10th Sep, 2009

Pedoman Praktis Beternak Ayam Kampung Pedaging

www.sentralternak.com, Di waktu yang singkat ini perkenankan kami untuk ikut melengkapi artikel atau pengetahuan tentang cara beternak ayam kampung pedaging. Banyak sudah artikel dan makalah yang ditulis oleh pakar dan ahli dibidangnya dalam masalah ini akan tetapi mengingat anemo masyarakat untuk mengetahui cara beternak yang baik dan praktis maka kami meluangkan waktu untuk bisa menulisnya. Semoga yang sedikit ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Mengubah sistem beternak ayam kampung dari sistem ekstensif  ke sistem semi intensif atau intensif memang tidak mudah, apalagi cara beternak sistem tradisional (ekstensif) sudah mendarah daging di masyarakat kita. Akan tetapi kalau dilihat nilai kemanfaatan dan hasil yang dicapai tentu akan menjadi faktor pendorong tersendiri untuk mencoba beternak dengan sistem intensif. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam usaha beternak ayam kampung, maka perlu kiranya memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Bibit

Bibit mempunyai kontribusi sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha peternakan. Bibit ayam kampung (DOC) dapat diperoleh dengan cara : dengan membeli DOC ayam kampung langsung dari pembibit, membeli telur tetas dan menetaskannya sendiri, atau membeli indukan untuk menghasilkan telur tetas kemudian ditetaskan sendiri baik secara alami atau dengan bantuan mesin penetas. Kami tidak akan menguraikan sisi negatip dan positif cara mendapatkan DOC ayam kampung karena akan memerlukan halaman yang panjang nantinya. Secara singkat DOC ayam kampung yang sehat dan baik mempunyai kriteria sebagai berikut : dapat berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap, tanggal menetas tidak lebih lambat atau cepat.

2. Pakan

Kita ketahui bersama bahwa pakan mempunyai kontribusi sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha. Pakan untuk ayam kampung pedaging sebenarnya sangat fleksibel dan tidak serumit kalau kita beternak ayam pedaging, petelur atau puyuh sekalipun. Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain : konsentrat, dedak, jagung, pakan alternatif seperti sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya. Yang terpenting dalam menyusun atau memberikan ransum adalah kita tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Jumlah pakan yang diberikan sesuai tingkatan umur adalah sebagai berikut :

  • 7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
  • 19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
  • 34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
  • 47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
  • 58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
  • 66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
  • 72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
  • 74 gram/per hari sampai umur 8 minggu

Sedangkan air diberikan secara ad libitum (tak terbatas) dan pada tahap-tahap awal pemeliharaan perlu dicampur dengan vitamin+antibiotika.

3. Perkandangan

Syarat kandang yang baik : jarak kandang dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang.

Penyucihamaan kandang dan peralatannya dilakukan secara teratur sebagai usaha biosecurity dengan menggunakan desinfektan yang tepat dan tidak membahayakan bagi ternak itu sendiri. Banyak pilihan jenis desinfektan yang ditawarkan oleh berbagai produsen pembuatan obat.

Ukuran kandang : tidak ada ukuran standar kandang yang ideal, akan tetapi ada anjuran sebaiknya lebar kandang antara 4-8 m dan panjang kandang tidak lebih dari 70 m. Yang perlu mendapat perhatian adalah daya tampung atau kapasitas kandang. Tiap meter persegi sebaiknya diisi antara 45-55 ekor DOC ayam kampung sampai umur 2 minggu, kemudian jumlahnya dikurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam.

Bentuk kandang yang dianjurkan adalah bentuk postal dengan lantai yang dilapisi litter yang terdiri dari campuran sekam, serbuk gergaji dan kapur setebal ± 15 cm. Model atap monitor yang terdiri dari dua sisi dengan bagian puncaknya ada lubang sebagai ventilasi dan bahan atap menggunakan genteng atau asbes.

Pemeliharaan ayam kampung di bagi dalam dua fase yaitu fase starter (umur 1-4 minggu) dan fase finisher (umur 5-8 minggu). Pada fase starter biasanya digunakan kandang bok (dengan pemanas) bisa bok khusus atau juga kandang postal yang diberi pagar. Suhu dalam kandang bok biasanya berkisar antara 30-32°C. Pada fase finisher digunakan kandang ren atau postal seperti model pemeliharaan ayam broiler.

4. Manajemen Pemeliharaan

Manajemen atau tatalaksana pemeliharaan memegang peranan tertinggi dalam keberhasilan suatu usaha peternakan yaitu sekitar 40%. Bibit berkualitas serta pakan yang berkualitas belum tentu memberikan jaminan keberhasilan suatu usaha apabila manajemen pemeliharaan yang diterapkan tidak tepat. Sistem pemeliharaan pada ayam kampung bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu :

  • Ekstensif /tradisional (diumbar), tanpa ada kontrol pakan dan kesehatan
  • Semi intensif (disediakan kandang dengan halaman berpagar), ada kontrol pakan dan kesehatan ternak akan tetapi tidak ketat
  • Intensif (dikandangkan seperti ayam ras), ada kontrol pakan dan kesehatan dengan ketat

Model pemeliharaan ayam kampung secara intensif lebih disarankan dari yang lainnya terutama dalam hal kontrol penyakit. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari cara beternak secara intensif, akan tetapi kami tidak dapat menguraikannya di sini.

5. Pengendalian Penyakit

Hal yang tak kalah pentingnya adalah pengendalian penyakit. Kita semua akan setuju dengan statement “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan tindakan antara lain :

  1. Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang dan manusianya
  2. Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak
  3. Melakukan vaksinasi secara teratur
  4. Pemilihan lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit
  5. Manajemen pemeliharaan yang baik
  6. Kontrol terhadap binatang lain

Berikut kami uraikan sedikit beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang ayam kampung :

a. Tetelo (ND)
Penyebab : paramyxivirus
Gejala : ngorok dan batuk-batuk, gemetaran, kepala berputar-putar, kelumpuhan pada kaki dan sayap, kotoran berwarna putih kehijauan.
Pencegahan : vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang, terhadap ayam yang terkena ND maka harus dibakar.
Pengobatan : belum ada

b. Gumboro (gumboro disease)
Penyebab : virus
Gejala : ayam tiba-tiba sakit dan gemetar serta bulu-bulunya berdiri, sangat lesu, lemah dan malas bergerak, diare putih di sekitar anus.
Pencegahan : vaksinasi teratur dan menjaga sanitasi kandang
Pengobatan : belum ada

c. Penyakit cacing ayam (worm disease)
Penyebab : Cacing
Gejala : pertumbuhan terhambat, kurang aktif, bulu kelihatan kusam.
Pencegahan : pemberian obat cacing secara berkala, sanitasi kandang yang baik, penggantian litter kandang secara berkala, dan mencegah serangga yang dapat menjadi induk semang perantara.
Pengobatan : pemberian obat cacing seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, sulfamerazin, piperazin dan lain sebagainya

d. Berak kapur (Pullorum)
Penyebab : Bakteri Salmonella pullorum
Gejala : anak ayam bergerombol di bawah pemanas, kepala menunduk, kotoran melekat pada bulu-bulu disekitar anus
Pencegahan : mengusahakan induk terbebas dari penyakit ini, fumigasi yang tepat pada mesin penetas dan kandang
Pengobatan : noxal, quinoxalin 4, coxalin, neo terramycyn  atau lainnya

e. Berak darah (Coccidiosis)
Penyebab : protozoa Eimeria sp.
Gejala : anak ayam terlihat sangat lesu, sayap terkulai, kotoran encer yang warnanya coklat campur darah, bulu-bulu disekitar anus kotor, ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.
Pencegahan : mengusahakan sanitasi yang baik dan sirkulasi udara yang baik pula atau bisa juga dengan pemberian coccidiostat pada makanan sesuai takaran
Pengobatan : noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya

6. Pasca Panen dan Pemasaran

Pemasaran ayam kampung pada dasarnya mudah karena disamping jumlah permintaan yang tinggi, harga ayam kampung masih tergolong tinggi dan stabil, sedang produksi masih terbatas. Ayam kampung dapat dijual dalam bentuk hidup atau sudah dipotong (karkas). Rumah tangga, pengepul ayam, pasar tradisional, warung, supermarket sampai hotel berbintang membutuhkan pasokan ayam kampung ini. Harga ayam kampung hidup berkisar antara Rp 19.000 - Rp 22.000/ekor di tingkat peternak.

7. Pengelolaan Produksi

Sebagai seorang peternak yang profesional maka perlu untuk menjaga agar produksi yang kita lakukan dapat memenuhi standar kualitas dan kontinuitas produk. Maka diperlukan pengelolaan atau pengaturan produksi agar usaha kita dapat berproduksi secara kontinyu. Untuk kekontinuitasan usaha perlu pengaturan dan penjadwalan secara teratur kapan DOC masuk dan kapan ayam di panen, karena hal itu lebih disukai oleh pengepul atau mitra kerja kita daripada hanya sekali panen dalam jumlah banyak. Tapi perlu diingat juga bahwa pengelolaan produksi sangat terkait dengan modal, ketersediaan kandang, jumlah ketersediaan DOC, dan jumlah permintaan ayam siap panen.

Mudah-mudahan uraian di atas dapat menambah pengetahuan kita dalam hal beternak dan menjadikan cara beternak kita lebih baik. Saran dan kritik selalu kami nantikan untuk kemajuan kita bersama. Semoga kesuksesan selalu menyertai kita bersama. Aamiin…*(SPt)

Anda dapat mencopy isi artikel ini sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com

Responses

Di luar negeri ternyata orang-orang juga beternak ayam. Mereka malah beternak di halaman belakang rumah. Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan telur segar. Karena di luar negeri banyak telur sintetis.

salam peternakan, saya ada beternak ayam ras pedaging skala kecil. daerah saya itu adalah daerah yang panas (tropis). oleh karena itu saya mohon masukan dan trik-trik untuk beternak ayam ras maupun ayam kampung di daerah tropis.
kalo saya pesan ayam kampung skala kecil bisa gak pak (1-2 kotak), berapa harganya + ongkos kirim.
trims sebelumnya.

Bisakah sy di email cara vaksinasi dan tempat penyuntikannya serta merk obat unt pencegahan penyakit2 yg biasanya menyerang unggas, terutama ayam kampug n itik. Thanks

terima kasih artikelnya…. sukses peternakan Indonesia..

Pak saya mau tanya, ayam kampung umur berapa bulan bisa di panen?

Kebanyakan yang ada, ayam kampung bisa dipanen pada umur 2 bulan, berat sekitar 7-9 ons, sistem pemeliharaan intensif. trims

terima kasih pak saya sangat setuju dengan adanya informasi tenteng peternakan

Bisakah kami dapat buku-buku tentang budidaya ternak ungas?

Silahkan kirim judul buku yang dinginkan ke email : sentralternak@yahoo.com atau SMS ke : 081.233.3636.18. trims

saya ingin beternak ayam

Tolong kasih gambar untuk kandangnya?

Gambar untuk kandang ayam kampung sudah kami kirimkan via email. trimakasih dan semoga bermanfaat

Cara memvaksinasi unggas khususnya ayam kampung donk…

Vaksinasi bisa dilakukan dengan cara tetes mata/hidung, semprot, tusuk sayap dan injeksi. trims

Di manakah alamat saya bisa mendapatkan DOC ayam kampung, di Jawa Timur. trims.

DOC ayam kampung bisa memesannya pada kami, alamat kami di Malang-Jawa Timur. trims

Umur berapa minggu ayam kampung dapat dipanen?

Sangat tergantung dari permintaan, ayam kampung yang dipelihara secara intensif dapat mencapai berat 0,6-0,8kg dalam waktu 2 bulanan, berat 0,8-1kg dalam waktu 3 bulanan. trims

Maaf mau tanya di mana beli doc ayam kampung di daerah Boyolali tolong dibales via email

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. Trims

Maaf mau tanya dimana beli doc ayam kampung di daerah Boyolali tolong di bales via email

Mohon maaf, kami belum mengetahui penyedia DOC ayam kampung untuk wilayah tersebut. Kalau Ibu kesulitan untuk mendapatkan DOC ayam kampung bisa memesannya pada kami. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami atau SMS di 081-233-3636-18 atau 081-555-640-540. trims

saya adalah mahasiswa peternakan Undip smstr 3, saya ingin mencoba beternak d belakang rumah. Bagaimana cara agar feses ayam tidak terlalu bau?apakah benar dalam pakan di beri campuran starbio?jika benar berapa banyak peggunaan dalam pakan?mohon d bls via email.

Saya ingin beternak ayam petelur tetapi saya tidak tahu alamat doc ayam petelur yang sudah diseleksi untuk betina apa bapak sudah menyediakan atau ada informasi lain. Tolong untuk keterangan price list doc ayamnya juga disertakan terima kasih. tlg hubungi via e-mail

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

Infonya Oke banget,saya coba nanti dibelakang rumah..

Maaf mau tanya di mana beli doc ayam kampung di daerah Kuningan - Jawa barat tolong dibales via email….terimakasih

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

Tolong, vaksinasi secara teraturnya diperjelas. maksudnya tahapannya. thank’s….

Berikut jadual vaksinasi untuk ayam kampung :

1. ND pada umur 4 hari tetes mata
2. IBD pada umur 14 hari tetes mata/air minum
3. AI pada umur 21 hari tetes mata
4. ND+IB pada umur 35 hari tetes mata

Perlu diingat : kondisi ayam harus sehat dan vaksinasi dilakukan ketika sinar matahari (langsung) belum atau sudah tidak ada. Trims dan semoga bermanfaat.

Tolong bantuan harga DOC ayam kampung dan ayam petelur sampai di Batam port to port, dan berapa kotak minimal pemesanan. tolong di email……….. trima Kasih.

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

Saya sudah 6 bulan memelihara ayam kampung, jumlahnya 30 setengahnya betina sudah bertelur sisanya jantan dan ada yang masih kecil, sekarang betina sedang bertelur semua sampai saya kuwalahan dlm menyediak. Saya ingin menetaskan telur-telur tersebut dengan mesin penetas. Dimana saya bisa mendapatkan mesin tsbt, saya tinggal di semarang, sudah muter-muter blm dpt juga. Möhöñ iñföñya. Terimä käßíh

Bagus…

terima kasih ilmunya dari bapak…sangat bermanfaat.
pak kalau ayam sulit bertelur padahal sudah masanya bertelur, apa masalahnya yaaa..tq

thank atas informasinya…Salam comunity peternak ayam…

salam sejahtera
hidup peternak Indonesia,

saya adalah peternak ayam kampung di daerah purworejo jawa tengah, mari kita sama2 berusaha dan berjuang keras menghadapi rencana pemerintah untuk import daging beku dengan menolak kebijakan tersebut atau kita informasikan kepada para peternak kita tentang teknologi peternakan yang mampu menekan biaya produksi sehingga kita mampu bersaing dengan daging beku import.

salam community peternak ayam Indonesia

cara mendapatkan doc ayam kampung di daerah cilacap

sangat bermanfaat infonya…..semoga bisa untuk menambah kesejahteraan kita semua.amin

salam kenal semuana.
saya mau tanya soal penjualan ayam kampung klu udah panen.saya tinggalnya di pati jateng.mohon petunjuk untuk penjualan sedang mau pun besar.maksih banyak.semoga sukses……..

saya pengen tau harga dan cara pemesanan DOCayam kampung. juga contoh gambar kandangnya. saya tinggalnya di manado. mohon penjelasannya.. sebelumnya saya ucapkan terimah kasih

mas… kalo beli DOC acam kampung partai kecil dan DOC ayam petelur di Sekitar Kudus Jateng dimana?

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

Saya punya lahan 10mx12m tanah sawah. Ingin saya gunakan untuk usaha ternak ayam, kira2 brp ekor yg bs saya pelihara? tolong kirim gambar kandang & dimana saya bs membeli DOC? Apakah kandang bisa pesan? Trim’s
Lokasi d Gresik.

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

Salam sejahtera,
Kami mohon kepada Bapak untuk memberikan tips cara Pemula untuk Beternak Ayam Kampung Pedaging.terima kasih
Komang Di Bali

ternyata ternak ayam juga merupakan usaha sampingan yang lumayan dengan metode sederhana dan perawata yang tidak sulit bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan .. makasih infonya

trimakasih atas website ini!!

sbelumnya trma ksh atas infonya,,,pak sy mau nanya anak ayam yg baru menetas kira2 umur brapa untuk dipisah kan dari induknya?,,,trima ksh

Pemisahan anak ayam yang baru menetas bisa dilakukan ketika anak ayam sudah menetas sempurna, bulu-bulunya sudah kering dan sudah mulai berjalan. trims

Bisa minta gambar kandangnya? saya baru memulai beternak. Trims

Artikelnya Sangat bermanfaat,
Untuk mndapatkan DOC di daerah depok atau Parung bogor bagaimana yach, sekalian contoh kandang yang ideal.

Sebelumnya trimakasih atas infonya.

artikelnya sangat bagus pa, tapi ada beberapa hal yang pengin saya tanyain sebagai pemula :
1. dimana tempat yang menjual kandang, karena biar praktis untuk wil jakarta ?
2. harga doc untuk pasaran jakarta sekarang ini berapa dan dimana tempat yang menjual ?
3. untuk penjualan ayamnya, kira-kira dimana ya ? karena saya ingin langsung tidak lewat tengkulak.

terima kasih, jawaban saya tunggu via email.

Sukses Peternek Indonesia. saya minta tolong untuk diberi gambaran lebih detail tentang ukuran kandang dan sampai umur berapa minggu ayam kampung pedaging bisa dipanen?? terima kasih.

Silahkan melihat artikel kami terbaru dengan judul kandang untuk pembesaran ayam kampung. semoga bermanfaat

permisi mau tanya…
kalau dalam sekala yang sama lebih untung mana ternak ayam kampung ato pedaging??
terimah kasih

tolong kasih info dimana beli bibit DOC ayam kampung di SULUT……… dan kalau bisa kasih dong ualasan detail cara budidaya ayam kampung pedaging!!!

saya mau ternak ayam dlm skala besar. mungkin utk tahap pertama aku harus membuat kandang dahulu..rencananya aku mau doc nya dari sini..aku mau ternak secara berkala setiap bulan..jadi bisa tiap bln panen.saya mau beli doc nya tiap bln 1000 ekor untuk tahap pertama ini.yang saya ingin tanyakan:
…bisakah anda memberikan gambar kandangnya untuk doc dan yang besar {kandang intensip}.lengkap dengan ukurannya.
…berapa harga docnya plus ongkos kirimnya aku berdomisili di palembang.
…berikan aku alamat lengkap sentral ternak anda mungkin setelah selesai kandang, saya mau berkunjung kesana untuk minta penyuluhan bagaimana cara ternak ayam kampung.sebelumnya terima kasih atas jawabannya,,saya mengharapkan anda untuk menjadikan rekan bisnis anda,.jawaban mohon kirim ke email saya.salam..

bermanfaat untuk dapat dikembangkan menjadi Model Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan di daerah Kabupaten,apabila Pemimpin Daerahnya cerdas dan peduli . tetapi apakah masih ada yang peduli ?

Bisakah sy di email cara vaksinasi dan tempat penyuntikannya serta merk obat unt pencegahan penyakit2 yg biasanya menyerang unggas, terutama ayam kampug n itik. Thanks

saya mohon dong dikasih tau tmpat pembelian Doc ayam kmpung yg dsurabaya…terus info hrganya jga…oya sekalian tmpat pmbelian msin pnetas dan info harganya jga….via email….trims…

majulah perternakan indonesia merdeka

Bapak saya mohon informasi untuk memperoleh DOC ayam kampung pedaging, harga dan alamat pembelian, saya ada di Purwokerto Banyumas….maturnuwun

Saya dalam waktu dekat ini,akan beternak ayam kampung. Untuk pembelian doc 1000 ekor pengiriman ke Padang ongkosnya berapa termasuk juga mesin tetas kapasitas 200 butir. Buku panduan untuk vaksinasi bisa di sertakaan juga nggak? terima kasih. tolong balas via email.

Balasan informasi dan enawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

bisakah saya di email contoh contoh gambar kandang untuk budidaya ayam kampung…saya membutuhkannya sebagai referensi atau acuan saya dalam membuat kandang ayam yang sehat….karena saya baru berniat untuk memulai usaha budidaya ayam kampung

Gambar kandang sudah kami emailkan, semoga bermanfaat

termakasih atas informasinya,

Pak bagaimana cara mengurangi angka kematian kanibal pada ayam kampung sewaktu pembesaran ayam kampung

Balasan informasi telah kami kirimkan via email. trims dan semoga bermanfaat

Yth Bapak/Ibu ,
Mohon infonya berapa harga doc utk sampai ke Jambi + minimum quantity pembeliannya.
Mohon juga dikirmkan gambar kandangnya.
terimakasih.

Balasan informasi penawaran harga DOC ayam kampung telah kami kirimkan via email. Untuk gambar kandang bisa melihat pada artikel kami di http://www.sentralternak.com> artikel ternak ayam > kandang pembesaran ayam kampung. trims dan semoga bermanfaat

Saya hery, kalau pesan DOC minimal berapa ekor dan berapa harganya ?

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

thx atas infox.. boleh minta tambhn info untk memilih telur apabila kita ingin menetaskan sendiri. kebetulan sy ada mesin penetasan tp beberapa kali sy gagal di pembelian telur. trimksh sebelumx, dan semg diwkt mendtg kita dapt menjd rekanan kerja

Pada intinya telur yang bisa ditetaskan adalah telur hasil perkawinan. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca artikel kami dengan judul “Seleksi Telur Tetas (seri ayam kampung)” yang telah kami kirimkan via email Bapak Hasan. Trims dan semoga bermanfaat

Pa, Bagaimana gambar kandang Ayam kampung yang ideal?

Makasih banyak atas infonya,smoga bermanfaat bagi saya n keluarga saya.

ok, thanks infonya

Terima kasih buat artikelnya. Setelah membaca artikelnya saya tertarik untuk mencoba beternak ayam kampung.
Oy apa bisa beternak tanpa harus membeli doc? Soal’a saya sudah punya beberapa ekor ayam betina. Thank

Bisa pak memulai usaha dari modal yang ada (ayam kampung yang sudah ada). Insyaallah kalau modal yang sudah ada kita kelola dengan baik akan dapat berkembang nantinya. aamiin

pak, saya ingin bertanya dimana pembelian DOC ayam kampung di wilayah surabaya sekitarnya?

artikel ini sangat bermanfaat dan memberi saya motivasi untuk lebih meningkatkan pengetahuan saya mengenai beternak ayam.yang ingin saya tanyakan kalau memulai dengan membeli doc sebanyak 100 ekor berapa modal yang harus dipersiapkan termasuk pakan dan peralatan yang digunakan . selain itu dimana bisa membeli doc di daerah tulungagung? terima kasih jawabannya kami tunggu

Berapa order minimal untuk DOC, saya di Cianjur Jabar,trims infonya berguna sekali untuk saya

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

dimana ya bisa di dapat pakan berupa protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Untuk memperoleh pakan dengan kandungan nutrisi yang diinginkan bisa dengan mencampur/meramunya sendiri. Bapak bisa membaca artikel kami yang berjudul “Meramu dan Membuat Pakan Unggas Sendiri”. Atau biasanya ada juga toko pakan unggas (poultry shop) yang melayani pakan campuran dengan kandungan nutrisi yang kita inginkan. trims dan semoga bermanfaat.

gimana cara atasi bau kotoran ayam,ats penjelasanya terima kasih

Cara mengatasi bau kotoran ayam :
1. merubah desain kandang, diusahakan agar kandang tetap kering, tidak lembab apalagi basah
2. komposisi pakan diusahakan sesuai dengan tingkatan fase pemeliharaan, karena kandungan protein yang berlebih pada pakan berpotensial menimbulkan bau amoniak yang lebih menyengat.
3. penambahan kunyit pada pakan
4. penyemprotan dengan larutan EM4 yang bisa dibeli pada toko pakan ternak atau toko pertanian.
Trims dan semoga bermanfaat

Mas_terimakasih-atas-sarannya_dimanakah-saya-dapat-membeli-bibit-DOC-ayam-kampung-didaerah-lampung-timur/lampung-sebelumnya-saya_ucapkan-terimakasih

Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam kampung telah kami kirimkan via email. trims

mohn kirim alamat DOC untuk wil Bandung sekalian tata cara dan usia vaksinasinya makasih sebelumnya wassalam

1. Harga DOC ayam kampung sampai Bandung Rp 4.100/ekor (pengambilan barang di stasiun Bandung)
2. Untuk tata cara pemeliharaan bisa di lihat pada artikel kami dengan judul pedoman praktis beternak ayam kampung pedaging
3. Untuk tata cara vaksinasi bisa dilihat pada artikel kami dengan judul program vaksinasi.

Saya ingin terjun di ternak ayam kampung. Saran apa yg bisa saya dapat dari admin, baik itu dari segi lokasi, cuaca, finansial maupun cara mendapatkan doc dan pemasarannya atau ada sistem kemitraan di sini? terima kasih.

Kami belum ada sistem kemitraan, kami hanya menjual DOC saja. Untuk masalah yang ditanyakan jawabannya cukup panjang, kami sarankan untuk membaca lebih jauh artikel tentang ternak ayam yang ada di situs kami atau membaca buku-buku peternakan seri ternak ayam kampung. trims

Skrg saya pny ayam 150 ekor. Maklum DOCnya susah..awalnya saya gagal..lalu sy ajak bbrp org u kerja sama dan stlh sy jelaskan untung rugi, akhirnya sepakat membentuk siklus kerjasama, kami berbagi kerja, ada yg menetaskan telur ada yg besarkan ayam ada yg pelihara induk sbg produsen telur..jadi ada smacam divisi2 agar smua bisa berjalan..smentara ini kami baru layani pasar lokal mudah2an kedepan kami bisa layani pasar yg lbh luas..kami sangat terbuka berbagi ilmu dan kami sangat butuh info2 fresh sputar ayam kampung..salam sukses peternak ayam kampung Indonesia…( Kristiadi 085741975203 ==FB Kris Werj Christiyadi)

mas ridwan..pengalaman saya..untuk DOC saat ini harga skitar 3500-4500, untk pakan bisa buat sendiri harga jatuh pada kisaran 4000an/kg, jika beli pakan jadi di poultry skitar 5-6rb/kg.. Untuk pakan jadi biaya yg dikeluarkan sampai berat ayam 0,8-1kg (usia +/-75hari) skitar 1jt/100ayam sdh termsk vaksin&vitamin..untk kalkulasi, harga2 diatas sll sy mark up..

ingin “menjelajahi” ternak ayam kampung,
mohon diajarin pak ”
1. untuk pemula, sebaiknya dimulai berapa ekor dahulu, dan berapa harga doc terima di lampung?
2. jarak “aman” kandang dengan rumah tetangga?
3. dmana bisa mendapatkan pakan dan vaksinnya?
thanks infonya,

Saya tinggal dijogja…misal saya mo beli DOC nya dimana??trus kisaran harganya berapa??mohon diemail..Makasih….

berapa harga pakan per kilo untuk ayam kampung?

boleh minta analisis usaha ternak ayam buras? untuk 500 ekor ayam?

saya tinggal di kuningan jawa barat, mau mencoba ternak ayam kampung, kalo mau beli doc ayam kampung +/- 200 ekor berapa harganya ? atau ada alamat yang lebih dekat yang bisa saya hubungi… mohon diemailkan.. terimakasih

Terima kasih informasinya. Dapat menambah wawasan persiapan pensiun.
Apa dapat saya berkunjung ke site, untuk belajar lebih detail?

kalo luas tanah rumah kita kecil bgt..ukuran 6 X 12…pas untuk rumah, apakah masih mungkin kita ternak ayam di rumah….

Mf pa, sy mu ta’y? Obat2an sprti paksin ND/GUMBORO dll, untuk pe’yucihamaan sprti disinpektan itu m’bli’ya dimana? Sy tinggal d kalimantan selatan, kabupaten tabalong.
Soal’y sy hobi ternak ayam/unggas lain’y. Tp d balik itu sy masih awam mas,alah ilmu’y mohon balasan’y via email

trimss…b’yk bapa tlh m’unculkan artikl ini

saya mau tanya bagai mna cara melakuan inseminasi buatan pada ayam kampung???

Tambah artikel lagi dong? Trutama artikel makanan ternak usia dari 0-4 minggu dan makann ap yg paling dsukai ay kampung thap starter.? Jwb lwt email sy

saya kemarin ke alamat bapak tapi bapak gak ada. kata teman bapak kalau cari DOC ayam kampung, ayamnya gak ada disitu tapi ada di mojokerto. kalau boleh tahu alamat di mojokerto itu dimana? soalnya dekat dengan rumah saya di jombang

salam…saya punya keinginan untuk beternak ayam sistem intensif. Saya berencana membuat kandang dengan lantai semen dg tujuan agar proses sanitasi mudah. yang kami tanyakan, apakah kandang semen diperbolehkan untuk budidaya ayam kampung. Dan kami mohon dikirim gambar kandang intensif. Dan info penting masalah nama2 obat untuk penyakit ayam. Sebelum dan sesudahnya kami sampaikan terima kasih.

Silahkan search lebih lanjut situs kami (www.sentralternak.com) terutama pada kolom artikel ternak ayam, insyaallah akan di dapat jawaban nantinya. trims dan semoga bermanfaat.

Saya tinggal di gresik,ingin belajar beternak ayam kampung,yang ingin saya tanyakan dimana saya bisa melihat peternakan yang sudah berhasil sebagai tempat belajar&motivasi buat saya? Dan dimana saya bisa dapat DOC didaerah saya?
atas informasinya trima kasih

Mohon maaf kami belum mempunyai info seputar peternak ayam kampung di sekitar Gresik. trims

Pak mohon informasi :
1. apakah benar pemanas yg digunakan adalah batubara atau gas elpiji untuk anak ayam pedaging umur 0-15hari ?
2. apakah sudah ada yg menggunakan sel surya sbg pemanas pak?
terimakasih saya sangat menanti jawaban bapak

Untuk pemanas anak ayam kami punya yang berbahan bakar mitan (minyak tanah), briket batu bara, dan LPG sedang pemanas dengan sumber sel surya/listrik belum ada. Kapasitas pemanas anak ayam yang tersedia adalah kapasitas 500 ekor dan 1000 ekor. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di 081.233.3636.18 atau SMS di 081.555.640.540. trims

Saya mo tanya..gimana cara ngobatin ayam yg lg sakit mata…dr matanya keluar lendir seperti nanah..

Mohon maaf kami tidak punya ilmu tentang hal tersebut, coba pakai obat-obatan untuk manusia kalau kesulitan mendapatkan obat khusus untuk ternak tapi dosis pakai yang rendah dulu. trims

Pak mau tanya berapa harga DOC ayam kampung sampai ke bandung? ada agennya ga di bandung?

Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam kampung telah kami kirimkan via email. trims

Saya sangat tertarik untuk memulai usaha ternak ayam kampung pedaging, namun ada kendala untuk mendapatkan DOC ayam kampung pedaging, khususnya di daerah lampung, saya ingin sekali memesan DOC dari sentralternak, tapi adakah jaminan setelah kami mentransfer sejumlah uang, maaf sebelumnya, mohon balasannya, trims.

Harga DOC ayam kampung franco Lampung Rp 4.500/ekor, minimal pemesanan 500 ekor. Dalam jual-beli jarak jauh hanya rasa percaya yang kita kedepankan. Dalam dunia maya memang ada oknum yang tidak bertanggung jawab, akan tetapi tidak sedikit pula oknum yang bertanggung jawab. Sehingga memukul rata sikap pelaku bisnis dengan dunia maya adalah tidak benar. Kalau bapak masih merasa ragu maka tidak perlu untuk meneruskan proses jual beli. Untuk menepis keraguan, bapak bisa langsung ke tempat kami dan membeli dengan sistem cash and carry (bayar dan bawa barang). Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di 081.233.3636.18 atau SMS di 081.555.640.540. trims

Pak tolong minta gambar kandang untuk ayam kampung, yang detail…makasih…

Untuk gambar dan penjelasan singkat masalah perkandangan ayam kampung bisa membaca artikel kami dengan judul Kandang untuk Pembesaran Ayam Kampung. trims dan semoga bermanfaat

Harga DOC Ayam kampung pedaging kirim ke Maospati-Magetan brp ? trm ksh.

Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam kampung telah kami kirimkan via email. trims

tlg dikirim daftar harga produk sentralternak terbaru. saya pengen coba ternak ayam. trims

Balasan informasi telah kami kirimkan via email. trims

Bisa beli DOC ayam kampunya pak? berapa harganya? Saya tinggal di kalimantan timur. Minimal ordernya berapa?

Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam kampung telah kami kirimkan via email. trims

Pak saya perlu data mengenai tempat penjualan bibit ayam kampung yang berada disekitar bandung atau ayam DOC
terimaskash

Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

tolong dikirimkan daftar harga terutama :
- indukan ayam kampung siap telur
- mesin tetas
- telur bibit
saya tunggu jawabannya

Balasan informasi telah kami kirimkan via email. trims

saya akan pesan DOC ayam kampung sebanyak 300 ekor, umur >1 minggu(150 ekor Biasa + 150 ekor Super). syarat pembayaran? dan pengiriman terdekat yg bisa diambil (lokasi saya di Bogor. trim’s

mohon informasi dan kiat2 pemeliharaan doc umur >1 minggu :
1.pada doc datang (hari 1-3).
2.vaksin yg harus diberikan.
3.artikel macam2 penyakit dan pengobatannya.
tks perhatiannya.

Saya mau tanya lo mau jual ayam kampung dimana?

Pasar tradisional, pengepul ayam, warung makan, dan usaha potong ayam adalah alternatif penjualan ayam kampung. trims

Mohon info harga doc ayam kampung dan pakan. Apakah bisa mengirim doc ke bali, berapa harga doc loco denpasar. Berapa kepadatan ayam 2-3 bln per m2? Mohon di infokan jg analisa biaya dan laba rugi dg harga2 terbaru.

Terimakasih

Pak tolong minta gambar kandang untuk ayam kampung yang detail…
untuk efisiensi lahan, bisakah ayam kampung di besarkan dengan kandang batre koloni bersusun.
jika bisa kira2 sampei berapa harganya kandang tsb untuk kapasitas 300 ekor dan 500 ekor.

saya tertarik untuk beternak ayam kampung,namun Saya belum tau bagaimana nanti pasca produksinya.adakah di daerah kuningan jawa barat yang menampung ayam kampung ?

Saya ingin usaha ternak.
1. utk pola kemitraan seperti ap?
2. ternak boiler dan kampung utk peternak baru disarankan yang mana? dan apa untung ruginya

Terima kasih sebelumnya

Maaf mau tanya dimana beli doc ayam kampung di daerah lampung tolong di bales via email

cara mendapatkan DOC ayam kampung di daerah pasuruan jatim dimana om
ato paling gak di daerah malang..
makasih om

Mas…tolong beri solusi agar telur dalam penetasan tidak banyak yang mati…!

trimakasih banyak buat semua infonya

pak…. bgaimana cra mangatasi kekanibalan induk ayam pada telurnya saat mengerami……..?

Tolong informasinya ytk mnptk doc ayam kampung yg terdekat dg Jakarta Utara. Menyangkut harga & pengambilan/pengiriman & minimum order. Trims

tolong kirimkan gambar kandangnya pak

MOHON BANTUANNYA……………
Saya ingin sekali beternk yam kampung, saya punya lahan cukup besar. kira2 klo modal yg saya punya sekitar 3 jutaan, berapa besar kandang yg harus saya siap kan? kalo bisa saya minta tolong berikan gambaran kandang yang baik. saya bisa dapat DOC dari mana???
saya d Labuan Bajo, flores-NTT.
terima kasih sebelum nya….

Salam ternak,

pak saya tetangga dari Tulungagung.
saya mempunyai rencana usaha ternak di kampung saya dengan sistim plasma ke masyarakat sekitar dalam rangka ikut program pengentasan kemiskinan penduduk di sekitar kami tinggal.
Untuk memulai keinginan saya ini, saya mohon bantuan dan kebaikan bapak untuk mengirimkan kalkulasi kelayakan usaha sebagai berikut :
semua bahan kandang, bibit maupun pakan akan saya ambil dari bapak
1. Penetasan dengan alat penetas 1000 telor
2. dari 1000 telor tersebut yang layak di jual akan saya teruskan di perbesar sampai 10 minggu
3. dari unur 10 minggu, di besarkan lagi s/d umur 20 minggu.
4. umur 20 minggu saya pisahkan, yang jantan di jual sedang yang betina saya teruskan untuk ayam petelor dg sistim intesive, kandang batree dan kawin sontik.

demikian pak, terima kasih atas bantuan dan bimbinganya

salam
Suyono

pak,.
saya dari kudus, kalo saya mau beli DOC ayam kampung dari bapak, min order berapa dan berpa harganya nyampe kudus, jawa tengah.
di tunggu balasannya.

gan,

lira2 batas waktu panen ayam kampung mulai dari DOC brp bulan gan?

mohon infonya,
makasih

pak sy minta tlng diemail contoh kandang yg baik dan cara serta aturan vaksinasi untuk berbagai jenis penyakit pd ayam usia berp.trim atas infonya

pak…..baikan mana kandang di atas kolam sama dengan di dataran biasa..trims

Terima kasih banyak infonya, semuanya menarik. saya mau gabung untuk dapat ilmu lebih banyak lagi. Saya di Kabupaten Malang. Mohon info harga bibit betina siap telor. Suwun

salam kenal,
saya dari kebumen, pak saya minta diemailkan contoh kandang ayam, berapa harga doc ayam kampung

Pk apakah hanya pakan jagung saja bisa memenuhi nutrisi ayam pk?mohon penjelasannya

terima kasih informasinya. saat ini saya beternak ayam jawa super tetapi hasilnya kurang memuaskan krn stlh umur 60 hari bobot yg dperoleh tidak maksimal karena masih dbawah 6,8kg. banyak yang bilang kalau merk pakan tidak penting, yang penting kandungan proteinnya. selama ini saya pakai pakan dengan harga termurah, tetapi spek produknya tertera kandungan protein 20-22% tidak beda dengan pakan yang sudah bermerk. apa mungkin kualitas pakan yang tertera dspek belum dibisa dipertanggungjawabkan. dan kalau yang sudah bermerk apa lbh bisa dipertanggungjawabkan. trm kasih. mohon balas via email

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories