2nd Jul, 2010

Strategi Pemasaran Itik Jantan Siap Potong


itik jantan potong, itik potong, itik siap potongwww.sentralternak.com, Banyak orang yang masih menyangsikan bisa menjual itik siap potongnya kalau sudah waktunya panen. Hal itu memang tidak bisa dipungkiri keberadaannya, oleh karenanya sebelum memulai beternak itik jantan potong informasi akan pasar semestinya sudah diketahui dan dikuasai. Jangan terlebih dulu memproduksi suatu barang sebelum memperoleh gambaran yang jelas tentang jalur pemasaran nantinya. Maka tak heran kalau banyak sector produksi apa saja yang bergelimpangan alias bangkrut karena tidak memikirkan sebelumnya masalah pemasaran barang yang akan diproduksinya dan seyogyanya kejadian tersebut bisa menjadi pembelajaran untuk kita.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan itik jantan siap potong, diantaranya melakukan penetrasi dengan mendatangi langsung warung-warung penyedia menu daging itik baik warung-warung pinggir jalan, rumah makan lesehan (resto), restoran atau bahkan supermarket . Tawarkan kepada mereka bahwa anda bisa mensuplai itik jantan siap potong secara kontinyu dan produk yang anda tawarkan mempunyai spesifikasi dan keunggulan tertentu seperti : daging itik muda, lebih gurih, berat seragam, daging lebih tebal dan keunggulan-keunggulan lainnya. Kalau ternyata tidak mau menerima juga maka carilah pengepul itik yang bisa menampung itik panenan anda, memang ada selisih harga kalau kita menjual itik kepada pengepul, akan tetapi itu setidaknya bisa membantu penjualan itik kita untuk sementra waktu.

Rumah makan besar atau restoran biasanya mempunyai pengepul tetap yang berfungi menjaga stabilitas ketersediaan barang. Untuk restoran semacam ini kita memang tidak bisa masuk kecuali lewat pengepul tetap yang dipercaya oleh pihak rumah makan atau restoran tersebut. Untuk mensiasatinya adalah dengan mencari informasi di mana keberadaan pengepul tetap tersebut. Mintalah info kepada juru atau tukang masak rumah makan tersebut karena biasanya mereka saling kenal. Kalau masih tetap tutup mulut bolehlah anda menyempatkan waktu satu-dua hari untuk menunggu (nyanggong) pengepul tetap datang ke rumah makan tersebut. Jangan menganggap waktu menunggu adalah hal yang sia-sia, karena sekali anda mengetahui informasi pengepul tersebut bisa jadi dia akan menjadi mitra anda selamanya.

Berdasarkan pengalaman, peternak itik jantan siap potong tidak susah dalam memasarkan produknya, karena pengepul sendirilah yang akan datang ke kandang mereka secara berkala. Para pengepul lebih senang kalau tersedia itik jantan siap potong dalam jumlah besar di satu tempat (missal. 1000 ekor). Keberadaan pengepul ini tentunya sangat membantu peternak karena peternak tidak perlu repot-repot memasarkan atau mencari pasar untuk produknya. Bahkan kalau peternak bisa menyediakan barang secara kontinyu yaitu itik jantan siap potong maka itu lebih baik. Tapi jangan lupa untuk sesekali meluangkan waktu jalan-jalan ke pasar unggas untuk mengetahui perkembangan informasi harga.

Membentuk suatu perkumpulan atau paguyuban peternak itik seperti KTTI dan yang lainnya ada untungnya juga. Pembentukan KTTI atau lainnya akan bisa menaikkan kredibilitas usaha yang kita jalani meskipun secara kelompok. Tidak sedikit KTTI yang sudah terbentuk dengan mudah mendapatkan bantuan baik permodalan atau masalah pemasaran. Akan tetapi perlu kiranya diwaspadai siapa yang menjadi anggota KTTI tersebut, pilihlah anggota-anggota yang siap dan bisa bekerja sama dengan mengedepankan sikap kejujuran.  Insyaallah dengan berbekal kejujuran, saling bekerjasana dan optimis yang tinggi, KTTI yang kita bentuk akan bisa bersaing dan berkembang

Cara paling efektif untuk menjaga kestabilan harga dan ketersediaan barang adalah melakukan kontrak atau perjanjian kerjasama dengan pihak tertentu. Perjanjian kerjasama biasanya menyangkut masalah harga dan jangka waktu kerjasama. Hal ini akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, dimana pihak peternak akan merasa aman dan tidak perlu khawatir itiknya tidak laku terjual sedangkan bagi pengepul sendiri merasa terbantu dengan ketersediaan itik dalam jangka waktu tertentu.

Cara lain dalam memasarkan itik jantan siap potong adalah anda sendiri menjadi pembelinya. Bagaimana caranya? Ya, anda peternaknya sekaligus menjadi penyedia daging itik (karkas) juga. Dalam mengelola waktu, beternak tidak banyak membutuhkan waktu dan tenaga, masih banyak waktu dan tenaga tersisa kalau kita beternak itik. Kalau kita bisa menjadi tukang penyedia karkas itik berarti keuntungan kita akan berlipat.

Anda dapat mengcopy isi artikel ini sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com

Sentralternak menyediakan bibit itik pedaging : DOD itik jantan mojosari, DOD enthok, dan DOD itik peking.  Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami atau SMS di 081.555.640.540 atau via email : sentralternak@yahoo.com

Responses

Info harga hasil peternakan

iya mas bener, share pengalaman pribadi nih, bebek mojosari saat ini sudah dan sangat gampang kembung(overstok) jadi harganya terjun bebas, mungkin karena bebek mojosari bertelur dalam jumlah banyak sehingga berbanding dgn populasi. apalagi kita ternak diatas 100 ekor dalam waktu yg sama, kalo ga diambil pembeli, kita pusing karena dia makan nya banyak, rugi di pakan, jadi perlu niat yg kuat bukan sekedar iseng coba2.

nais inpoh gan!
saya baru mau beternak itik, tapi gara-gara baca postingan Anda jadi sadar, mending cari pasarnya dulu ehhehehe :D

tanya: kalo itik potong itu satu ekor rata2 berapa beratnya ya?
kalo ayam kan beratnya 1.5kg
(mohon dikoreksi, yang ini ayam kampung apa ayam broiler ya?)

trus kalo di pasaran sana harga yang hidup rata-rata berapa? di tasikmalaya ini yang hidup Rp.70rb. termasuk mahal kah?

Betul sekali, saya sangat berharap dapat informasi tentang keberadaan pengepul itik?

Sebenarnya kami ada sebagian daftar pengepul itik di beberapa daerah, akan tetapi kami hanya berikan kepada pelanggan kami yang telah membeli bibit itik dari kami sebagai bentuk layanan lebih dari kami. trims

Yang bikin pusing emang pemasaran..pengen sih mas ternak tapi pasarnya itu gimana ya?

Untuk masalah pemasaran sebenarnya ‘mungkin’ tidak serumit yang dibayangkan. Makanya dalam artikel tersebut kami sebutkan mencari pasar terlebih dulu baru memproduksi barang. Kami memang menyimpan beberapa pengepul itik di beberapa kota dan masih kami berikan kepada pembeli bibit unggas kami sebagai bentuk layanan lebih dari kami. trims dan mohon maklum

Ow ea mas,,unt beternak itu yang bagus mulai pembibitan dari telur melalui inkubator or beli DOD?

Untuk menguraikannya cukup panjang akan tetapi secara sekilas gambaran usaha tersebut sudah pernah kami tulis pada artikel sebelumnya dengan judul “peluang usaha beternak itik”. trims

Untuk mencari bibit itik yang baik itu bisa pesan di mana?

Untuk bibit itik, Bapak bisa memesannya pada kami. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di 081.233.3636.18 atau SMS di 081.555.640.540. trims

Kami tinggal di cirebon, sudah mulai beternak itik pedaging kecil2an skala 100 ekor. Ingin mengembangkan tapi km mengalami kesulitan pemasaran. Kalau dibantu pemasaran, kami siap saja pesan bibit pada saudara. Berapa harga DOD jantan sampai tempat?

Biasanya harga bibit itik berapaan pak,dan berapa umur itik supaya dapat bertelor

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories