Bahan Pakan

Harga pakan buatan yang semakin hari semakin meningkat menuntut peternak untuk berpikir ulang untuk menggunakannya. Alternatif untuk itu adalah usaha mencampur pakan sendiri alias bikin ransum ternak sendiri. Kalau pengetahuan akan komponen bahan pakan atau perbandingan antara bahan-bahan sudah ada namun tidak ada bahan  yang susun maka mustahil ransum akan jadi. Nah untuk memudahkan peternak dalam hal menyusun pakan sendiri kami menyediakan bahan pakan ternak berupa :

1. Bahan tepung ikan lemuru (kadar protein 38-40%)
2. Kulit kerang atau kupang
3. Jagung

Ketentuan order :
* Order bersifat tender atau teken kontrak minimal 6 bulan
* Order minimal 5 ton/bulan
* DP dibayar di muka sebesar 75% dan 25% dibayar ketika barang dikirim
* Harga barang belum termasuk ongkos kirim

Silahkan menghubungi bagian pemasaran :
Sentralternak
Alamat : Jl. Mertojoyo Blok N-2 Malang – Indonesia
Phone : (0341) 9127374 atau +6281.555.640.540
BCA No. rek. 1840101092 a.n Agus Harianto
Email : Sentralternak@Yahoo.com

39 thoughts on “Bahan Pakan”

  1. Mau tanya pak, kalau untuk campuran pakan dalam 100 kg untuk bebek pedaging. bahan yg ada. dedak, bungkil kedele, bungkil kelapa sawit, sagu cincang, ikan giling/keong giling. trim’s…

    Balasan informasi telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  2. Met malem pak. mau nanya nih, gimana cara meningkatkan produksi telur bebek….?

    Untuk meningkatkan produksi telur perlu jawaban dari beberapa hal berikut :
    1. Sudahkah kita menggunakan bibit unggul/berkualitas?
    2. Sudahkah kita memberikan pakan sesuai dengan standart kebutuhan nutrisi ternak?
    3. Sudahkah kita menciptakan lingkungan kandang yang nyaman dan aman untuk berproduksi dan bereproduksi?
    4. Sudahkah benar manajemen pemeliharaan ternak kita?
    Trims dan itu sekaligus sebagai jawaban dari kami.

    Reply
  3. Mau tanya pak?,.. pakan untuk ayam potong bisa gak dibuat sendiri? bahannya apa aja? soalnya harga pakan udah semakin mahal, trims.

    Insyaallah bisa pak, untuk menambah pengetahuan akan hal itu Bapak bisa membaca buku Membuat Pakan Ayam Ras Pedaging terbitan AgromediaPustaka. Buku tersebut bisa di dapatkan pada toko buku gramedia, uranus, togamas, gunung agung dll. trims dan semoga bermanfaat.

    Reply
  4. saya mau menawarkan biscuit yang sudah digiling,baik kasar maupun halus, harga relatif murah dan baik tuk pakan ternak, bisa order secara continue dan jumlah banyak.hub;087877202589

    Reply
  5. Pak saya mau nanya yang di maksud kosentrat itu apa sih terus campuran bahan nya apa aja soal nya saya pingin nyoba beternak bisa jelasin ga pak? tank’s

    Konsentrat adalah pakan jadi (biasanya dibuat oleh pabrik pakan ternak) yang terdiri dari berbagai bahan pakan seperti jagung, bekatul, tepung ikan, bungkil, dan lain-lain. Untuk campurannya menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dari jenis ternak. trims

    Reply
  6. Pak saya mau konsultasi,
    Saya punya ayam kampung 200 ekor, dan untuk pakan saya berikan BR 1 dari mulai menetas dan rencananya sampai panen, tapi sekarang masih umur 45 hari sudah habis 5 zak, sedangkan harga per zak di sini mencapai 265 ( pokphand ).
    kalau berkenan saya mau minta solusi ke bapak, bagaimana mensiasati hal ini.
    terima kasih.

    Pemberian konsentrat fase starter (BR1) efektif sampai umur satu bulan, setelah umur satu bulan Bapak bisa mencampur konsentrat dengan dedak, jagung, polard atau bahan pakan murah lainnya seperti limbah mie instan, bihun, roti BS, dan lain sebagainya. Kalau sekiranya berat ayam kurang maka satu minggu sebelum dijual (2 bulan) maka dapat diberikan lagi konsentrat fase finisher (BR2) atau lainnya yang mempunyai kandungan protein lebih rendah dan harganyapun lebih murah. Maaf, kalau kami perhatikan ada ketidakefisienan bapak dalam pemberian pakan. Sampai umur satu bulan hanya butuh konsentrat satu zak/100 ekornya, sehingga kalau sampai umur 45 hari mungkin hanya perlu pakan konsentrat sekitar 2 zak/100 ekornya. Kadang memang kita tidak menyadari pemborosan pakan yang terjadi dan semoga ini dapat dijadikan pengalaman baik buat kita semua. Trims dan semoga bermanfaat.

    Reply
  7. Maaf, bahan yang anda tawarkan sulit didapat. Apakah ada alternatif lain yang lebih mudah di dapat untuk daerah pegunungan?
    terimakasih, wassalam

    Silahkan kirimkan kepada kami bahan pakan yang ada dan biasa digunakan di sana, sehingga sedikit ada gambaran bagi kami. trims

    Reply
  8. Saya di Bumiayu Jateng, untuk penjualan ayam kampung 100-500 ekor dengan harga bagus di mana ya?, trims

    Mohon maaf, kami kurang mengetahui informasi untuk pengepul wilayah tersebut. Biasanya masing-masing daerah mempunyai tempat pangkalan pedagang ayam, mungkin bisa dicoba. Untuk harga memang ada selisih akan tetapi setidaknyamembuat produksi kita tetap aman dan dapat bertahan. trims

    Reply
  9. kalo konsentrat untuk itik petelur per zak berapa harganya + ongkos pengiriman ke palu ? dan minimal berapa zak baru bisa dikirim ?

    Reply
  10. Saya mau tanya gimana cara menyuusun pakan untuk itik petelur, starter, grower, layer dengan bahan baku pakan di daerah kami : jagung, dedak dan tepung ikan
    [minahasa sulut] tks

    Bapak bisa melihat kembali artikel kami dengan judul Formulasi Pakan Itik Fase Grower dan Layer. Semoga bermanfaat

    Reply
  11. Sore pak, saya punya ayam bangkok kalau masih kecil baiknya dikasih makan jenis apa? Kalau kosentrat, jenis apa?

    Bapak bisa memberinya pakan konsentrat untuk ayam fase starter seperti BR1, 511 dan lain-lain. Trims dan semoga bermanfaat

    Reply
  12. Pak, saya mau tanya. Ayam kampung saya umur 90 hari beratnya berkisar 900 gram sd 1250an gram. Itu berat yang ideal atau kekecilan ya pak? Bagaimana pula cara agar beratnya bisa merata/seragam? terimakasih sebelumnya.

    Berat masih termasuk normal akan tetapi kadang sebanyak 20-30% sudah bisa mencapai berat 900 gram pada umur 60-70 hari. Agar berat bisa merata maka usaha yang bisa kita lakukan antara lain : mengusahakan bibit yang dibeli seragam, melakukan pemisahan antara bibit yang laju pertumbuhannya cepat dengan yang lambat, dan melakukan kontrol kesehatan secara teratur. Trims dan semoga bermanfaat

    Reply
  13. Pengetahuan bapak sangat bermanfaat untuk para peternak, apa boleh kami berkunjung ke Malang untuk konsultasi?

    Reply
  14. Apa kabar Mas Agus?
    Mas, saya mau nanya, saya baca dibuku panduan beternak itik, disitu dikatakan konsumsi pakan untuk itik petelur usia bertelur adalah 120 gr per ekor per hari… Sedangkan Poultry Shop mengatakan 160 gr per ekor per hari…Mana yang harus saya ikuti ya mas? Kemudian apakah di malam hari itik tetap harus diberi minum?

    Semua bisa diikuti, akan tetapi kita semestinya mengikuti prinsip sangkil dan mangkus (efektif dan efisien). Kalau diberi 120 gram/hari sudah cukup mengapa mesti diberi 160 gram/hari? Untuk air minum itik di malam hari disediakan sedikit saja. trims

    Reply
  15. Terimakasih atas artikel tentang peternakan sehingga pengetahuan saya se makin bertambah. Semoga sentral ternak tetap jaya dan sukses.

    Reply
  16. Slm sukses selalalu. Sebagai pemula dalam beternak ayam saya masih merasa awam dalam segala hal tentang ayam arab saya mohon bantuan bapak: 1.pada minggu keberapa terlihat jelas perbedaan antara pejantan dan betina, dan apa ciri2 ayam arab pejantan. 2. Saya membeli DOC ayam arab 1000 ekor dan te lah berumur 1 bln.mo hon bantuan bapak tentang formulasi pakan,bahan pakan,perbandingan serta vitamin untuk pertumbuhan agar BB standar bisa tercapai. Terikasih.

    Reply
  17. Mas agus saya hendro di lampung, saya ada bahan pakan jagung,dedak,tp ikan dan konsentrat ayam petelur bagaimana cara menyusunnya untuk ransum ayam fase grower jumlah 100 ekor, trimakasih

    Reply
  18. saya berencana mau meramu pakan sendiri untuk ternak ayam kampung saya dimana saya sudah memproduksi katul dan jagung giling sendiri. misal tepung ikan itu diganti dengan tepung keong yang di sawah itu hasilnya bisa maksimal nggak pak?

    Reply
  19. selamat malem pak, mau tanya..
    untuk ayam bangkok, apakah ada persepsi yang sama dengan unggas lainnya..?sedangkan ayam bangkok di tuntut untuk proses petarungan. apakah ada alternatif yang lebih kompleks untuk dituntut proses perkembang biakan.

    Memang, persepsi yang selama ini berkembang untuk ayam bangkok adalah untuk ayam aduan/sabung/tarung. Ayam bangkok sebenarnya bisa dijadikan unggas pedaging potensial karena laju pertumbuhan yang lebih cepat daripada ayam kampung biasa. Sehingga tak sedikit masyaraket perdesaan sekarang yang mengawinsilangkan ayam bangkok dengan ayam kampung untuk perbaikan keturunan nantinya. trims

    Reply
  20. Saya punya produk organik cair, yang bisa untuk memacu pertumbuhan unggas (semua ternak) memperbaiki produksi telur dan memaksimalkan kwantitas telor, dan sekaligus dapat meminimalisir bau kotoran yang tak sedap, karena membantu memaksimalkan sistem pencernakan. bisa menghubungi kami di 02712064509. Karanganyar-Solo

    Reply
  21. mohon pencerahannya.
    saya memiliki bebek petelur (bebek kisaran) dengan jumlah 81 ekor betina dan 6 ekor jantan. saat ini berusia 7 bulan. namun produksi telurnya max per harinya 33 butir. komposisi makanan saat ini 4 kg singkong, 4 kg dedak, 1 kg kepala teri & 1,5 kg konsentrat (2x makan/ hari – pagi 09.00 dan sore 15.00). mohon masukannya untuk meningkatkan produksi telurnya. peternakan dengan pola tidak dilepaskan (diberi batas jaring & apabila sore hari dimasukkan kedalam kandang) serta diberi vitamin pada minumannya. tks b4

    Reply
  22. pak mau tanya, apa di tempat bapak membantu menyediakan kebutuhan akan pakan unggas seperti BR1 dan BR2, dan brp harga konsentrat fase starter (BR1) dan fase finisher (BR2) di tempat bapak ?
    dan apa bisa bapak membantu memasarkan hasil ternak ayam kampung nanti nya , apabila saya ambil DOC nya dari bapak , mohon pencerahan nya , terimakasih sebelum nya

    Reply
  23. ass wr wb, mas Agus sy mo nanya, apa tongkol jagung yg sudah di giling halus bisa di jadikan sebagai pengganti dedak, pada campuran ransum ayam kampung pedaging dengan komposisi sampai 50 %, mengingat harga dedak/bekatul dan jagung sudah sangat mahal sekali di daerah saya..?

    Reply
  24. pak saya mau tanya tentang pemberian obat dan pakan kepada ayam pedaging …kira kira dalam 35 hari mengabiskan pakan berapa/1000 ekor

    Reply
  25. Pak saya ingin tanya bagaimana meyusun komposisi pakan itik petelur yang baik dengan bahan bekatul,nasi aking,keong sawah,konsentrat dan hijauan.pak,apakah keong sawah dapat meningkatkan skor warna kuning telur?mohon infonya pak,terima kasih atas infonya

    Kami kurang mengetahui kandungan nutrisi dari nasi aking dan keong sawah. Jadi mohon maaf, kami belum bisa untuk menyusun ransum dengan bahan-bahan tersebut. Menurut kami keong sawah bukan berfungsi untuk meningkatkan skor warna kuning telur akan tetapi meningkatkan kemasiran/kandungan minyak pada kuning telur terutama saat telur itik dijadikan telur asin. trims

    Reply
  26. assalamualaikum mas2 mbk2 om2 pak2 dan smuwa masyarakat dunia apabila anda membutuhkan jagung hub no ini 085746119044
    apabila berminat segera hub kami dengan harga sekarng 3200 untuk daerah jawa timur terima kasih…
    nb harga bisa brubah setiap saat

    Reply

Leave a Comment