Profile Ayam Arab

Ayam arab merah, mesin tetaswww.sentralternak.com. Ayam arab merupakan ayam tipe petelur unggul karena kemampuannya bertelur yang cukup tinggi. Kebanyakan masyarakat memanfaatkan ayam arab karena produksi telurnya tinggi yaitu mencapai 190-250 butir per tahun dengan berat telur rata-rata 40 gram. Warna kerabang sangat bervariasi yakni putih, kekuningan dan coklat sehingga kadang banyak orang yang tidak bisa membedakan mana telur ayam arab dan mana telur ayam kampung.

Ayam arab sebagai penghasil daging juga cukup baik, doc jantan yang dipelihara sekitar 2-3 bulan dengan sentuhan pakan yang baik sudah mampu mencapai bobot badan antara 4-5 ons. Warna kulit yang agak kehitaman, dengan daging yang lebih tipis dibanding ayam kampung membuat daging ayam ini kurang disukai oleh konsumen. Akan tetapi bagi sebagian peternak yang kreatif, ayam arab ini dikawin silang dengan ayam kampung. Dan apa hasilnya? Ya, ayam dengan postur kampung, kerabang telur sudah tidak putih lagi dan daging yang sedikit lebih terang daripada ayam arab asli.

Ayam arab mudah dikenali dari warna bulunya. Ayam arab dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan jenis bulunya yaitu jenis silver (berwarna putih mengkilap atau orang menyebutnya perak) dan jenis gold (merah). Untuk jenis silver, bulu sepanjang leher berwarna putih mengkilap, bulu punggung putih berbintik hitam, bulu sayap hitam bergaris putih dan bulu ekor dominan hitam bercampur putih. Sedang jenggernya kecil dengan warna merah menyala dan mata hitam dengan dilingkari warna kuning.

Ciri lain ayam arab adalah pada saat umur satu minggu pejantan sudah tumbuh jengger. Induk betina tidak mempunyai sifat mengeram dengan usia produktif sampai umur 1,5 tahun. Dengan pengelolaan yang baik, ayam ini bisa dipupuk sebagai sumber penghasilan yang menguntungkan.

Sisi keunggulan ayam arab antara lain:
– Harga DOC yang berfluktuasi, kadang lebih tinggi/rendah dibandingkan ayam kampung biasa. Per Agustus 2008 harga doc 3.500/ekor sudah divaksin mareks.
– Berat telur berkisar antara 35-42,5 gram
– Warna kerabang telur bervariasi yaitu putih, kekuningan dan putih kecoklatan
– Harga induk tergolong tinggi (pullet mencapai harga Rp 40.000/ekor)
– Konsumsi pakan (FCR) relatif kecil karena termasuk tipe kecil
– Daya seksualitas pejantan tinggi
– Ayam betina tidak mempunyai sifat mengeram, sehingga masa bertelurnya panjang
– Bisa dijadikan untuk perbaikan genetik ayam buras

Adapun sisi kelemahan ayam arab antara lain:
– Wama kulit dan daging agak kehitaman sehingga harga jual masa remaja dan afkirnya relatif rendah
– Sifat mengeram hampir tidak ada, sehingga butuh mesin tetas untuk menetaskan telurnya atau menggunakan jasa ayam induk ayam kampung, enthok atau yang lainnya.
– Bobot badan afkir rendah yaitu sekitar 1 – 1,2 kg

Akan tetapi jika dilihat dari sisi keunggulannya maka sisi kelemahan akan tidak ada artinya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu bagi calon peternak, calon investor, dan yang sudah memiliki peternakan ayam arab untuk lebih mengetahui ayam yang akan dan yang sudah dipelihara.*(SPt)

Anda dapat mengcopy artikel ini dengan menyebutkan sumbernya : www.sentralternak.com

Anda bisa mendapatkan keperluan ayam arab di kami, mulai doc, kandang battery, dan mesin tetas. Anda bisa menghubingi bag. pemasaran kami di (0341) 9127374 call or sms atau via email di sentralternak@yahoo.com.

45 thoughts on “Profile Ayam Arab”

  1. Saya mau tau harga kandang battery, plus bibit layer yang sudah pullet, kira2 berapa harganya dan saya punya tempat di Tangerang, dan saya sudah main ayam petelur jenis ras. apa bisa dikirim ke daerah saya. trim’s

    Balasan telah kami kirimkan via email

    Reply
  2. Trimakasih atas keteranganya. Di mana saya dapat kan ayam arab untuk wilayah Sumatera Barat dan berapa harga doc nya saya sangat tetarik sekali

    balasan telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  3. Saya tertarik untuk berternak ayam arab ini, bagaimana saya bisa dapat bibit nya di Jakarta? dan berapa harganya?

    Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email

    Reply
  4. -harga bibit ayam arab bertelur per ekor berapa?
    -minimum pembeliannya berapa banyak?
    -bisa di kirim kecibinong kabupaten bogor?
    -cara bayarnya lewat apa?

    Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  5. Saya mau beli telur ayam arab sebanyak 20 butir dan sepasang ayam arab semuanya dengan harga berapa? terima kasih sebelumnya.

    Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  6. Saya sudah beternak ayam arab (sejak tahun 2002) sering terjadi kelumpuhan pada ayam yang dibaterai bagaimana cara mengatasinya? mohon info produk (bibit, mesin tetas, dll) untuk wilayah Riau (kab. Kampar) gimana pengirimannya?? trims.

    Kelumpuhan terjadi bisa disebabkan oleh rapuhnya tulang karena komposisi pakan yang kurang seimbang.trims

    Reply
  7. Saya berniat untuk beternak ayam petelur arab dan yang akan saya tanyakan:
    1. Berapa harga @ telur arab yang siap ditetaskan?
    2. Berapa Minumum Order untuk Telur dan anakan ayam arab?
    3. Berapa harga anakan petelur arab?
    Atas bantuan dan informasinya Terima Kasih.

    Balasan informasi dan penawaran harga telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  8. Saya mau tanya, ayam arab pertama kali bertelur pada umur berapa?
    terima kasih.

    Ayam arab sudah mulai bertelur sekitar umur 4,5 bulan akan tetapi yang bagus untuk peneluran pertama kali sekitar umur 5 bulanan. trims

    Reply
  9. salam, bisakah ayam ini dieksport ke Malaysia?

    Mohon maaf pak, kami belum tahu birokrasi untuk pengiriman unggas ke luar negeri. Mungkin Bapak ada informasi buat kami? trims

    Reply
  10. Mau tanya minimal pemesanan DOC berapa ekor dan harganya berapa?

    Minimal pemesanan ayam arab untuk luar kota atau pulau 500 ekor, harga sekarang Rp 2.900/ekor, harga belum termasuk biaya kirim, Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami atau SMS di 081555640540

    Reply
  11. Saya mau tanya, kalau di Bali dimanakah bisa saya dapatka bibit ayam arab. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    Reply
  12. dimana saya membeli bibit ayam arab karena saya tertarik untuk memeliharanya ya iseng2mau berternak kecil2an

    Reply
  13. bagaimana kalo mau pesan doc ayam arab, apa boleh pesan 50 atau 25 ekor? berapa harganya? apa bisa di antar langsung? alamat saya JENU TUBAN JATIM.

    Reply
  14. PAK AGUS, APA BISA PESAN TELUR AYAM ARAB UNTUK DITETASKAN? BERAPA HARGANYA DAN BAGAIMANA CARANYA DAN PENGIRIMANNYA?

    Reply
  15. Saya mau ambil bibit ayam Arab umur 2 bulan serius…

    Balasan informasi telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  16. Saya sudah mencoba ternak ayam arab, komposisi pakan apa yang terbaik untuk ternak in? mulai umur berapa sebenarnya ayam ini produktif. ayam arab saya sudah berumur 7 bulan, kenapa telurnya kurang bagus, kadang bertelur kadang tidak.
    Pernah dibuatkan kandang sistem batere malah tidak bertelur. Kenapa?

    Kalau berbicara komposisi pakan terbaik untuk ayam arab kami belum bisa menyimpulkan karena belum pernah membandingkan. Untuk pakan ayam arab bapak bisa memberikannya pakan jadi buatan pabrik. Sekarang ada pabrik yang mengeluarkan pakan jadi untuk ayam petelur, harga relatif terjangkau sekitar 3.400-3.500/kg. Ayam arab sudah mulai bertelur sekitar umur 4,5-5 bulan akan tetapi peneluran dini tidak dianjurkan. Kalau sudah umur 7 bulan produksi telurnya naik-turun maka perlu ditinjau ulang komposisi pakan yang diberikan, kualitas bibit dan manajemen pemeliharaan yang diterapkan. Untuk masalah kandang battery bukan model kandangnya yang salah akan tetapi adaptasi ternak terhadap kandang yang kurang lama. Ayam semestinya sudah mulai di battery sekitar umur 2-3 bulan. trims dan semoga bermanfaat

    Reply
  17. Salam,
    saya ingin memelihara ayam arab.
    Bisakah jika saya memesan untuk sepasang ayam arab siap bertelur ?
    Atau, mungkin ada saran buat saya ?

    Terima kasih.

    Reply
  18. saya mau pullet ayam arab siap bertelur di Sukabumi brp harga ya?

    Mohon maaf, stock untuk pullet tidak ada, kalau DOC nya insyaallah ada. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di 081.233.3636.18 atau SMS di 081.555.640.540. trims

    Reply
  19. Untuk pemberian air minum untuk ayam arab satu hari berapa kali? maaf lokasinya ada di kota mana? apa menyediakan DOC ayam arab?

