16th May, 2013

Dilema Pengiriman Bibit Unggas (DOC/DOD) Antar Pulau

Setelah munculnya kasus flu burung terutama yang menyerang itik, agak sedikit berimbas pada pengiriman bibit unggas ke luar pulau. Beberapa wilayah menutup jalur pengiriman unggas terutama untuk komoditi ternak itik seperti wilayah Makasar, Balikpapan dan Tarakan. Sedang untuk wilayah lain masih tetap membolehkan pengiriman bibit unggas tapi harus disertai dengan syarat yang ketat diantaranya DOD yang di kirim harus melalui uji laboratorium terlebih dahulu untuk mendeteksi adanya virus flu burung pada ternak yang bersangkutan.

Akibat dari kebijakan itu banyak rekan-rekan produsen/suplayer bibit unggas (DOC dan DOD) yang mengalami kesulitan dalam mengirim bibit ternak nya ke luar pulau. Maklum, mungkin selama ini banyak rekan produsen bibit yang memakai surat ASPAL (ASli tapi PALsu) untuk pengiriman bibit ke luar pulau. Terdengar oleh kami ada yang ternaknya di tahan, ada yang mau di perkarakan karena dokumen aspal, ada yang barangnya di kembalikan ke daerah asal bibit, dan kabar lainnya. Alhamdulillah kami selaku salah satu suplayer bibit unggas tetap exis baik sebelum terjadinya kasus flu burung, sedang berlangsungnya kasus flu burung dan sampai sekarang tetap melakukan pengiriman bibit unggas ke luar pulau.

Berikut sedikit saran bagi anda yang hendak membeli bibit unggas terumata dari pulau jawa agar terhindar dari segala bentuk kejahatan produsen/suplayer nakal :

  1. Pilihlah produsen/suplayer penyedia bibit unggas terpercaya dan punya reputasi yang baik
  2. Mintalah kejelasan perihal surat menyurat atau dokumen pengiriman ternak
  3. Jangan terlalu percaya kepada produsen/suplayer bibit yang berani memberi jaminan pengiriman 1-2 hari dari tanggal pemesanan, karena pengurusan surat-surat paling cepat 3 hari kerja untuk DOC, sedang untuk pengiriman DOD paling cepat 4 hari kerja.
  4. Dan yang paling penting adalah masalah harga dan kualitas bibit

Tiada lain sedikit tulisan di atas adalah untuk mengingatkan para pembaca terutama calon pembeli bibit unggas dari luar pulau yang ingin membeli bibit unggas terutama dari pulau jawa supaya lebih berhati-hati dalam memutuskan membeli. Kalau anda cermati sekarang bermunculan sangat banyak produsen/suplayer bibit ternak unggas di dunia maya ini. Memang ada yang benar-benar ada, dan banyak pula yang siluman alias PENIPU. Maka dari itu tetap waspada …

Berikut beberapa contoh dokumen resmi :

Leave a response

You must be logged in to post a comment.

Categories