30th Jun, 2011

Cerdas dalam Membeli Mesin Penetas Telur

mesin penetas telurwww.sentralternak.com, Terkadang ada celetukan dari calon pembeli “Gan, kok harga mesin penetas telurnya lebih murah dari toko lain” atau “gan, apa toko anda berbadan hukum” atau “gan, apa mesin penetas telur anda sama dengan mesin penetas telur yang dijual toko A” dan celetukan-celetukan yang lainnya. Semestinya hal itu tidak perlu terjadi kalau anda sebagai calon pembeli mesin penetas telur atau produk lain mempunyai bekal pengetahuan sebelum memutuskan untuk membeli pada suatu toko. Bekal itu perlu agar anda tidak ada perasaan menyesal setelah anda memutuskan pembelian pada sebuah toko dan mengetahui bahwa mesin penetas telur yang anda beli harganya ‘sedikit’ lebih mahal atau layanan pengiriman yang kurang cepat atau layanan pasca pembelian dan seabrek alasan yang lainnya. Maka kami perlu membekali anda dengan sedikit pengalaman kami agar anda lebih hati-hati dan lebih pandai dalam menentukan pilihan. Yang perlu anda ketahui sebelum anda membeli sebuah mesin penetas telur antara lain :

Cara kerja mesin penetas telur

Mesin penetas telur dapat dibedakan menjadi 3 macam berdasarkan cara kerjanya yaitu : manual, semiotomatis dan full otomatis. Untuk masa sekarang mesin penetas telur manual sudah sangat jarang dijual kecuali pada daerah-daerah tertentu dan yang banyak dipasaran adalah type semiotomatis dan full otomatis. Anda sebagai calon pembeli jangan pula berlagak ‘sok punya duit’ misal dengan membeli mesin penetas telur full otomatis berkapasitas 200 butir dengan harga 6 juta. Kalau anda yang tergolong sudah tidak membutuhkan atau bahkan uang tidak ada nilainya tentu itu tidak masalah, itu hak anda sepenuhnya. Akan tetapi kalau kita tergolong pemula dan modal pun pas-pasan maka tunggu dulu, pertimbangkan dulu dengan masak-masak. Menurut hemat kami mesin penetas telur yang full otomatis hanya member keuntungan kalau diusahakan pada skala besar misal skala 5-20ribu butir telur per periode tetas. Dan untuk anda ketahui di antara kelemahan mesin penetas telur yang full otomatis terutama produk impor adalah ketersediaan suku cadang. Coba anda bayangkan ketika proses menetaskan berlangsung dan tiba-tiba mesin penetas telur anda mati?

Harga mesin penetas

Membandingkan harga untuk produk mesin penetas dari satu toko dengan toko yang lain perlu anda coba. Karena kadang ada satu produk yang sama persis tapi dijual dengan harga yang berbeda. Ada sebagian orang yang berkenyakinan membeli produk pada toko/perusahaan yang berbadan hukum lebih terjamin keamanan dan kualitasnya. Akan tetapi hal itu tidak semuanya benar, berapa banyak toko berbadan hukum tapi ‘siluman’. Termasuk teliti sebelum membeli adalah menanyakan kelengkapan produk yang disertakan. Adakalanya harga bisa jadi sama akan tetapi kelengkapan produk mesin penetas tidak ada seperti thermometer, bak air, atau bahkan buku panduannya.

Fasilitas yang diberikan

Beberapa penjual mesin penetas menawarkan fasilitas untuk produk mesin penetas telur sebagai berikut : garansi kerusakan mesin (berapa bulan), mesin penetas telur dengan pemanas ganda (listrik dan lampu minyak tanah/lpg), layanan konsultasi gratis selama proses penetasan dan fasilitas lainnya. Fasilitas ini perlu terutama bagi anda yang sangat pemula. Jangan anda kira proses menetaskan telur hanya sekedar memasukkan telur ke dalam mesin penetas dan tunggu tanggal menetasnya. Banyak proses yang harus dilalui agar diperoleh daya tetas tinggi. Pada intinya menetaskan telur tidak sama dengan proses meng oven roti sebagaimana yang ada pada benak sebagian orang.

Keamanan beli

Dalam system jual beli jarak jauh (on-line) yang perlu anda perhatikan antara lain kredibilitas penjual. Hal itu bisa dilihat pada jumlah pembeli pada daftar pembeli (kalau ada). Kalau ada sanak saudara atau kenalan yang dekat dengan lokasi penjual mesin bisa dilakukan cross cek apa benar toko yang bersangkutan menyediakan mesin penetas, atau bisa juga dengan meminta kontak pelanggan dari kota yang sama dengan anda. Memang tidak bisa dipungkiri adanya ‘oknum’ dalam jual beli di dunia maya (on-line) akan tetapi itu tidaklah kuat memberikan kesimpulan secara general bahwa semua penjual on-line adalah penipu. Silahkan Tanya pada hati nurani anda, ada keraguan tidak ketika anda hendak memutuskan untuk beli.

Bukti tingkat keberhasilan

Jangan tergoda oleh iklan terlebih dulu sebelum anda menyesal berkepanjangan. Banyak penjual mesin penetas yang menarik pembeli dengan beriklan “tingkat keberhasilan mesin penetas lebih dari 90%”. Sekedar keterangan : yang dimaksud 90% adalah telur yang menetas berjumlah 90 butir dari telur yang ditetaskan (berembrio) dan hal ini dalam ilmu peternakan disebut dengan daya tetas. Anda kan sebagai pembeli harus cerdas pula, anda perlu minta bukti dan kalau bisa minta kontak person orang yang sudah membeli mesin penetas kepada penjual yang bersangkutan dan berhasil menetaskan dengan tingkat daya tetasnya lebih dari 90%. Kalau penjual tidak bisa menunjukkan fakta maka iklan itu bisa dikatakan hanya sekedar iklan atau bahkan bisa dikatakan menipu calon pembeli, karena menulis angka yang tidak disertai bukti yang kuat.

Layanan pasca beli

Kalau anda membeli mesin penetas pada toko yang hanya sekedar menjual alat saja maka tunggu suatu waktu kebingunan datang ketika terjadi masalah pada mesin penetas yang anda beli. Masalah itu bisa terjadi pada mesin penetas itu sendiri atau ketika proses penetasan berlangsung. Ketika anda bingung dan tempat anda beli tidak bisa memberikan solusi maka ada kemungkinan usaha yang sedang berjalan akan ‘tamat riwayat’ karena kalau anda meminta petunjuk kepada penjual mesin tetas yang lain kadang enggan menanggapi karena anda bukan pelanggannya.

Kecepatan layanan

Dalam era seperti ini, kecepatan layanan memegang peranan penting dalam rangka memuaskan pelanggan. Anda sebagai pembeli tentu menginginkan mesin penetas yang anda beli segera dikirim dan diterima dalam waktu yang singkat. Maka bertanya sebelum membeli tidak ada salahnya, misal “gan, apa barang ready stock?” atau “gan, kapan barang bisa dikirim?” atau “gan, kapan kira-kira barang bisa kami terima?” Hal ini perlu karena terkait schedule jadwal kerja kita.

Biaya kirim

Jika anda membeli secara on-line atau jarak jauh maka sudah pasti akan dikenakan beban biaya kirim. Nah, besar biaya kirim perlu anda cek juga dari satu toko dengan toko lainnya. Kadang jasa ekspedisi yang digunakan sama, tapi tarif yang bebankan kepada konsumen bisa berbeda. Karena tidak sedikit penjual yang masih ingin menambah keuntungan dari biaya pengiriman. Kalau hanya menambahkan beban biaya packing atau penghantaran ke tempat ekspedisi tentu tidak masalah dan itu tentunya sudah dimaklumi oleh para pembeli. Untuk anda ketahui juga bahwa ada penjual yang lebih berpengalaman dalam urusan kirim-mengirim barang, misal ke Jakarta, ada yang bisa hanya 1 hari sampai dengan tarif hanya selisih sedikit dengan tarif regular akan tetapi memakan waktu yang lebih lama (3-4 hari).

Demikianlah beberapa hal yang bisa kami sampaikan untuk bekal kita dalam memutuskan pembelian sebuah produk seperti mesin penetas telur. Tentu ada benar dan salah dalam tulisan di atas, saran dan kritik masih kami nantikan dari pembaca sekalian. Semoga bermanfaat *(SPt)

Anda dapat mencopy isi artikel ini sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com

Daftar produk lengkap klik :

www.sentralternak.indonetwork.co.id

Responses

salam kenal
central ternak

saya pengen tanya kalau pengiriman mesin penetas C-200 dari malang ke tangjung balai asahan kira2 berapa?
mohon informasinya

Saya mau tanya kalau penetas semi auto dan automatis letak perbedaan di mana? Kemudian untuk harga daya tetas 500 tlr ? sampai ditempat kebetulan saya tinggal di Surakarta (solo) dan saya bth gambarnya, mengingat saya ini masih pemula jadi besar harapan saya. Saya tunggu info-nya
P.Puguh

Memang perlu menyamakan persepsi agar tidak terjadi kesalahpahaman yang mengakibatkan kekecawaan di kemudian hari. Banyak memang penjual mesin tetas menuliskan iklan otomatis pada produk mesin tetasnya. Kalau yang dimaksud otomatis pengaturan suhunya, maka hampir semua mesin tetas yang dijual sekarang sudah otomatis dalam pengaturan suhunya yaitu dengan thermostat. Mesin tetas kapasitas 500 butir telur yang kami jual ada semiotomatis (pembalikan telur sistem rak putar dengan handle/tuas) dan ada juga yang pemutaran telurnya otomatis setiap jam tertentu sesuai yang kita kehendaki.

Gan minta gambar milkcan dong kalau yang 20 l franco bandung brp?

Balasan informasi telah kami kirimkan via email. trims

di katalog ga ada milk can 20 ltr yg ada 40 l sebetulnya yang 20 Ltr ada ga gan? hrg brp?

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories