20th Oct, 2011

Ayam Kampung Super

ayam kampung superwww.sentralternak.com, Banyak permintaan yang masuk kepada kami akhir-akhir ini untuk produk bibit (DOC) ayam kampung super. Namun dibalik hal itu, kami malah bertanya-tanya apakah calon pembeli sudah mengetahui dengan jelas apa sebenarnya ayam kampung super itu sendiri.  Di antara calon pembeli sengaja kami tanya balik sampai di mana pengetahuan akan produk ayam kampong super. Wal hasil. Jawabannya pun beragam, ada yang memang sudah mengetahui, ada yang belum mengetahui sama sekali, ada yang punya persepsi keliru dan ragam jawaban lainnya. Untuk itu perlu kiranya kami memberi gambaran sedikit akan produk tersebut agar anda sedikit mempunyai pengetahuan dan tidak menuai kekecewaan di kemudian hari.

Dulu di sekitar Malang dan mungkin di sebagian tempat lain heboh dengan keluarnya produk doc ayam kampung yang diproduksi oleh salah satu pabrik pakan dan doc ayam ras ternama yaitu Caroen Pokphan dengan merk dagang ayam kampong super CP 808. Masyarakat peternak terutama di perdesaan yang tergiur dengan nama “doc ayam kampung super” langsung ramai-ramai menyambut produk tersebut tanpa pikir panjang. Produk tersebut laku keras bak seperti kacang goreng. Tapi  apa yang terjadi kemudian ketika masa panen tiba? peternak agak sedikit kesulitan menjual hasil panenannya. Karena oleh si pengepul ayam tersebut tidak diakui sebagai ayam kampung akan tetapi diakui sebagai ayam petelur/ras yang harganya relatif lebih murah daripada ayam kampung asli. Bahkan ironisnya ada pengepul yang tidak mau membeli hasil panenan ayam tersebut. Akhirnya produk doc ayam kampung super lenyap dari pasar entah ke mana rimbanya sampai sekarang.

Orang dalam membuat merk dagang atau memberi nama sesuatu tentu memilih nama yang akan menimbulkan ketertarikan untuk mengetahui lebih lanjut produk tersebut dan akhirnya memutuskan untuk membelinya. Namun sayang, pada beberapa produsen doc ayam kampung super kalau ditanya akan produk tersebut berusaha menutup-nutupi rahasia asal usul produk tersebut. Memang hak sepenuhnya pada produsen untuk menyembunyikan rahasia tersebut, akan tetapi pembeli juga mempunyai hak untuk mengetahui produk yang akan di beli. Karena menurut kami, yang ada dibenak pembeli (berdasar pada pertanyaan kami kepada beberapa calon pembeli) yang dimaksud ayam kampung super versi mereka adalah perkawinan sesama ayam kampung yang sudah mengalami seleksi (unggul).

Dari namanya saja memang mengandung unsur ketertarikan dan bersifat sangat persuasif. Akan tetapi ada unsur yang mesti dijelaskan agar tidak salah persepsi. Ayam kampung super bukan jenis ayam kampung asli hasil seleksi baik dari segi fenotip maupun genotip, akan tetapi ayam kampung super adalah hasil perkawinan antara ayam ras petelur (betina) dengan ayam kampung asli (jantan). Dari hasil data perkawinan saja, mungkin anda sudah bisa membayangkan akan keturunan yang akan diperoleh nantinya.

Di antara ciri  ayam kampung super yang menonjol antara lain :

  • Warna DOC dominan putih dan coklat dan terlihat cukup seragam ukurannya
  • Ukuran DOC lebih besar dari ayam kampung asli dan terlihat agak bulat-bulat bentuknya
  • Ketika sudah besar ayam terlihat besar akan tetapi agak ringan kalau di pegang dengan kondisi bulu agak mengembang

Laju pertumbuhan ayam kampung super memang bisa di bilang bagus yaitu bisa mencapai berat 6-8 ons pada umur pemeliharaan 45 hari. Akan tetapi tingkat konsumsi pakan juga tergolong tinggi. Karkas ayam kampung super sepintas memang agak sulit dibedakan dengan ayam kampung asli, akan tetapi bagi yang jeli dan sudah berkecimpung dalam dunia per kaskasan akan dengan mudah membedakannya. Begitu juga dengan slogan “rasa tak bisa bohong”.

Nah, sekarang pilihan ada pada anda, masih tetap mencoba usaha pembesaran ayam kampung super atau ayam kampung asli?. Semoga bermanfaat* (SPt)

Responses

saya awam dalam beternak ini, tapi saya sangat ingin menjadi peternak ayam/itik. mulai dari penetasan sendiri dgn mesin tetas sampai produksi DOC/DOD hingga ayam/itik yang sudah dwasa…
apa saya bisa belajar di sini?

Menarik sekali ayam kampung super. Di Bengkulu teman kami juga memproduksi persilangan ayam ras dan ayam kampung ini. Ayam hasil persilangan tidak diberi nama ayam kampung super he5x. Tapi laku loh dengan harga yang lebih mahal daripada ayam ras. Untung kok.

minim beli brpa doc super?

Sangat bermancaat sekali infonya dari Sentral Ternak ini, memang saya pernah pesa 200 ekor ke Yogyakarta ternyata baru kali ini sata tahu bahwa itu hasil persilangan dari ayam ras dan ayam kampung. Apa di Sentral Ternak ini menyediakan ayam kampung super yang hasil hasil seleksi baik dari segi fenotip maupun genotip. dan kalau memang ada berapa harganya per ekor DOC-nya?

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories