23rd Aug, 2013

Panduan Praktis Memilih Mesin Penetas Telur

Kita ketahui bersama, akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan ‘pemain baru’ dalam bisnis penjualan mesin penetas telur, baik mengaku sebagai produsen, distributor, agen, retail, dan lain sebagainya. Anda sebagai calon pembeli kadang dibuat bingung jadinya untuk menentukan pilihan penjual yang tepat. Ramainya bisnis penjualan mesin penetas ini juga sebagai barometer bahwa bisnis di bidang perunggasan masih cerah walaupun dalam akhir-akhir ini terusik oleh isu flu burung terutama yang menyerang ternak itik. Namun walaupun begitu bisnis ini tetap berjalan seperti sedia kala dan malah menuai berkah. Bagaimana tidak, saat artikel ini kami tulis harga bibit unggas sedang bagus-bagusnya. Harga bibit ayam niaga/ras tinggi, bibit unggas lokal (puyuh, itik pedaging dan petelur, ayam kampung, ayam kampung super, ayam arab) juga tinggi dari biasanya. Harga produk daging unggas (broiler, itik pedaging muda, itik afkir, layer afkir, ayam kampung, ayam pejantan), telur ayam (leghorn, arab, kampung, puyuh, itik) juga tinggi.

Kembali kepada pokok permasalahan, dengan menjamurnya ‘pemain baru’ kadang anda juga bingung dan ragu mana yang benar-benar penjual sungguhan dan mana penjual yang ‘gadungan’ alias penipu. Hati-hati, kadang situasi yang ramai sangat rentan dengan praktek penipuan dan ini kadang tidak di sadari oleh calon konsumen. Di tambah pula kebingunan anda untuk menetukan type mesin penetas telur mana yang akan anda beli karena untuk saat ini sudah tersedia mesin penetas telur mulai semiotomatis, automatic turning dan full automatic. Maka, alangkah baiknya kalau anda berbekal sedikit pengetahuan perihal mesin penetas telur yang akan anda beli dan sejauh mana pengetahuan anda tentang toko penjual mesin penetas telur tersebut. Berikut kita akan terlebih dahulu untuk mengenal type-type mesin penetas telur yang ada.

Mesin penetas telur semiotomatis
Mesin penetas ini lebih dikenal dengan sebutan mesin penetas telur manual. Memang ada yang manual biasa dan manual system rak putar. Untuk saat ini kebanyakan mesin penetas telur yang di tawarkan sudah system rak putar. Disebut semiotomatis atau manual karena semua faktor penentu penetasan (suhu, kelembaban dan pemutaran telur) dikendalikan secara manual. Bedanya kalau manual biasa telur di putar/balik satu per satu dengan menyentuh telur langsung dengan tangan, tapi kalau system rak putar maka pemutaran/pembalikan telurnya cukup sekali putar handle nya dan tanpa menyentuh telur atau membuka pintu. Sehingga secara umum mesin penetas telur system rak putar lebih meringankan pekerjaan dalam hal pembalikan telur.

Mesin penetas telur automatic turning
Mesin penetas ini adalah hasil modifikasi /up grade dari mesin penetas telur manual system rak putar.  Yang membedakan adalah perihal pemutaran telurnya (turn) sudah automatic sesuai yang kita inginkan. Akan tetapi sebagian produsen mesin penetas telur menentukan timer (waktu) pemutaran yang sudah tetap yaitu 3 jam atau 6 jam, karena rentang pemutaran dengan waktu tersebut berdasarkan penelitian memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap persentase daya tetas. Sedangkan untuk pengaturan suhu dan kelembaban untuk model automatic turning masih manual.

Mesin penetas telur full automatic

Mesin penetas ini adalah hasil modifikasi/up grade lebih lanjut dari mesin penetas type automatic turning. Pada mesin penetas ini semua factor yang bisa menentukan keberhasilan proses penetasan sudah serba automatis bahkan kadang di tampilkan digital, mulai kelembaban, temperature (suhu) dan pemutaran telurnya. Jadi pada intinya mesin penetas type full automatic sangat praktis digunakan dan daya tetas yang bisa di capai lebih optimal. Type mesin penetas telur ini cukup berkembang pesat karena memang sangat dimungkinkan inovasi-inovasi di dalam parameter yang di tampilkan. Sehingga nantinya mesin penetas type full automatic akan banyak pilihannya. Harga untuk type ini memang cukup mahal, tapi bila dibanding dengan teknologi yang disuguhkan dan hasil yang dicapai maka masih sebanding.

Dan berikut ini beberapa hal yang perlu anda cermati sebelum anda memutuskan membeli mesin penetas telur antara lain :

Harga
Sebelum anda menentukan pilihan membeli, terlebih dulu anda bisa cek harga di beberapa tempat penjualan. Ndak perlu telpon karena bisa menguras pulsa alias uang kita. Cukup SMS biasanya sudah dilayani. Anda sebagai pembeli juga ndak perlu mengadu domba antar penjual untuk masalah harga. Kalau anda mendapatkan harga di toko A sama dengan toko B maka perlu anda lihat spesifikasi yang ditawarkan, bonus yang diberikan, layanan yang di berikan, serta layanan purna beli.

Spesifikasi yang di tawarkan
Misal kita ambil contoh mesin full automatic, sama-sama full automatic belum tentu fitur yang di tawarkan sama. Semakin lengkap fitur yang ditawarkan akan semakin mahal sebuah alat. Begitu juga mesin penetas telur, semakin lengkap fitur yang ditawarkan maka akan semakin mahal mesin penetas tersebut. Akan tetapi perlu diingat, semakin fitur lengkap menandakan alat tersebut lebih teliti dan dengan dibuat dengan perhitungan yang matang, tidak asal produksi. Kelengkapan produk juga perlu anda perhatikan, apakah kelengkapan produk yang diberikan pantas dengan harga yang di pasang. Bisa jadi harga alat di toko A sama dengan di toko B, alat sama persis, akan tetapi setelah diteliti ada beda di kelengkapan produk dan layanan purna beli. Yang terpenting dari kelengkapan mesin penetas telur adalah buku panduan, karena dengan buku panduan kita akan terbantu untuk memahami fungsi alat sehingga diharapkan optimal dalam penggunaannya.

Layanan purna beli
Layanan purna beli cukup penting bagi anda, mesin penetas telur yang anda beli bisa jadi alat pertama yang anda punyai sehingga tidak ada pengalaman memakai sebelumnya. Kalau system pembelian ‘langsung putus’ maka anda akan kesulitan dalam mengoperasikan alat terlebih kalau ada masalah kerusakan dan yang lainnya, sehingga nilai guna alat akan berkurang. Layanan purna jual yang tidak kalah pentingnya adalah jaminan garansi barang walaupun waktunya pendek.

Kebutuhan anda sendiri
Kalau boleh kami berpendapat, menentukan pilihan mesin penetas telur type semiautomatic, automatic  turning, atau full automatic juga bergantung pada waktu luang anda sendiri. Kalau anda seorang yang mempunyai waktu luang cukup banyak maka memilih type semiautomatic lebih tepat, dan begitu sebaliknya kalau anda seorang yang super sibuk tapi ingin tetap menyalurkan hoby menetaskan telur maka pilihan fullautomatic atau setidaknya automatic turning lebih tepat.

Nah, dengan berbekal sedikit pengetahuan cara memilih dan membeli mesin penetas telur harapannya anda akan semakin jeli sebelum memutuskan untuk beli. Selamat berbelanja dan berinvestasi (S.Pt)

Tidak diizinkan tuk mengcopy isi artikel ini sebagian atau seluruhnya sebelum ada persetujuan langsung dari www.sentralternak.com.

Comments are closed.

Categories