    Air minum diberikan secara ad libitum (terus menerus) akan tetapi untuk amannya pada malam hari jumlah tempat minum dikurangi. Lokasi kami di Jl. Mertojoyo N2 Malang (tempat pemasaran). Kami menyediakan DOC ayam arab, sistem indent (pesan) l.k 2-3 minggu. Informasi harga telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  20. Bisakah saya tahu harga DOC nya ? Kalau beli DOC 20 ekor apakah boleh ? Saya berdomisili di Gresik. Berapa ongkos kirimnya ? Mohon informasi, saya sedang membutuhkan bibit ayam arab untuk diternakkan.

    Mohon maaf, jumlah minimal pemesanan untuk bibit unggas adalah 500 ekor. trims

    Reply
  21. Mohon saya diinformasikan cara beternak ayam arab. Termasuk contoh pembuatan kandang dan cara pengendalian penyakitnya? analisa usahanya sejauh mana? Terimakasih (Bisa dikirim melalui email saya)

    Pertanyaan singkat, tapi jawabannya tak terbayang bagaimana menuliskannya. Kami menyarankan kepada bapak untuk membaca buku-buku referensi cara beternak ayam khususnya ayam arab atau bertanya langsung kepada rekan peternak terdekat. trims

    Reply
  22. Peluang pasar terhadap telur ayam arab merah di Sumbar dan dimana saya dapat DOC ayam arab merah di Sumbar

    Peluang bisnis ayam arab masih terbuka lebar, ini dibuktikan dengan tingginya harga produk ayam arab baik telur atau DOC nya selama 2-3 bulan terakhir. Untuk penyedia DOC wilayah Sumatera Barat kami belum ada informasi, kalau bapak kesulitan untuk mendapatkan DOC ayam arab bisa memesannya pada kami. Akan tetapi DOC ayam arab kami campur antara silver dan gold. Untuk informasi harga dan lain sebagainya telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  23. ass…
    pak saya mau tanya, di mana tempat pembelian bibit ayam arab? dan berapa harga per ekornya? saya di Pasuruan. balasanya mohon di kirim lewat via email, terima kasih sebelumnya.
    wassss…

    Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam arab telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  24. Salam,
    saya tertarik dengan berternak ayam arab,yang ingin saya tanyakan dimana saya bisa dapatkan DOC ayam arab saya tinggal di Cirebon-jawa barat, kira brp harga per ekornya untuk saat ini, bagaimana cara pemesannya lalu bgm prospek ternak ayam arab?mohon dibalas via email.
    terima kasih,

    Untuk peluang/prospek insyaallah masih sangat bagus karena sudah hampir 2-3 bulan terakhir harga telur dan DOC ayam arab tetap tinggi. DOC ayam arab bisa memesannya pada kami, untuk penawaran harga dan biaya kirim ke Cirebon telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  25. d Jambi d mana ada ayam arab

    Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam arab telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  26. Saya akan pesan DOC arab – 500 ekor (petelur), mohon kiatnya untuk ukuran kandang n modelnya serta pakannya dan harus dilengkapi apa saja? kira2 berapa biaya keseluruhan yg harus disiapkan sampai ayam bertelur. tks. mohon segera dibalas via email

    Balasan informasi dan penawaran harga DOC ayam arab telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  27. Kira2 berapa harga doc ayam arab dan biaya kirimnya ke Banjarmasin, trims

    Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam arabtelah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  28. Salam…
    Saya ingin menanyakan harga 1 DOC ayam arab dan harga ayam arab yg siap bertelur.

    Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam arab telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  29. Bapa2 Mas2..
    saya mau nanya kalo central ayam arab di daerah cirebon d mana? and berapa harganya?

    Balasan informasi dan penawaran harga untuk DOC ayam arab telah kami kirimkan via email. trims

    Reply
  30. malam mas..
    saya mau nanya jg nih,untuk pemesanan doc ayam arab di banyuwangi dimana ya,trs harganya berapa?mohon segera di bls,matur nuwun

    Reply
  31. sy mo tnya.,
    brp kg pakan yg dibutuhkan utk ayam arab sbnyk 1000 ekor??
    brapa hrga kandang batery utk kapasitas 1000 ekor? trim.,

    Reply
  32. selamat sore,
    mohon di email balik,
    saya di lampung, mohon info mau beli doc ayam arab dan doc bebek petelur,

    saya mau pensiun, saya mau wiraternak,
    terimakasi byk

    abas

    Reply
  33. saya berminat dengan ayam arab. saya ingin memeliharanya. dimana di bengkulu tempat untuk mendapatkan bibit ayam arab

    Reply
  34. berapa harga ayam arab usia 6 bulan, / ekor…. ?

    Harga untuk sekarang ini, umur 4,5 bulanan sekitar Rp 47.000/ekor. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di 0341-9127374 atau SMS di 081.555.640.540. trims

    Reply

Leave a Comment