-kira 10 menit kemudian rebus dan kasih beberapa tetes soda kue. Daging akan terasa lebih empuk dan bau amis akan hilang. Kedua, ada juga yang punya pengalaman agar daging bebek cepat empuk yaitu dengan memasukkan piring kecil (lepek = jawa) atau kadang sendok makan (tidak dianjurkan) ke dalam rebusan atau masakan. Ketiga, yang biasa digunakan banyak orang yaitu membungkus daging bebek tersebut dengan daun papaya agar empuk. Kelima, saya yakin anda punya trik tersendiri dalam mengatasi masalah ini.

Di bawah ini resep dan cara memasak sate bebek :
Kami ambil dari : www.tabloidnova.com

Resep 1, Bahan :
300 gr daging bebek, potong-potong
1 sdm air jeruk lemon
1 sdt garam 1/2 sdt merica bubuk
2 sdm minyak goreng

Bahan sambal kecap (aduk rata):
200 ml kecap manis
1 buah tomat, buang bijinya, potong kotak
4 butir bawang merah, iris tipis
5 buah cabai rawit merah, iris tipis
1 buah jeruk limau, ambil airnya

Cara membuat:
1. Lumuri daging bebek dengan air jeruk lemon. Diamkan 15 menit. Cuci bersih.
2. Lumuri daging bebek dengan garam dan merica bubuk. Tusuk-tusuk di tusuk sate. 3. Bakar sambil dioles minyak goreng sampai matang.
4. Sajikan dengan sambal kecap.

Resep 2, Bahan :
• 750 gr kacang digoreng, buang kulitnya, dihaluskan
• 500 ml santan sedang kentalnya
• 2 lembar daun salam
• 5 lembar daun jeruk
• 3 batang sereh
• 5 siung bawang putih dirajang dan digoreng
• 1 sdt garam
• 2 sdm gula merah disisir
• Kecap manis dan jeruk limo secukupnya.
• Daging bebek untuk sate.
• Potong dadu sesuai selera, tusuk dengan tusuk sate, bakar.

Cara Membuat :
• Rebus santan hingga mendidih, masukkan sereh, daun jeruk, daun salam, bawang goreng, gula merah, garam dan kacang, masak sebentar.
• Angkat, siap untuk disajikan dengan sate itik.
• Bila ingin disajikan, sambal kacang beri kecap manis dan air jeruk sesuai selera.

Nah, sekarang sudah ada gambaran peluang bisnis baru. Sekarang terserah anda, mau mencobanya atau melewatkan begitu saja peluang ini. Atau malah ingin jadi penonton dengan menjadi pembeli setia? Tidak usah berkecil hati dan pesimis untuk yang tidak punya tempat atau warung. Anda pernah mendengar nama sate bebek cibeber? Dulu hanyalah warung kecil yang terletak disebuah gang kecil, hanya mampu menampung 10-an pembeli. Tapi sekarang selain sudah membuka cabang, pemiliknya juga sudah bisa membangun tempat yang lebih besar dan lebih permanen. Yang penting menu anda murah dan pas di lidah yakinlah akan di kenal orang baik dari mouth to ear or mouth to mouth. Selamat mencoba dan semoga sukses

Anda dapat mengcopy isi artikel ini sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com

Responses

thanks ya atas infonya..sangat membantu orang yang sedang berbisnis makanan

sate bebek…uiiih uenaaak…di brebes juga banyak penjual sate bebek. tapi bebek yang digunakan persilangan dari bebek dengan menthok atau disebut blengong, blengur atau brati. dagingnya lebih empuk dan gurih. kalau di tempat saya di Jl Sukorini (karanglo) Bandungan Kab. Semarang, menjual masakan spesial daging kelinci yang diolah menjadi sate, rica-rica, sop, bakso, saos lada hitam, gule dan tongseng. mau coba datang saja atau pesan di 081225036344

saya sangat sunang dengan adanya sentral ternak, karena bisa memberi informasi yang saya butuhkan tentang peternakan, selanjutnya saya berharap agar setral ternak menyediaka sarana pemesanan buku secara online, trmkasih!

memberikan ispirasi baru untuk saya.

kami tinggal dimadiun , kalo ada rekan2 yang ternak bebek , kami tiap hari butuh 100 ekor bebek muda ….kalo harga cocok kami siap membeli trims…

Resepnya boleh juga kebetulan saya penyuka daging bebek, tank ya…

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories