2nd May, 2010

Kandang untuk Pembesaran Ayam Kampung

kandang-ayam.jpegwww.sentralternak.com, Berbicara masalah kandang untuk ayam kampung mungkin masalah yang masih asing bagi kita, maklum system pemeliharaan ayam kampung selama ini masih bersifat umbaran (ekstensif). Yaitu ayam kampung dibiarkan tidur di mana saja yang penting masih terlihat pulang ke rumah. Padahal kalau kita sedikit meluangkan waktu untuk memperhatikan masalah kandang ayam kampung maka tidak mustahil banyak sisi manfaat yang akan kita dapatkan. Karena mau diakui atau tidak kandang memegang peranan penting sebagai penyebab timbulnya penyakit dan penyebaran penyakit.Pada peternakan-peternakan dengan model semi intensif atau intensif, kandang ayam kampung sudah mendapat perhatian khusus. Mereka sudah pelajari dan sadar akan pentingnya fungsi kandang untuk ternak mereka seperti halnya arti pentingnya rumah untuk tempat tinggal kita. Apakah kita akan bisa merasa nyaman, enjoy, dan menghasilkan karya terbaik kita di rumah yang kumuh, berdebu, berbau, tidak aman atau bahkan di rumah yang tanpa atap? Ternak kita pun sama, mereka akan demikian dan sebaliknya mereka akan mampu menampilkan produksi terbaiknya kalau kandang yang mereka tempati bersih, nyaman, bersih, udaranya segar, aman dan terlindung dari semua hal yang bisa membahayakan bagi ternak itu sendiri.Di antara syarat kandang yang baik untuk pemeliharaan ayam kampung antara lain :
  1. Terpisah dengan daerah permukiman penduduk minimal 10 meter
  2. Lantai kandang diusahakan lebih tinggi dari tanah sekelilingnya agar kandang selalu kering dan bersih
  3. Kandang tidak lembab dan bocor, sehingga perlu mengganti atau menambah litter secara periodik
  4. Sinar matahari diusahakan bisa masuk, untuk itu diupayakan kandang dibangun membujur dari arah Barat-Timur
  5. Bahan kandang yang digunakan cukup melimpah ketersediannya dan harganya pun murah
  6. Sirkulasi udara cukup baik, lancar dan segar sehingga mampu mengusir bau tidak sedap amoniak atau lainnya
  7. Kandang dibangun mengacu kepada standar kepadatan kandang yang ideal
  8. Penyucihamaan kandang dan peralatannya dilakukan secara periodik

Kandang untuk pemelihraan ayam kampung dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, ada kandang untuk umur 1-20 hari, 21-40 hari, 41-60 hari, 61-90 hari dan kandang untuk isolasi. Berikut kami uraikan sedikit tentang kandang ayam kampung sesuai tingkat umur pemeliharaan :

Kandang untuk umur 1-20 hari

kandang-bok.jpegKita mungkin lebih sering menyebutnya dengan istilah kandang bok, karena bentuknya kotak, semua sisi tertutup rapat kecuali bagian atas. Bagian atas dibiarkan terbuka atau bisa juga ditutup dengan bilah-bilah bambu dengan jarak 2 cm. Sedangkan bagian bawah terbuat dari kerangka dari bilah bambu lalu dialasi dengan kardus atau kertas semen. Ukuran bok yang dibuat sangat fleksibel yang penting mengacu pada efisiensi bahan dan kepadatan kandang. Bok kalau memungkinkan bisa dilengkapi dengan kaki setinggi 20-25 cm. Kepadatan kandang yang dianjurkan untuk kisaran umur ini adalah 1m2 untuk 40-45 ekor dan bisa dikurangi 5 ekornya tiap minggunya. Pemeliharaan DOC di kandang bok mutlak memerlukan lampu penghangat atau yang biasa disebut pemanas (brooder). Suhu dalam kandang bok diusahakan antara 30-32ÂșC atau dengan melihat penyebaran anak ayam dalam kandang bok. Kalau anak ayam menyebar merata berarti suhu sudah pas (ideal), kalau menggerombol di bawah lampu pemanas berarti kedinginan dan kalau menjauhi sumber panas berarti suhu kepanasan. Dan alangkah baiknya kalau kita merancang model kandang bok yang mudah diangkat dan dipindahkan ke tempat lain (portable).

Kandang untuk umur 21-60 hari

kandang-20-60hari.jpegPara peternak di Jawa Timur (Malang, Mojokerto, Kediri, Jombang, Blitar, Tulungagung, Surabaya) biasanya menerapkan pemeliharaan untuk ayam kampung untuk tujuan pedaging hanya sampai umur 60 hari sehingga kandang ini adalah kandang terakhir untuk pemeliharaannya sebelum ayam di panen. Ada dua model kandang yang digunakan oleh peternak pada fase ini yaitu peternak yang masih menggunakan bok seperti pemeliharaan sebelumnya dan peternak yang memilih menggunakan kandang bentuk postal (litter). Kandang postal adalah kandang dengan alas tanah yang dicampuri sekam padi, kapur dan pasir. Kedua model tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang penting pada masa pemeliharaan ini adalah masalah kepadatan kandang (carrying capacity) yaitu 1m2 untuk 30-35 ekor dan berkurang 5 ekor setiap minggunya sehingga pada umur 60 hari per m2 hanya cukup 7-10 ekor saja.

Kandang untuk umur 61-90 hari

kandang-60-90hari.jpegUntuk pemasaran ayam kampung pedaging di daerah-daerah tertentu seperti Batam, Balikpapan dan Jakarta, berat yang diinginkan biasanya sekitar 9 ons - 1,2 kg. Sehingga tidak ada pilihan bagi peternak yaitu dengan menambah jumlah hari pemeliharaan sekitar satu bulan lagi. Model kandang yang banyak dipakai untuk pemeliharaan fase ini adalah postal dan slot (kandang panggung). Kedua model tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang penting pada masa pemeliharaan ini adalah masalah kepadatan kandang (carrying capacity) yaitu 1m2 untuk 7-10 ekor dan berkurang 0,5-1 ekor setiap minggunya sehingga pada umur 90 hari per m2 hanya cukup 5-7 ekor saja. Kalau kita akan menggunakan kandang yang model slot, alangkah baiknya kalau di bawah kandang di bangun kolam ikan untuk lebih efisiensi tempat.

Kandang Isolasi

Kandang ini berfungsi sebagai kandang karantina (isolasi) terhadap ayam-ayam yang menunjukkan gejala sakit, luka karena saling patuk, atau mungkin ayam yang sudah terserang penyaikt tertentu. Penempatan ayam pada kandang isolasi ini harus memperhatikan faktor penyebab ayam. Jangan menempatkan ayam yang luka karena saling patuk dengan ayam yang terkena penyakit kolera atau lainnya. Dengan adanya kandang isolasi ini diharapkan keadaan ayam akan pulih dan semakin membaik kondisinya seperti sedia kala. Yang penting dalam pembuatan kandang ini adalah penempatan kandang. Kandang isolasi sebaiknya ditempatkan terpisah dan jauh dari kandang ayam sehat.

Anda dapat mengcopy isi artikel ini sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com

Responses

trimakasih atas infonya sangat bagus sekali dan bermanfaat

Pak tolong kirimkan Analisis Usaha Pembesaran Ayam kampung untuk kapasitas 500 ekor? Biaya kandang, biaya pakan dan Harga jual . Apakah DOC ayam kampung disini sama dengan ayam kampung yang di umbaran? sangat saya nantikan balasannya. terima kasih sebelumnya.

thanx info nya sangat bagus dan saya tertarik dgn artikel ini makasih .

Jadi pengen nyoba !

Mas, artikelnya boleh di download gak?

Mohon maaf, karena terjadi banyak ketidakamanahan dari pihak-pihak yang telah mencopy artikel kami, maka kami TIDAK mengizinkan artikel kami di copy tanpa menyebutkan sumbernya http://www.sentralternak.com, apalagi untuk kepentingan bisnis atau lainnya. semoga bisa dimaklumi.

mas tempat minum dan tempat makan yg bagus apa mas?

Terima kasih banyak artikel ya cukup menarik.

saya ada rencana mau mencoba ternak ayam kampung.. Bisa minta tolong dikirim analisis untuk 1000 ayam , dan bagaimana caranya saya beli doc dari sini, posisi saya di medan.

Saya udah 2 thn menjalani usaha ternak ayam kampung slma ini sya menggunakan pakan pabrikan:
bsa ngak kita bikin pakan sendiri n bhanya apa ja _makasih

Bisa saja pakan ayam kampung adalah pakan hasil campuran/racikan sendiri. Untuk lebih jelasnya bisa membaca artikel kami yang berjudul ” Meramu dan Membuat Pakan Unggas Sendiri”. semoga bermanfaat.

Artikel yang bagus, semoga bermanfaat untuk semua

Pak, saya ternak ayam kampung udah panen 1x. dan sblmnya ayam kami terserang penyakit pada musim hujan. Yang saya tanyakan: Bagaimana menyikapi kandang ternak pada musim hujan, terutama kandang nya harus bagaimana sesuai dengan suhu normal. Terima kasih
Hormat kami - sekeluarga mengucapkan salam.

Pak, saya dari Atambua-NTT, sy ada rencana mau usaha pemeliharaan ayam kampung utk pedaging, apakah kami yg berada diluar jawa ini dapt dilayani?…… berapa harga doc per 100 ekor?…. berapa ongkos kirim. trims

Assalamualikum Wr Wb,
Yth : Bpk Agus H,
saya hendak pesan 200 ekor DOC ayam kampung, alamat Blora, bagaimana caranya pesan, ongkos kirim dan ketentuaannya, terima kasih…

Assalamu’alaikum! Pak,berapa ekor ayam idealnya unt memulai usaha ini? Dikampung saya hampir setiap rumah memelihara ayam umbaran tp saya ingin menekuni dgn serius usaha ini,agar menghasilkan pemasukan bagi keluarga,trima kasih.

wa’alaikumussalam warahmah…jumlah skala 500 ekor dengan masa panen setiap 1-2 minggu insyaallah penghasilan sudah lumayan pak. trims

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories